Pergerakan Tanah di Cisolok Sukabumi Bikin Rumah Ambruk dan Retak-retak



SUKABUMI-Bencana pergerakan tanah di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyebabkan satu rumah ambruk dan beberapa lainnya terancam, bahkan sejumlah rumah pada bagian dinding dan pondasinya sudah mulai retak-retak.

"Rumah yang ambruk milik Rohim, beruntung saat kejadian penghuninya sudah tidak ada di dalam rumah, sementara yang terancam dan retak-retak jumlahnya cukup banyak termasuk ruimah saya," kata salah seorang warga yang rumahnya ikut terancam bencana pergerakan tanah, Turgandi kepada wartawan di Sukabumi, Jumat.

Menurut Turgandi, bencana pergerakan tanah di RT 06/02, Desa Wangunsari ini sudah terjadi beberapa waktu lalu, namun tidak begitu parah. Kini hari demi hari tanah yang amblas dan retak semakin meluas hingga ke permukiman warga.

Bahkan, warga sudah mulai gelisah dan panik apalagi saat turun hujan yang dikhawatirkan pergerakan tanah semakin meluas yang bisa saja menyebabkan kerusakan, seperti rumah Rohim yang awalnya amblas dan akhirnya ambruk pada Rabu (10/11).

Selain itu, ia pun dan keluarga dalam waktu dekat ini akan mengungsi ke tempat yang lebih aman karena kondisi pondasi rumahnya sudah retak-retak yang cukup parah. Maka dari itu, Turgandi saat ini tengah mencari kontrakan sekaligus membenahi barang-barang milik untuk dipindahkan.

Bencana pergerakan tanah ini terjadi sejak adanya pengerukan proyek yang ada di bawah pemukiman warga, awalnya hanya terdapat retakan kecil saja. Tetapi, karena saat ini hujan deras turun hampir setiap hari retakannya semakin luas dan menambah lebar.

"Adanya pergerakan tanah ini sejak adanya kegiatan pengerukan tanah di lokasi objek wisata, sebenarnya sebelum ada proyek tersebut bahkan saya sudah di sini selama 35 tahun belum pernah ada bencana seperti ini," ujarnya.

Turgandi mengatakan petugas dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Dinas Pariwisata dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi sudah meninjau lokasi pada Kamis (11/11).

Namun, hasil pemeriksaan lapangan yang dilakukan oleh petugas baru ada sekitar dua pekan ke depan. Tapi, pihaknya tidak mau menunggu karena khawatir rumahnya ambruk akibat bencana ini yang bisa saja melukai dirinya dan keluarganya.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra mengatakan bencana pergerakan tanah terjadi di beberapa kecamatan, salah satunya di Kecamatan Cisolok. Pihaknya bersama instansi terkait lainnya sudah meninjau lokasi untuk mencari tahu penyebab terjadinya bencana tersebut.

Hasil peninjauan dan penelitian yang dilakukan petugas PVMBG nanti hasilnya akan dilaporkan ke Bupati Sukabumi dan dinas terkait lainnya untuk membuat kebijakan ke depannya.

"Kami mengimbau kepada warga yang rumahnya berada di sekitar atau areal lokasi pergerakan tanah untuk waspada apalagi saat turun hujan dan antisipasi hal yang tidak diinginkan diimbau untuk mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman," ujarnya.(mr/tar)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Pergerakan Tanah di Cisolok Sukabumi Bikin Rumah Ambruk dan Retak-retak
Pergerakan Tanah di Cisolok Sukabumi Bikin Rumah Ambruk dan Retak-retak
https://lh3.googleusercontent.com/-LSkrQ_CyHkU/YY6KigBJO8I/AAAAAAAANbw/71Qbn-rr7U0sLBw2VgDZiJSeSGn7PuMgACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_1636731486126.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-LSkrQ_CyHkU/YY6KigBJO8I/AAAAAAAANbw/71Qbn-rr7U0sLBw2VgDZiJSeSGn7PuMgACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_1636731486126.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/pergerakan-tanah-di-cisolok-sukabumi.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/pergerakan-tanah-di-cisolok-sukabumi.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy