9 Hal yang Terungkap dari Rekonstruksi Tragedi Tol Japek

Baca juga:

JAKARTA- Bareskrim Polri menggelar rekonstruksi peristiwa penembakan 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang. Sejumlah fakta pun terungkap.
Peristiwa berawal saat polisi menembak 6 anggota FPI di Km 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada enam hari lalu.

Enam anggota FPI yang meninggal dunia adalah Andi Oktaviawan (33), warga Cengkareng, Jakarta Barat; Lutfi Hakim (24), warga Cengkareng, Jakarta Barat; Faiz Ahmad Syukur (22); M Reza (20); Muhammad Suci Khadafi Poetra (21); dan Akhmad Sofian (26).

Polisi kemudian menggelar reka ulang peristiwa itu pada Minggu, 13 Desember 2020, malam hari.

Apel rekonstruksi dipimpin Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra. Turut hadir Karo Paminal Polri Divpropam Brigjen Hendra Kurniawan, Kadiv Propam Brigjen Ferdy Sambo, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dan Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat.

Dalam rekonstruksi ini polisi mengamankan 14 lokasi. Adapun rekonstruksi akan dilakukan di 4 lokasi aktivitas laskar FPI di Karawang.

Berikut ini 9 hal yang terungkap dari rekonstruksi penembakan 6 laskar FPI di 4 lokasi:

4 Titik Kontak Tembak Polisi Vs FPI

Ada 4 titik yang menjadi lokasi rekonstruksi di wilayah Karawang, Jawa Barat. Empat titik rekonstruksi di antaranya, 2 di dalam tol dan 2 di luar tol. Empat titiknya adalah LSI Karawang, Jembatan Badami, Rest Area Km 50, Km 51+200.

"Pelaksanaan rekonstruksi ada 4 titik, 2 titik di luar tol dan 2 titik dalam kawasan tol. Dua titik di luar jalan tol tentu nanti pengamanannya akan diatur oleh jajaran Polres Karawang dan Polda Jabar," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolres Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (13/12/2020).

Polisi akan melakukan penutupan gerbang tol sementara di GT Karawang Barat saat rekonstruksi di 2 titik luar tol.

Sementara itu, saat rekonstruksi di titik 3 tepatnya di Rest Area Km 50, polisi akan melakukan pengamanan di dalam tol.

Kontak Tembak Polisi-FPI di TKP 1

Laskar FPI melepaskan tembakan sebanyak 3 kali ke arah mobil polisi. Fakta ini terungkap saat tim dari Bareskrim dan Polda Metro Jaya melakukan rekonstruksi di dekat bundaran Hotel Novotel, Margakaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pantauan rekonstruksi berlangsung di TKP 1, Jalan Internasional Karawang Barat dekat bundaran Hotel Novotel, Senin (14/12/2020), sekitar pukul 00.45 WIB. Ada 11 adegan yang diperagakan polisi di TKP 1.

"Di pintu keluar Karawang Timur sepanjang jalan menuju TKP ini sebuah mobil Chevrolet Spin abu-abu dan, Toyota Avanza Silver diduga rombongan MRS menghalangi mobil Avanza Silver petugas," kata penyidik menggunakan pengeras suara.

Avanza Silver pelaku menabrak sisi kanan mobil petugas. Lalu Avanza milik pelaku tersebut melarikan diri.

Mobil Chevrolet Spin pelaku kemudian menghadang mobil petugas. Sebanyak 4 pelaku turun.

Sebanyak 2 pelaku melakukan penyerangan menggunakan senjata tajam. Keduanya memukul bagian kap mobil dan kaca. Bekas kerusakan pada mobil ditandai dengan warna kuning.

Petugas memberikan tembakan peringatan ke atas. Dalam adegan tersebut, polisi turut memberikan teriakan peringatan. "Polisi, jangan bergerak!" ulas penyidik.

Usaha Polisi Kejar FPI Terhalang Truk

Polisi terhalang truk saat berusaha mengejar mobil laskar FPI setelah sebelumnya terlibat baku tembak.

Fakta ini terungkap saat tim dari Bareskrim dan Polda Metro Jaya melakukan rekonstruksi di Jembatan Badami, Margakaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pantauan di lokasi rekonstruksi  TKP 2 berlangsung di Jembatan Badami, Margakaya, Kabupaten Karawang, Senin (14/12/2020), sekitar pukul 01.45 WIB. Penyidik menyebutkan kondisi saat itu minim penerangan.

Usai baku tembak di dekat bundaran Novotel, mobil Avanza silver petugas berusaha mengejar mobil Chevrolet abu-abu milik pelaku. Petugas kemudian berusaha menyalip lewat sisi kiri.

"Mobil petugas berusaha menyalip pelaku dari sisi kiri," kata penyidik.

Saat mobil petugas bergerak di sebelah kiri, pelaku 1 membuka kaca dan mengarahkan senjata ke arah petugas C. Pelaku melepaskan tembakan dan dibalas petugas C.

Mobil petugas kemudian kembali berusaha menyalip dari sebelah kanan. Petugas kembali mengarahkan tembakan ke mobil pelaku.

Kaca kiri mobil pelaku terbuka dan pelaku yang duduk di tengah menodongkan senjata ke arah mobil petugas.

Penyidik lalu bergerak sekitar 200 meter dari lokasi di sebuah simpang. Mobil petugas terhalang truk yang hendak belok dan tidak bisa mengejar mobil pelaku yang mengarah ke GT Karawang Barat

Laskar FPI Diminta Menyerah

Polisi akhirnya menangkap 6 laskar FPI di TKP 3. Laskar FPI diminta menyerah oleh polisi di Rest Area Km 50 Tol Jakarta-Cikampek, Karawang? Jawa Barat.

Fakta ini terungkap saat tim dari Bareskrim dan Polda Metro Jaya melakukan rekonstruksi di Rest Area Km 50 dekat exit area. Rekonstruksi di TKP 3 berlangsung Senin (14/12/2020) sekitar pukul 02.20 WIB.

Di adegan 24, mobil Chevrolet abu-abu pelaku terhalang mobil Corolla saat hendak menuju exit area. Saat berhenti itulah, mobil Avanza Silver petugas berhenti dekat exit area dan keluar mobil untuk langsung mengepung mobil pelaku.

"Mobil terhenti petugas turun dari mobil lalu menuju ke mobil pelaku untuk pengamanan," ujar penyidik.

Polisi membuka pintu bagian tengah dan depan. Sebanyak 4 pelaku lalu diminta untuk menyerah dan tiarap.

Polisi sempat mengecek kondisi 2 laskar lain yang duduk di kursi kiri depan dan kiri tengah. Diketahui kondisi mereka tengah terluka. Polisi kemudian meminta bantuan polisi lain lewat telepon.

Perlawanan Berujung Tembakan 4 Laskar FPI

Empat laskar FPI terkena tembakan polisi di TKP 4 yang terletak di Km 51+200 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat. Dalam rekan adegan, laskar FPI diberi tembakan karena berusaha melakukan perlawanan.

Reka adegan di TKP 4 berlangsung di KM 51+200 Tol Jakarta-Cikampek. Lokasinya berada di sisi kiri bahu jalan.

Ada 14 adegan yang diperagakan polisi. Sepanjang adegan, para laskar dan polisi tetap berada di dalam mobil.

Kejadian di TKP 4 merupakan lanjutan dari TKP 3 di Rest Area KM 50 saat polisi hendak membawa 4 laskar menuju Polda Metro Jaya, Jakarta. Namun, di saat perjalanan laskar FPI memberikan perlawanan.

Polisi akhirnya memberi tembakan. Hal itulah yang akhirnya membuat mereka tewas.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian menjelaskan kembali reka adegan di TKP 4. Andi menyatakan laskar FPI berusaha merebut senjata polisi saat berada di mobil.

"Saya coba jelaskan bahwa TKP 4 ini adalah lanjutan apa yang terjadi di TKP 3. Adegan di TKP 3 itu, 4 pelaku yang masih hidup itu diamankan ke dalam mobil dengan tujuan dibawa penyidik ke Polda Metro Jaya. Dalam perjalanan tidak jauh jaraknya, dari Km 50 Rest Area sampai Km 51,2 terjadi penyerangan atau mencoba merebut senjata anggota. Terjadi percobaan untuk merebut senjata anggota dari pelaku yang ada dalam mobil," ungkapnya.

Polisi akhirnya memberikan tindakan pembelaan. Dengan melakukan tembakan terhadap 4 laskar FPI.

Samurai-Amunisi Ditemukan di Mobil FPI

Polisi menggeledah mobil laskar FPI di Rest Area Km 50 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat.

Dari hasil penggeledahan ditemukan samurai hingga amunisi. Pantauan rekonstruksi di TKP 3 berlangsung Senin (14/12/2020) sekitar pukul 02.20 WIB. Setelah meminta 4 laskar menyerah dan tiarap, polisi melakukan penggeledahan pada adegan 28.

"Petugas melakukan penggeledahan ditemukan HP dan dompet," kata penyidik.

HP dan dompet hasil geledahan polisi itu lalu sempat diletakkan di warung depan lokasi kejadian yang berdekatan dengan exit area.

Polisi sempat mengecek 2 laskar yang terluka dan duduk di bangku kiri depan serta kiri tengah. Mereka sempat meminta bantuan polisi lain lewat sambungan telepon.

Tidak lama, polisi kembali melakukan penggeledahan. Ditemukan satu pucuk senpi di kursi sopir dengan 10 amunisi dan 1 pucuk senpi lainnya di bagian bangku tengah dengan 10 amunisi.

Polisi menggelar rekonstruksi atau reka ulang penembakan 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) pengawal Habib Rizieq di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Ada 4 titik terkait kasus ini.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan antara polisi dan laskar FPI sudah melakukan kontak tembak di tempat kejadian perkara (TKP) 1 dan TKP 2. TKP 1 berada di bundaran Hotel Novotel Karawang, Jalan Internasional Karawang Barat, Margakaya, Kabupaten Karawang, sedangkan TKP 2 di Jembatan Badami, sekitar 600 meter dari TKP 1.

"Dari TKP 1 terjadi penyerangan terhadap anggota Polri, sehingga tentu menyikapi itu penyidik yang ada dalam kendaraan melakukan pengejaran. Di dalam proses pengejaran, melihat gelagat dari pelaku yang mencoba arahkan tembakan ke petugas, daripada didahului anggota melakukan tindakan tegas," kata Andi di Km 51+200 Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020).

Polri melanjutkan, 2 laskar FPI ini menunjukkan gelagat menyerang, dan kemudian dibalas polisi dengan tembakan. Kemudian, 2 laskar FPI ditemukan dalam keadaan terluka di TKP 3. TKP 3, dari versi polisi, berada di rest area Km 50 Tol Jakarta-Cikampek.

"Ternyata sampai di TKP 3 begitu berhasil diblok, begitu dibuka, ditemukan bahwa 2 dari pelaku dalam keadaan terluka," ujar Andi.

Saat di rest area Km 50, Andi menjelaskan bahwa polisi meminta 4 anggota laskar FPI ainnya untuk menyerah dan dibawa oleh mobil polisi ke Polda Metro Jaya. Tetapi, kata Andi, di TKP 4 atau Km 51+200, laskar FPI melakukan perlawanan dengan merebut senjata polisi. Polisi pun menembak 4 laskar FPI pengawal Habib Rizieq tersebut.

Dua Laskar FPI Ditembak di Jembatan Badami, 4 Lainnya di Mobil Polisi

Polri mengungkapkan detik-detik penembakan 6 anggota laskar (FPI) di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat. Peristiwa ini diawali dengan 2 anggota laskar FPI yang ditembak polisi.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan antara polisi dan laskar FPI sudah melakukan kontak tembak di tempat kejadian perkara (TKP) 1 dan TKP 2. TKP 1 berada di bundaran Hotel Novotel Karawang, Jalan Internasional Karawang Barat, Margakaya, Kabupaten Karawang, sedangkan TKP 2 di Jembatan Badami, sekitar 600 meter dari TKP 1.

Polri melanjutkan, 2 laskar FPI ini menunjukkan gelagat menyerang, dan kemudian dibalas polisi dengan tembakan. Kejadian ini berlangsung di TKP 2.

Pantauan di lokasi, saat mobil petugas bergerak di sebelah kiri, seorang laskar FPI membuka kaca dan mengarahkan senjata ke arah petugas. Laskar tersebut kemudian melepaskan tembakan dan dibalas petugas.

Dalam rekonstruksi, mobil petugas kemudian kembali berusaha menyalip dari sebelah kanan. Petugas kembali mengarahkan tembakan ke mobil laskar FPI. Kaca kiri mobil laskar FPI terbuka dan pelaku yang duduk di tengah menodongkan senjata ke arah mobil petugas.

"Dari TKP 1 terjadi penyerangan terhadap anggota Polri, sehingga tentu menyikapi itu penyidik yang ada dalam kendaraan melakukan pengejaran. Di dalam proses pengejaran, melihat gelagat dari pelaku yang mencoba arahkan tembakan ke petugas, daripada didahului anggota melakukan tindakan tegas," kata Andi di Km 51+200 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Senin (14/12/2020).

Kemudian, 2 anggota laskar FPI ini ditemukan dalam keadaan terluka di TKP 3. TKP 3, dari versi polisi, berada di rest area Km 50 Tol Jakarta-Cikampek.

"Ternyata sampai di TKP 3 begitu berhasil diblok, begitu dibuka, ditemukan bahwa 2 dari pelaku dalam keadaan terluka," kata Andi.

Saat di rest area Km 50, Andi menjelaskan bahwa polisi meminta 4 laskar FPI lainnya untuk menyerah dan dibawa oleh mobil polisi ke Polda Metro Jaya. Tetapi, kata Andi, di TKP 4 atau Km 51+200, laskar FPI melakukan perlawanan dengan merebut senjata polisi.

"Adegan di TKP 3 itu, 4 pelaku yang masih hidup itu diamankan ke dalam mobil dengan tujuan dibawa penyidik ke Polda Metro Jaya. Dalam perjalanan tidak jauh jaraknya, dari Km 50 rest area sampai Km 51,2 terjadi penyerangan atau mencoba merebut senjata anggota," ujar Andi.

Dari pantauan detikcom saat rekonstruksi, dalam perjalanan, laskar FPI yang hendak dibawa ke Polda Metro menyerang polisi. Penyerangan itu disebut dilakukan dalam perjalanan dari rest area Km 50 hingga ke Km 51+200. Laskar FPI mencoba merebut senjata polisi.

Polisi kemudian melakukan pembelaan. Polisi pun melakukan tindakan tegas dengan menembak 4 laskar FPI itu dalam mobil polisi.

Dua Anggota Laskar FPI Terluka di Rest Area Km 50

Kontak tembak polisi dan FPI sudah terjadi di dua tempat kejadian perkara (TKP) awal. Akibatnya, ada dua anggota laskar FPI yang terluka.

TKP pertama adalah di bundaran Hotel Novotel Karawang, Jalan Internasional, Karawang Barat, Margakaya, Kabupaten Karawang. TKP kedua di Jembatan Badami, sekitar 600 meter dari TKP 1.

Namun terlukanya dua anggota laskar FPI baru diketahui setelah polisi berhasil menghadang mobil yang ditumpangi mereka, di Rest Area Km 50 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat. Polisi menyebut rest area Km 50 ini sebagai TKP 3.

Sebelum dihadang, menurut Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian, mobil yang ditumpangi laskar FPI hendak keluar dari rest area. Keenam laskar FPI diketahui menumpangi mobil berwarna abu-abu.

"Ternyata sampai di TKP 3, begitu berhasil diblok, begitu dibuka, ditemukan bahwa dua dari pelaku dalam keadaan terluka," kata Andi di Km 51+200 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Senin (14/12/2020).

Lebih lanjut, Andi menuturkan dua orang yang terluka tadi kemudian dibawa menggunakan mobil berbeda dengan empat anggota laskar lainnya. Sedangkan mobil warna abu-abu yang ditumpangi laskar FPI dibawa menggunakan mobil derek.(dtk)



COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,397,FOKUS,172,GLOBAL,667,HIBURAN,4,IPTEK,300,KHAZANAH,122,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,469,OLAHRAGA,314,OPINI,98,OTOMOTIF,56,POLHUKAM,969,RAGAM,717,SELEBRITA,226,
ltr
item
Konfrontasi: 9 Hal yang Terungkap dari Rekonstruksi Tragedi Tol Japek
9 Hal yang Terungkap dari Rekonstruksi Tragedi Tol Japek
https://1.bp.blogspot.com/-k4fwWNtPjxs/X9eNTZZ1PqI/AAAAAAABwJM/wGTrLfq9H1UJm4w4EseJEuIVHV1tV40kwCLcBGAsYHQ/w640-h362/rekonstruksi-kasus-penembakan-laskar-fpi-8_169.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-k4fwWNtPjxs/X9eNTZZ1PqI/AAAAAAABwJM/wGTrLfq9H1UJm4w4EseJEuIVHV1tV40kwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h362/rekonstruksi-kasus-penembakan-laskar-fpi-8_169.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/12/9-hal-yang-terungkap-dari-rekonstruksi.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/12/9-hal-yang-terungkap-dari-rekonstruksi.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy