6 Hal yang Dirahasiakan Allah dari Hamba-Nya

Baca juga:
KONFRONTASI-Ada banyak hal yang Allah SWT rahasiakan dari hamba-Nya. Perkara-perkara tersebut tidak dapat disentuh kemampuan manusia. Apa Saja? 

Menurut Umar bin Khattab RA ada enam perkara yang dirahasiakan Allah SWT kepada hamba-Nya. Tentu, ada alasannya. Antara lain, agar hamba-Nya bersungguh-sungguh dalam mendapatkannya. 

Umar bin Khattab RA berkata, "Sesungguhnya, Allah merahasiakan enam perkara di balik enam perkara."

Pertama, Allah merahasiakan ridha-Nya di balik ketaatan hamba-Nya. Hal tersebut dimaksudkan agar hamba-Nya bersungguh-sungguh melakukan ketaatan kepada-Nya. Dengan begitu, hamba-Nya tidak akan mengesampingkan ketaatan kepada-Nya walaupun tampaknya sederhana. Sebab, boleh jadi di balik ketaatan yang tampaknya sederhana itulah terdapat ridha-Nya.

Kedua, Allah SWT merahasiakan murka-Nya terhadap hamba-Nya yang "berani" melakukan kemaksiatan. Hal tersebut dimaksudkan agar hamba-Nya bersungguh-sungguh menjauhi kemaksiatan. Dengan begitu, hamba-Nya tidak akan menyepelekan kemaksiatan dalam segala bentuknya, kendati tampaknya sederhana. Sebab, boleh jadi di balik kemaksiatan yang tampaknya sederhana itulah terdapat murka-Nya. 

Ketiga, Allah merahasiakan kapan datangnya malam kemuliaan (lailatul qadar). Hal tersebut dimaksudkan agar hamba-Nya bersungguh-sungguh beribadat sepanjang bulan suci Ramadhan. Seperti dijelaskan dalam firman-Nya, lailatul qadar itu lebih baik dibandingkan seribu bulan.

Allah berfirman, "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS al-Qadr [97] : 3). Ambil contoh, sebagaimana dinyatakan dalam sabda Rasulullah SAW, pahala (amalan) sunah di dalamnya ditingkatkan menjadi setara dengan pahala (amalan) wajib. 

Keempat, Allah merahasiakan wali-Nya terhadap hamba-Nya. Hal tersebut dimaksudkan agar hamba-Nya tidak merendahkan derajatnya. Selain itu, agar hamba-Nya tidak meminta didoakan oleh mereka. Dengan begitu, hamba-Nya akan bersungguh-sungguh menghormati setiap hamba-Nya dengan tidak meremehkannya. Sebab, boleh jadi orang yang diremehkan itu adalah wali-Nya.

Kelima, Allah merahasiakan datangnya ajal (kematian) di balik umur hamba-Nya. Hal tersebut dimaksudkan agar hamba-Nya mempersiapkan diri dengan baik sepanjang hayatnya untuk menyambut kedatangannya. Sebab, sejatinya kematian itu bisa datang secara tiba-tiba.

Keenam, Allah merahasiakan datangnya waktu sholat Wustha. Hal tersebut dimaksudkan agar hamba-Nya bersungguh-sungguh mengikhtiarkannya. Sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya, sholat Wustha merupakan sholat paling utama di antara sholat lima waktu.

Allah berfirman, "Peliharalah segala sholat (kalian) dan (peliharalah pula) sholat Wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam sholat kalian) dengan khusyuk.'" (QS al-Baqarah [2] : 238). Ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud sholat Wustha (sholat yang di tengah-tengah) adalah sholat Ashar. Tetapi, yang tahu persis hanya Allah.

Selain merahasiakan enam perkara tersebut, Allah juga merahasiakan saat (momen) paling mustajab pada Jumat. Hamba-Nya yang berdoa tepat pada saat paling mustajab itu pasti akan dikabulkan oleh-Nya. Dengan begitu, hamba-Nya akan bersungguh-sungguh mendapatkannya sepanjang Jumat. Ada yang berpendapat, saat paling mustajab pada Jumat adalah waktu Ashar. Akan tetapi, yang tahu persis hanya Allah.  (mr/rol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,389,FOKUS,172,GLOBAL,556,HIBURAN,4,IPTEK,299,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,447,OLAHRAGA,313,OPINI,92,OTOMOTIF,56,POLHUKAM,663,RAGAM,559,SELEBRITA,221,
ltr
item
Konfrontasi: 6 Hal yang Dirahasiakan Allah dari Hamba-Nya
6 Hal yang Dirahasiakan Allah dari Hamba-Nya
https://lh3.googleusercontent.com/-t5x1b1NbXPI/XqFpqR88nsI/AAAAAAAAQ8A/X-127L-JecEDy3Gg9P-ZwFQRI9HpKZKbACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1587636606457.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-t5x1b1NbXPI/XqFpqR88nsI/AAAAAAAAQ8A/X-127L-JecEDy3Gg9P-ZwFQRI9HpKZKbACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1587636606457.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/6-hal-yang-dirahasiakan-allah-dari.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/6-hal-yang-dirahasiakan-allah-dari.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy