TKI Kelaparan di Malaysia, Jangan-jangan Karena Perpanjangan Lockdown

JAKARTA-Sejumlah organisasi keagamaan dan organisasi kemasyarakatan Indonesia di Malaysia mengkhawatirkan terjadi krisis kemanusiaan di kalangan TKI karena lockdown diperpanjang hingga 28 April 2020.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia, KNPI cabang Malaysia, Tengku Adnan menjelaskan, kondisi para TKI sektor informal semakin memprihatinkan karena mereka kesulitan untuk mendapatkan makanan setelah diberhentikan dari pekerjaan sekitar satu bulan lalu akibat wabah virus Corona.

"Kondisi mereka kian memprihatinkan. Saudara-saudara kita yang mayoritas bekerja di sektor informal untuk makan saja kini sangat kesulitan. Bahkan tak jarang di antara mereka hanya makan sekali sehari untuk menghemat persediaan makanan," kata Tengku Adnan sebagaimana dilaporkan Tempo dari Malaysia, Minggu, 12 April.

Tengku Adnan menjelaskan, TKI yang mayoritas bekerja di sektor informal menerima upah harian. Jumlah upah yang diterima habis untuk memenuhi kebutuhan hidup selama beberapa hari.

"Ini sudah satu bulan. Bisa dibayangkan mirisnya kondisi mereka saat ini," ujar Tengku Adnan.

Untuk meringankan beban TKI di Malaysia, beberapa LSM yang dikoordinir Nahdlatul Ulama cabang istimewa Malaysia atau NUCIM berinisiatif mencari dan menyalurkan bantuan berupa paket.

"Sudah lebih 1000 paket bantuan disalurkan KNPI termasuk bantuan beras dari Kementerian Wilayah Persekutuan Malaysia," kata Tengku Adnan.

Tengku Adnan menjelaskan bahwa organisasi masyarakat atau ormas Indonesia di Malaysia sudah berusaha maksimal untuk memberikan bantuan. "Semua donatur dan NGO bahkan lembaga pemerintah yang kami kenal sudah kami minta bantuannya, namun kemampuan kami juga terbatas".

Hal senada juga diungkapkan Rais Syuriah Pengurus Cabang Istimewa Malaysia, Mahbubi Ali yang turut serta mengumpulkan dan menyalurkan bantuan untuk TKI di Malaysia yang sedang menjalani lockdown.

"Kondisi saudara-saudara kita yang ada di Malaysia makin memprihatinkan. Sebagian mereka hanya bertahan dengan beberapa bungkus mi instan, yang masih punya sedikit beras dimasak menjadi bubur dengan air yang banyak, hingga anak kecil yang hanya minum air mineral karena orang tuanya sudah tak mampu membeli susu," kata Mahbubi Ali.

Kondisi TKI diyakini akan semakin parah menjelang Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. "Mohon adanya tindakan segera dari pemerintah, karena jika sampai Ramadhan tidak ada perhatian serius, saya khawatir bisa terjadi krisis kemanusiaan," ujar Mahbubi Ali yang juga peneliti Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Wilayah Istimewa Malaysia.[mr/tmp]

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: TKI Kelaparan di Malaysia, Jangan-jangan Karena Perpanjangan Lockdown
TKI Kelaparan di Malaysia, Jangan-jangan Karena Perpanjangan Lockdown
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRrVBe_88ZCPVYPZVF2SX-sXP_PdE6_qGRNqP5XEsafUFfxsCOB76RtoPwk_lQlVY2bteU5CqvTCUPKUvpCGq_r4f3qWQEDwd_UKShkHTwLFPt95Bh85cddtB4nhH-GfSUANnZOsD3tMo/s640/Screenshot_041320_084617_PM.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRrVBe_88ZCPVYPZVF2SX-sXP_PdE6_qGRNqP5XEsafUFfxsCOB76RtoPwk_lQlVY2bteU5CqvTCUPKUvpCGq_r4f3qWQEDwd_UKShkHTwLFPt95Bh85cddtB4nhH-GfSUANnZOsD3tMo/s72-c/Screenshot_041320_084617_PM.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/tki-kelaparan-di-malaysia-jangan-jangan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/tki-kelaparan-di-malaysia-jangan-jangan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy