Astronom Temukan Supernova Terkuat, Seperti Apa?

Baca juga:
MASSACHUSETTS -- Ledakan sekitar 4,5 juta tahun cahaya telah melepaskan sekitar 10 kali lebih banyak energi daripada yang akan dipancarkan matahari sepanjang masa hidupnya. Ini menjadikannya supernova paling kuat yang pernah ditemukan.

"Sampai sekarang tidak jelas bahwa ledakan sekuat ini bahkan mungkin terjadi," kata Edo Berger di Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian di Massachusetts.

Berger dan rekan-rekannya menemukan supernova, yang disebut SN2016aps, menggunakan Panoramic Survey Telescope dan Rapid Response System di Hawaii. Dilansir dari New Scientist, Selasa (14/4) disebutkan, SN2016 bukan hanya supernova terkuat yang pernah ditemukan, tetapi supernova terlama yang pernah ditemukan.

"Kami menemukan ini lebih dari tiga tahun yang lalu, dan kami masih mengamatinya, biasanya kami hanya dapat melacak supernova selama mungkin beberapa bulan," kata Berger.

Untuk membuat supernova yang cerah dan tahan lama ini, bintang yang meledak pasti telah menumpahkan cangkang material yang membentuk sekitar setengah dari massanya sebelum meledak. Ketika ledakan itu menghancurkan cangkang seperti memecahkan bola dengan kecepatan sekitar 4600 kilometer per detik, itu akan menciptakan ledakan radiasi yang ekstrem.

"Tanda tanya besarnya adalah, bagaimana sebuah bintang, sekitar satu dekade sebelum meledak, kehilangan setengah dari massanya?  Itu bukan sesuatu yang kita lihat dalam model," kata Berger.

Model-model supernova jenis ini meramalkan bahwa ia seharusnya melepaskan cangkang bermassa ribuan tahun sebelum meledak. Tetapi pengamatan menunjukkan bahwa cangkang itu masih sangat padat dan dekat dengan ledakan pusat sehingga pasti dikeluarkan dalam beberapa dekade supernova.

Ledakan seperti ini dapat membantu kita belajar tentang bintang supermasif yang mungkin ada di alam semesta awal. "Kita tidak memiliki bintang seperti ini di galaksi kita sendiri, jadi satu-satunya cara kita dapat mengetahui tentang bintang-bintang ini adalah dengan mencari ledakan yang sangat eksotis ini dan kemudian menciptakan kembali tempat kejadian untuk mencari tahu apa yang terjadi sebelum itu meledak," kata Berger.

Fakta bahwa ledakan ini sangat mengejutkan berarti kita mungkin dapat menemukan lebih banyak adegan kematian bintang-bintang besar bahkan lebih jauh lagi.(mr/rol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,538,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,429,OLAHRAGA,312,OPINI,85,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,563,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Astronom Temukan Supernova Terkuat, Seperti Apa?
Astronom Temukan Supernova Terkuat, Seperti Apa?
https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/supernova-ilustrasi-_160422215548-462.jpg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/astronom-temukan-supernova-terkuat.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/astronom-temukan-supernova-terkuat.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy