Australia Uji Klinis Vaksin BCG untuk Hadapi Corona

Baca juga:


AUSTRALIA -- Vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG), diduga menjadi perlawanan kuat terhadap virus Corona terbaru. Kabarnya orang yang pernah vaksin BCG lebih kuat dibanding yang belum pernah. Untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut, Australia melakukan uji klinis.

Seperti dilansir dari laman Euro News, sebuah tim peneliti Australia mengumumkan pada hari Jumat bahwa, mereka telah mulai menguji vaksin TBC dalam skala besar untuk melihat apakah itu dapat melindungi staf kesehatan dari coronavirus.

Sekitar 4.000 pekerja rumah sakit Australia akan berpartisipasi dalam uji klinis yang akan menentukan apakah vaksin TB dapat mengurangi gejala COVID-19.

Meskipun awalnya dikembangkan untuk TBC dan masih diberikan kepada lebih dari 130 juta bayi setiap tahun, BCG juga meningkatkan kapasitas kekebalan dasar tubuh, membantunya merespon lebih kuat terhadap kuman.

"Kami berharap untuk melihat pengurangan frekuensi dan tingkat keparahan gejala COVID-19 pada petugas layanan kesehatan yang telah divaksinasi dengan BCG," kata ketua tim peneliti, Nigel Curtis.

Tes serupa juga akan dilakukan di negara lain seperti Belanda, Jerman dan Inggris. Jika dokter dapat membuktikan bahwa uji klinis berhasil, orang tua dan orang lain yang rentan terhadap COVID-19 karena kondisi yang mendasarinya dapat menerima vaksin tuberkulosis untuk mengatasi berjangkitnya coronavirus di masa depan.

Sebuah penelitian di Jerman telah menyarankan bahwa dalam kasus itu, vaksin tuberkulosis dapat membantu menjembatani waktu sampai vaksin yang secara khusus efektif melawan coronavirus novel dikembangkan.

Vaksin dari seabad yang lalu

Ilmuwan Perancis mulai mengembangkan vaksin BCG pada tahun 1908 dan percobaan manusia pertama dimulai pada tahun 1921 . Nama BCG, Bacillus Calmette-Guerin, berasal dari nama dua bakteriologis yang terlibat: Albert Calmette dan Camille Guerin.

Tuberkulosis disebabkan oleh bakteri yang menyerang paru-paru. Orang mengontraknya dengan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi saat bersin atau batuk.

Penyakit ini menjadi sangat umum setelah Perang Dunia II dan penggunaan obat menyebar selama 1950-an, ketika rumah sakit khusus yang besar diciptakan untuk mengobati pasien tuberkulosis.

Tuberkulosis atau BCG sangat menular dan meskipun merupakan penyakit yang dapat dicegah dan disembuhkan, setiap tahun 10 juta orang terinfeksi dan 1,5 juta orang meninggal karenanya, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO juga mengatakan, bahwa TBC adalah penyebab utama kematian bagi orang dengan HIV dan kontributor utama terhadap resistensi antimikroba.

Dokter yang melakukan uji coba di Australia mendesak masyarakat umum untuk tidak mempertimbangkan pemberian vaksin ini sebelum hasil uji klinis diketahui.

Obat ini diperlukan untuk memvaksinasi atau mengobati 130 juta orang setiap tahun dan permintaan yang tinggi akan menekan stok terbatas.(mr/rol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,397,FOKUS,172,GLOBAL,593,HIBURAN,4,IPTEK,300,KHAZANAH,122,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,469,OLAHRAGA,314,OPINI,98,OTOMOTIF,56,POLHUKAM,856,RAGAM,638,SELEBRITA,226,
ltr
item
Konfrontasi: Australia Uji Klinis Vaksin BCG untuk Hadapi Corona
Australia Uji Klinis Vaksin BCG untuk Hadapi Corona
https://lh3.googleusercontent.com/-rm5fYIyKvcA/Xo5Y4bI8PUI/AAAAAAAAOp0/pW50lPYLJNU80e_4u4E_nhSOUcvHDAvrACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1586387161514.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-rm5fYIyKvcA/Xo5Y4bI8PUI/AAAAAAAAOp0/pW50lPYLJNU80e_4u4E_nhSOUcvHDAvrACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1586387161514.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/australia-uji-klinis-vaksin-bcg-untuk.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/australia-uji-klinis-vaksin-bcg-untuk.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy