Akademisi: Pemerintah Harus Perhatikan Kebutuhan Pokok Warga Selama Pandemi

JAKARTA -- Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Prof Asep Saefuddin mengatakan penanganan pandemi Covid-19 harus dilakukan secara cepat, menyeluruh dan melibatkan semua lapisan masyarakat.

 "Penanganan pandemi Covid-19 harus menyeluruh dari hulu ke hilir, dan kolaboratif semua unsur secara horizontal dan vertikal," ujar Asep dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Ahad (12/4).

Dia menambahkan di sisi hulu, para ahli kesehatan baik ahli biologi dan virologi harus segera menemukan anti serum sebagai anti Covid-19. Dengan demikian, manusia punya pertahanan diri saat virus itu sudah masuk ke dalam tubuh manusia.

"Saya yakin para ahli yang berkaitan dengan kesehatan bisa mendapatkan antigen yang bisa disuntikkan atau jadi bahan minuman kesehatan. Selain melalui upaya peningkatan daya tahan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan jamu, vitamin dan lainnya," terang dia.

Jika anti-Covid-19 itu ditemukan maka dapat diberikan terutama ke para tenaga medis yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19. Di sisi ekonomi, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan berdampak pada kehidupan para pedagang kaki lima hingga ojek daring. 

Begitu juga dengan pengusaha sektor informal yang juga terpukul akan pandemi itu. "Untuk itu perlu ada bantuan langsung kepada mereka, sehingga kebutuhan pokok selama wabah ini jangan sampai terbengkalai. Saya pikir kelompok ini harus dipikirkan pemerintah," jelas dia.

Pada saat PSBB, mereka tidak boleh ke luar, tetapi sembakonya harus terpenuhi. Karena itu, tidak ada alasan mereka ke luar mencari nafkah selama ada pandemi.

Untuk perguruan tinggi, lanjut dia, umumnya kampus fokus pada mahasiswa yang terkena dampak Covid-19. Sejumlah perguruan tinggi memberikan bantuan pulsa untuk pembelajaran daring.

Selain itu, kampus juga menggerakkan alumninya untuk membantu penggalangan sembako bagi mahasiswa yang orang tuanya terkena dampak. "Gotong royong di tingkat RW juga perlu digerakkan. Ini masanya kita bersatu. Buang jauh-jauh pikiran politis dalam menghadapi virus ini," imbuh Asep.(m/rol/tar)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Akademisi: Pemerintah Harus Perhatikan Kebutuhan Pokok Warga Selama Pandemi
Akademisi: Pemerintah Harus Perhatikan Kebutuhan Pokok Warga Selama Pandemi
https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/covid-19_200405131954-832.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/akademisi-pemerintah-harus-perhatikan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/akademisi-pemerintah-harus-perhatikan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy