Rayakan Hari Kartini, KBRI Berlin Gelar Lomba Menggambar



BERLIN-Sebanyak 33 gambar dan karikatur hasil karya warga negara Indonesia (WNI) di Jerman meramaikan peringatan hari Kartini tahun 2020 dalam penyelenggaraan Lomba Gambar/Karikatur oleh Kedutaan Besar RI di Berlin.

Dalam pernyataan tertulis KBRI Berlin yang diterima di Jakarta, Selasa, para peserta membuat gambar pada media kertas A4 dan hanya diperbolehkan menggunakan pensil, pensil warna atau krayon, kemudian hasil karya dalam bentuk digital itu ditayangkan di akun Instagram @kbri_berlin sejak 2 April lalu.

Peserta juga diminta untuk merefleksikan pesan RA Kartini melalui gambar yang dibuat, dengan mencantumkan kutipan pesan dari tokoh emansipasi perempuan itu.

"Selain untuk menghidupkan kembali pesan-pesan sarat makna yang pernah ditulis Kartini, lomba gambar/karikatur tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong kreativitas WNI di masa-masa pandemi COVID-19 ini," demikian KBRI Berlin.

Dari perlombaan tersebut, dipilih lima orang pemenang. Pemenang pertama, kedua, dan ketiga dipilih berdasarkan gabungan nilai dari juri dan jumlah 'like' dan komentar di Instagram, sementara satu pemenang favorit berdasarkan pilihan dewan juri, dan satu pemenang lainnya berdasarkan jumlah like dan komentar positif dari warganet.

Kelima pemenang tersebut adalah Nabila Az Zahra sebagai Juara I, Anisa Ghina Savira sebagai Juara II, dan Zalzadila Syahalfarabi sebagai Juara III. Sedangkan untuk juara favorit yaitu Theresia untuk favorit Dewan Juri dan Mayra Diandra Nabila Ratnadi juara favorit pilihan warga net.

Selain lomba gambar/karikatur, pada peringatan Hari Kartini 2020 ini, KBRI juga membuat liputan video profil lima perempuan hebat Indonesia di Jerman. Kiprah para Kartini yang berasal dari empat kota di Jerman yakni Braunschweig, Bonn, Geldern, dan Berlin, telah membantu mempromosikan Indonesia di jalur karirnya masing-masing.

Lima perempuan tersebut adalah Vidi Athena Legowo-Zipperer, Admilandri Schlüter, Sartika Oegroseno, Lina Berlina, dan Mika Purba,

Vidi Athena Legowo-Zipperer adalah pemimpin redaksi Indonesia di Deutsche Welle, Bonn, dan Admilandri Schlüter merupakan pengajar Internasional Kultur, Sejarah, dan Bahasa di University of Applied Science and Art HAWK Hildescheim, Technische Universität Berlin, dan The Braunschweig University of Art (HBK), ia juga aktif menggerakkan kerja sama kota kembar Bandung – Braunschweig dan Padang – Hildescheim.

Sementara itu, Sartika Oegroseno adalah istri dari Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, yang aktif mengenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia di Jerman yang melibatkan perhimpunan wanita ekspatriat di Berlin.

Lina Berlina adalah seorang perancang Indonesia yang mempopulerkan Lurik di Berlin, sementara Mika Purba adalah pendeta Huria Kristen Batan (HKBP) Indonesia Manyar, Surabaya yang terpilih dalam program pertukaran Pendeta United Evangelical Mission (UEM). Mika kini melayani Jemaat di Kleve dan Geldern, Jerman.(mr/tar)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Rayakan Hari Kartini, KBRI Berlin Gelar Lomba Menggambar
Rayakan Hari Kartini, KBRI Berlin Gelar Lomba Menggambar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIPoPUtUPCXqomnkBpHB8dVWXi_sUwTLu7oBCLy6hscEpB4jrcO-m-rHiMOW66QiJKZ1wqeHg0xhLc4S-DFYHW-eKO22KAgtdtAHo8IrxhVGI-H0nMSGSeTkWzZgG7pKBbtc8waGei2ug/s1600/IMG_ORG_1587464901121.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIPoPUtUPCXqomnkBpHB8dVWXi_sUwTLu7oBCLy6hscEpB4jrcO-m-rHiMOW66QiJKZ1wqeHg0xhLc4S-DFYHW-eKO22KAgtdtAHo8IrxhVGI-H0nMSGSeTkWzZgG7pKBbtc8waGei2ug/s72-c/IMG_ORG_1587464901121.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/rayakan-hari-kartini-kbri-berlin-gelar.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/rayakan-hari-kartini-kbri-berlin-gelar.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy