Fenomena Awan Unik Muncul di Langit Irak, Ini Penjelasan BMKG

JAKARTA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan fenomena awan unik yang muncul di langit Irak merupakan gumpalan awan Mammatus.

Ciri khas dari awan Mammatus adalah bentuknya seperti kantong atau tonjolan yang jumlahnya cukup banyak. Maka banyak orang yang menyebut awan Mammatus memiliki bentuk yang tidak lazim atau tidak biasa.

Sebelumnya, salah satu warga Kota Amedi, Irak mengabadikan fenomena alam unik berupa gumpalan awan menggantung atau bisa juga disebut Awan Mammatus ke akun Twitter pribadinya pada Selasa, 16 Juni 2020.

Kepala Subbidang Prediksi Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra menyebut awan ini terbentuk dari dasar awan.

Menurut Agie, sebetulnya jenis awan ini sering terlihat di Indonesia dan biasanya muncul saat terjadi perkembangan awan Cumulonimbus.

Awan Cumulonimbus sendiri kata Agie merupakan jenis awan yang sering dihubungkan dengan hujan lebat dan kejadian ekstrem.

"Terkait dengan pembentukannya, sebetulnya tipikal awan ini sering juga terjadi di Indonesia, biasanya timbul saat terjadi perkembangan awan Cumulonimbus," kata dia, Senin (22/6).

"Namun, karena wilayah kita memiliki sistem konveksi yang besar sehingga friksi angin (gesekan) yang dapat membentuk awan Mammatus jarang muncul," sambung Agie.

Lebih lanjut kata Agie, friksi angin tersebut bisa juga disebut pola turbulensi kecil di bawah awan Cumulonimbus sehingga bentuk awan Mammatus jadi bervariasi, bisa lonjong, bulat bahkan bentuknya acak.

Lalu penyebab bentuk awan Mammatus beragam karena jenis awan ini sulit tumbuh secara vertikal karena sistem turbulensi kecil di bawah awan Cumulonimbus yang membuat Mammatus tidak dapat tumbuh ke atas atau cenderung merata.

Jika awan ini muncul, kondisi cuaca yang ditimbulkan kata Agies akan terjadi hujan lebat.

"Kalau kondisi cuaca yang ditimbulkan biasanya dalam beberapa waktu akan terjadi hujan lebat karena ciri yang ditimbulkan awan tersebut adalah terbentuk dari kondisi atmosfer yang tidak stabil. Artinya, potensi hujan akan tinggi ketika atmosfer tidak stabil. Dalam beberapa kasus di negara yang berada di lintang tinggi, bisa turun salju atau es," jelas Agie.

Agie pun menjelaskan bahwa awan Mammatus bagian dari keluarga awan rendah karena berada di bawah awan Cumulonimbus dan Stratocumulus tetapi jika berdasarkan bentuknya, awan ini juga bisa masuk ke keluarga awan menengah seperti Altocumulus.

"Di Indonesia mungkin malah bisa terlihat di sekitaran awan yang timbul karena faktor kondensasi dari partikel abu vulkanik juga. Satu hal bahwa ini termasuk jenis awan yang menarik dari sisi fotografi," tuturnya.

Ditanya terkait apakah ada dampak signifikan jika ada pesawat yang melintas dan berbarengan munculnya awan Mammatus, Agie mengatakan hanya timbul goncangan ringan.

"Kalau dari penyebabnya adalah friksi akibat turbulensi yang muncul dari awan Cumulonimbus, kalau pesawat melintas di awan ini, ada kemungkinan goncangan ringan," pungkas Agie.[mr/cnn]

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Fenomena Awan Unik Muncul di Langit Irak, Ini Penjelasan BMKG
Fenomena Awan Unik Muncul di Langit Irak, Ini Penjelasan BMKG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGkFMCWaJxtDKLjVwdihHrDJn7TwYBjdZQsJcRvIFoTTAWJBOTYovFV9sr7wG226t-38aXcBDsZjXASYtg4T8zvlj_FhQ9KYGtdBPiRpIrBuA5Oo3zoXJ_7F1DSuvMBhJvxMBSVDRb1ZM/s640/Screenshot_062220_111733_PM.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGkFMCWaJxtDKLjVwdihHrDJn7TwYBjdZQsJcRvIFoTTAWJBOTYovFV9sr7wG226t-38aXcBDsZjXASYtg4T8zvlj_FhQ9KYGtdBPiRpIrBuA5Oo3zoXJ_7F1DSuvMBhJvxMBSVDRb1ZM/s72-c/Screenshot_062220_111733_PM.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/06/fenomena-awan-unik-muncul-di-langit.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/06/fenomena-awan-unik-muncul-di-langit.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy