Orang Afrika Juga Manusia, Jangan Jadikan Mereka Kelinci Percobaan untuk Uji Vaksin Corona



PARIS-Rencana dua dokter Prancis menjadikan warga Afrika sebagai kelinci percobaan untuk menguji vaksin Covid-19 membuat marah Dirjen WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Afrika tidak bisa dan tidak akan menjadi tempat uji coba untuk vaksin apa pun," katanya kesal.

Dua dokter itu dianggap keterlaluan, menganggap warga Afrika sebagai "kelinci percobaan".  

"Sungguh memalukan, menjijikkan, mendengar di abad ke-21, mendengar dari ilmuwan, komentar seperti itu. Kami mengecam ini sekeras-kerasnya, dan kami memastikan ini tidak akan terjadi," tegas Tedros yang mengatakan keduanya sebagai 'mental kolonial', melansir laman BBC, Selasa (7/4).

Sebelumnya, dalam acara debat di saluran televisi Prancis LCI, Camille Locht, kepala divisi riset di kelompok riset kesehatan Inserm, berbicara tentang uji coba vaksin di Eropa dan Australia.

Jean-Paul Mira, kepala unit perawatan intensif di rumah sakit Cochin di Paris, mengatakan ia akan melakukannya di Afrika.

"Jika saya boleh jadi provokatif, bukankah sebaiknya kita melakukan studi ini di Afrika, di mana tidak ada masker, tidak ada perawatan, tidak ada resusitasi?" ujarnya.

"Hal seperti itu telah dilakukan di tempat lain untuk beberapa studi tentang Aids. [Misalnya] di komunitas PSK, kita mencoba berbagai hal karena kita tahu mereka sangat terpapar dan mereka tidak melindungi diri mereka sendiri," lanjut Jean-Paul Mira.

Locht mengangguk setuju pada saran ini, dan mengatakan, "Anda benar. Kami sedang dalam proses untuk mempertimbangkan penelitian paralel di Afrika."

Keduanya dihujani kecaman oleh warganet yang menudingnya rasis, termasuk dari mantan pesepakbola Didier Drogba dann Samuel Eto'o.
"Jangan jadikan orang-orang Afrika sebagai kelinci percobaan! Ini sungguh memuakkan," kata Drogba di Twitter.

Eto'o menyebut kedua dokter itu sebagai "pembunuh".

Komentar para dokter itu juga membangkitkan kemarahan di Afrika.

Pusat riset Covid-19 di negara-negara Afrika dan fasilitas yang sedang dibangun di Abidjan, Pantai Gading, diserang dan dihancurkan oleh pengunjuk rasa. (mr/rm)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Orang Afrika Juga Manusia, Jangan Jadikan Mereka Kelinci Percobaan untuk Uji Vaksin Corona
Orang Afrika Juga Manusia, Jangan Jadikan Mereka Kelinci Percobaan untuk Uji Vaksin Corona
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhx4c-vLmYvWKJmFLKkCF0_LUFb87X0IszkGhTDFtHfjsHonrzEEmE9iRzCmhGHpLJrpPN1Ufw-1RFDJXNyVinpTfGy32loAuNkEBx6pLz2XtSwYwz16urocCnlIfNm7InjLYaBWV6qxU/s1600/IMG_ORG_1586343787664.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhx4c-vLmYvWKJmFLKkCF0_LUFb87X0IszkGhTDFtHfjsHonrzEEmE9iRzCmhGHpLJrpPN1Ufw-1RFDJXNyVinpTfGy32loAuNkEBx6pLz2XtSwYwz16urocCnlIfNm7InjLYaBWV6qxU/s72-c/IMG_ORG_1586343787664.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/orang-afrika-juga-manusia-jangan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/orang-afrika-juga-manusia-jangan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy