Melacak Area Dakwah Para Nabi

KONFRONTASI-- Alquran menyebutkan sebanyak 25 nabi dan rasul utusan Allah SWT. Dari jumlah tersebut, ada sejumlah nabi yang diutus untuk berdakwah di wilayah Jazirah Arab, Mesir, Syam dan Palestina, serta Irak.

Nabi dan rasul yang diutus di wilayah Arab--khususnya Makkah--adalah Nabi Adam, Nabi Hud, Nabi Saleh, Nabi Ismail, Nabi Syuaib, dan Nabi Muhammad SAW. Adapun nabi yang diutus di wilayah Mesir adalah Nabi Yusuf, Nabi Musa, dan Nabi Harun AS.

Selain itu, ada pula nabi dan rasul yang diutus di wilayah Syam (Suriah) dan Palestina. Dari 25 nabi dan rasul Allah, kedua wilayah itulah yang paling banyak menerima nabi-nabi utusan Allah.
Mereka adalah Nabi Luth, Nabi Ishak, Nabi Ya'kub, Nabi Ayub, Nabi Zulkifli, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Ilyas, Nabi Ilyasa, Nabi Zakaria, Nabi Yahya, dan Nabi Isa AS.

Sementara itu, nabi yang diutus di wilayah Irak berjumlah empat orang, yakni Nabi Idris, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim AS, dan Nabi Yunus AS.

Sami bin Abdullah al-Maghluts dalam kitabnya, Athlas Tarikh al-Anbiya wa ar-rusul, menyebutkan, semua nabi dan rasul yang diperintahkan oleh Allah SWT bertugas untuk menyeru umat manusia agar senantiasa beriman kepada Allah dan berbuat kebajikan, serta menjauhi segala keburukan.

Para nabi dan rasul Allah tersebut diutus dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. (QS Alhadid [57]: 25).

(MR/ROL)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Melacak Area Dakwah Para Nabi
Melacak Area Dakwah Para Nabi
https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/berbagai-lokasi-dakwah-para-nabi_200413210746-183.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/melacak-area-dakwah-para-nabi.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/melacak-area-dakwah-para-nabi.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy