Soal Wacana Orang di Bawah 45 Tahun Dibolehkan Kembali Bekerja, Akademisi: Yang Sakit Malah Bertambah

Baca juga:
JAKARTA-Pemerintah dinilai mengambil risiko besar jika memperbolehkan orang berusia 45 tahun ke bawah beraktivitas kembali ketika pandemi masih berlangsung. Sebab hal itu memperbesar peluang penularan virus Corona.

Pakar epidemiologi Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan tak bisa dipungkiri kebijakan pelonggaran ini lebih mengedepankan pertimbangan ekonomi. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat masyarakat lebih banyak di rumah dan banyak perusahaan atau pabrik tidak beroperasi.

”Pertimbangan pemerintah mau membuka lapangan pekerjaan lagi agar pertumbuhan ekonominya tidak anjlok atau minus,” ujar Tri Yunis dilansir SINDOnews.

Meskipun begitu, Tri Yunis mengingatkan bahwa pelonggaran membuat pergerakan orang kembali tinggi. Sementara, semakin banyak populasi yang bergerak, maka kemungkinan penularannya meningkat. Dia memprediksi penyebaran Corona mungkin akan sulit berakhir jika kebijakannya seperti ini.

Dosen Universitas Indonesia (UI) itu menilai pembukaan dan izin bekerja untuk orang berusia 45 tahun ke bawah ini berisiko dalam meningkatkan penularan Corona. Pemerintah sebaiknya memilih atau selektif dalam menentukan sektor mana saja yang akan dibuka.

Setelah itu, pemerintah melakukan survei atau tes polymerase chain reaction (PCR) terhadap pekerja di sektor yang akan dibuka. Seberapa besar orang yang positif dan negatif COVID-19 dari tes itu menjadi pertimbangan untuk pembukaan.

Tri Yunis meragukan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan bisa dilakukan konsisten oleh para pekerja. Belum lagi risiko mereka tertular di jalan atau transportasi umum.

Melonggarkan dan membiarkan masyarakat beraktivitas di tengah pandemi COVID-19 ini seperti mengarah pada herd immunity atau kekebalan kelompok. Menurut Tri Yuni itu terlalu berisiko karena akan mengakibatkan banyak korban. “Yang sakit tidak akan berkurang, malah bertambah,” ucapnya.

Dia tidak setuju dengan pertimbangan pemerintah bahwa orang berusia 45 tahun ke bawah memiliki imunitas kuat dari COVID-19. Faktanya, ada banyak orang berusia di bawah 40 tahun yang terpapar COVID-19 dan meninggal dunia.

“Kita mau gambling. Gimana kalau ada panyakit penyerta? Misal hipertensi sama aja itu fatal. Bukan Cuma usia saja, tapi (lihat) penyakit penyerta juga. Membuka keran mobilitas itu sama saja membuka keran infeksi COVID-19,” pungkasnya.[mr/snd]

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,384,FOKUS,172,GLOBAL,542,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,435,OLAHRAGA,312,OPINI,89,OTOMOTIF,54,POLHUKAM,598,RAGAM,533,SELEBRITA,219,
ltr
item
Konfrontasi: Soal Wacana Orang di Bawah 45 Tahun Dibolehkan Kembali Bekerja, Akademisi: Yang Sakit Malah Bertambah
Soal Wacana Orang di Bawah 45 Tahun Dibolehkan Kembali Bekerja, Akademisi: Yang Sakit Malah Bertambah
https://3.bp.blogspot.com/-QLvwLuzn2qI/Xrq9D7sHQQI/AAAAAAAATnk/ofqfLW1QOtoEzK0JLuI1DAb8N46sOa0tACK4BGAYYCw/s640/Screenshot_051220_101314_PM.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-QLvwLuzn2qI/Xrq9D7sHQQI/AAAAAAAATnk/ofqfLW1QOtoEzK0JLuI1DAb8N46sOa0tACK4BGAYYCw/s72-c/Screenshot_051220_101314_PM.jpg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/05/soal-wacana-orang-di-bawah-45-tahun.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/05/soal-wacana-orang-di-bawah-45-tahun.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy