Bolehkah Muslimah Memakai Rambut Palsu? Simak Fatwa Syekh Yusuf Qaradhawi!

Baca juga:
KONFRONTASI-Wig atau rambut palsu kerap digunakan segelintir kaum hawa demi penampilan yang apik. Dengan berbagai model rambut palsu, perempuan dapat berganti-ganti model secara instan. 

Tak hanya untuk mereka yang tak berjilbab. Terkadang, rambut palsu pun digunakan oleh Muslimah berhijab untuk di rumah. Sebenarnya, bagaimana Islam mengatur tentang penggunaan rambut palsu? 

Yusuf Qardhawi dalam Fatwa-Fatwa Kontemporer mengatakan, Islam sebenarnya mensyariatkan agar laki-laki dan perempuan berhias. Allah SWT pun menjadikan pemakaian perhiasan ini sebagai mukadimah shalat. "Pakailah pakaianmu yang indah pada setiap memasuki masjid." (QS al-Araf: 31).

Kaum perempuan pun diperbolehkan berhias dengan sesuatu di mana hal itu diharamkan bagi laki-laki. Memakai sutra dan emas merupakan dua contoh barang di mana perempuan dapat mengenakan perhiasan dan pakaian tersebut, sementara hal tersebut dilarang bagi laki-laki. 

Hanya, Allah SWT melarang sebagian bentuk perhiasan yang sudah menyimpang dari fitrah dan mengubah ciptaan Allah. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman bahwa setan diperintahkan mengubah ciptaan Allah sebagai ujian bagi manusia. 

"… dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya .…"(QS an-Nisa: 119). 

Lantas, bagaimana hukumnya wig atau rambut palsu bagi Muslimah? Dalam permasalahan ini, Rasulullah SAW pernah membahas dengan spesifik hukum mengenakan rambut palsu. 

"Allah melaknat perempuan yang menato (melukisi kulitnya dengan cara mengukirnya dan memberi warna biru) serta minta ditato, yang mengikir giginya dan minta dikikir giginya, yang mencukur alisnya dan minta dicukur alisnya, dan wanita yang menyambung rambutnya (dengan rambut asli atau rambut buatan) serta yang minta disambung rambutnya." (HR Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah, dan Thabrani dari Ibnu Umar dan Ibnu Mas'ud).

Hadits-hadits di atas adalah sahih, masyhur, dan tidak ada cacatnya. Al-washl berarti menyambung, yakni menyambung rambut dengan rambut lain (yang asli) atau dengan rambut buatan semacam al-barukah (wig). 

Semua itu diharamkan Allah SWT dan orang yang melakukannya atau minta diperlakukan begitu, akan dilaknat sebagaimana disebutkan dalam hadis di atas.

Qardhawi mengatakan, hukum memakai wig dan sebagainya itu adalah haram. Anggapan bahwa wig semata-mata untuk menutup kepala merupakan anggapan bohong dan menyesatkan yang bertentangan dengan kenyataan. 

Penutup kepala sudah dikenal oleh akal dan adat. Sedangkan, wig merupakan perhiasan yang jumlahnya lebih banyak daripada rambut biasa. Pemakaian wig dari sudut manapun dipandang negatif. Menggunakan rambut palsu disebut tindakan penipuan dan pemalsuan. Kemubaziran dan tabarruj (membuka aurat) dan pemikatan. Semua diharamkan dalam Islam.

Ahli fikih itu pun menjelaskan bahwa mengenakan rambut palsu juga diharamkan meski berada di dalam rumah. Alasannya, wanita yang menyambung rambut dilaknat selamanya. Apalagi, jika ia berada di luar rumah. Hukum haramnya lebih jelas karena menentang perintah Allah SWT untuk berhijab.  "... Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung mereka ke dada mereka .…"(QS an-Nur:31).

 (mr/rol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,540,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,433,OLAHRAGA,312,OPINI,87,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,574,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Bolehkah Muslimah Memakai Rambut Palsu? Simak Fatwa Syekh Yusuf Qaradhawi!
Bolehkah Muslimah Memakai Rambut Palsu? Simak Fatwa Syekh Yusuf Qaradhawi!
https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/ilustrasi-muslimah-_180518152201-190.jpg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/bolehkah-muslimah-memakai-rambut-palsu.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/bolehkah-muslimah-memakai-rambut-palsu.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy