Kerja dari Rumah Bikin Cepat Lelah? Kenali Penyebabnya!

Baca juga:


JAKARTA-Banyak orang mengatakan di sosial media bahwa mereka merasa lebih cepat merasa capek selama kerja dari rumah. Mereka biasanya bisa melek hingga dini hari; kini, mereka tidur pukul 10 malam.

Banyak yang merasa heran mengapa, padahal kegiatan mereka berkurang. Perasaan lelah yang kita rasakan kemungkinan besar terkait dengan beban kerja mental terkait COVID-19 ketimbang beban fisik.

Kelelahan dapat memiliki sebab fisik dan non-fisik. Setelah berlari 5 kilometer kita butuh istirahat, atau setelah sakit kita bisa merasa lemah dan lelah selama beberapa minggu.
Tapi penelitian juga menunjukkan bahwa kelelahan bisa disebabkan oleh keadaan psikologis, misalnya stres dan kecemasan.

Pada situasi sekarang, bisa jadi rutinitas yang monoton menyebabkan kita merasa lelah. Oleh karena itu, menghadapi beban psikologis terkait wabah bisa membuat kita kehabisan tenaga.
Bagaimana cara untuk memperoleh energi kembali?

Tahap-tahap penyesuaian

Bila kita melihat pada momen perubahan besar, misalnya saat remaja memulai kuliah atau saat orang pindah ke negara baru, ada periode adaptasi dan transisi yang dibutuhkan. Periode ini memerlukan waktu dan terjadi dalam beberapa tahapan.

Minggu pertama masa adaptasi berisi pelepasan dari cara-cara hidup dan kerja yang lama, dan membuat interaksi-interaksi baru. Ini biasanya akan tercapai pada hari keempat atau kelima, dan sesudahnya kehidupan akan lebih teratur dan bisa diperkirakan.

Orang-orang pada minggu-minggu pertama mungkin merasa suram dan sedih. Ini tahap adaptasi normal. Ini tidak perlu dikhawatirkan, tapi yakinlah bahwa bagi banyak orang masa ini akan lewat dan minggu depan kita akan merasa lebih baik.

Transisi dalam lingkungan baru dapat dibantu dengan menulis catatan harian refleksi. Catatan ini akan membantu mencatat pikiran dan perasaan. Kita dapat melihat kembali perkembangan dan bagaimana kita menyesuaikan diri.

Adaptasi fungsional sepenuhnya pada cara hidup baru akan terjadi setelah kira-kira tiga bulan. Namun, ada satu periode yang perlu disadari yang akan muncul sekitar tiga minggu sejak proses dimulai; pada periode ini orang dapat tiba-tiba mengalami masa melankolis dan kehilangan semangat.

Kekhawatiran yang dirasakan saat ini adalah bahwa situasi karantina telah menjadi permanen. Tapi bila fase ini telah dilewati, perasaan suram ini tidak akan muncul lagi.(mr/kcm)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,538,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,430,OLAHRAGA,312,OPINI,85,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,574,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Kerja dari Rumah Bikin Cepat Lelah? Kenali Penyebabnya!
Kerja dari Rumah Bikin Cepat Lelah? Kenali Penyebabnya!
https://lh3.googleusercontent.com/-q4mZFsqHVP0/XpMS9q_O7RI/AAAAAAAAPU4/JECeF5hM_XAqS5g94107Cg3of7FXwBTvwCLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1586696902404.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-q4mZFsqHVP0/XpMS9q_O7RI/AAAAAAAAPU4/JECeF5hM_XAqS5g94107Cg3of7FXwBTvwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1586696902404.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/kerja-dari-rumah-bikin-cepat-lelah.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/kerja-dari-rumah-bikin-cepat-lelah.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy