Trump Cabut Bantuan untuk WHO, Ini Respon Jerman

Baca juga:
BERLIN -- Menteri Luar Negeri (Menlu) Jerman Heiko Maas menyatakan memperkuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah salah satu investasi terbaik. Penyataan ini muncul setelah kabar Presiden Amerika Serikat Donald Trump menghentikan pendanaan untuk organisasi yang berbasis di Jenewa itu.

"Menyalahkan yang salah tidak membantu. Virus tidak mengenal batas," kata Maas melalui akun Twitter, Rabu (15/4).

Trump sebelumnya telah menyatakan akan memutuskan aliran dana untuk WHO. Dia mengatakan badan kesehatan PBB tersebut telah mempromosikan disinformasi tentang virus yang kemungkinan menyebabkan wabah yang lebih luas daripada yang seharusnya terjadi.

"Kita harus bekerja sama secara erat melawan #COVID19. Salah satu investasi terbaik adalah memperkuat @UN, khususnya @WHO yang kurang dana, misalnya untuk mengembangkan dan mendistribusikan tes dan vaksin," ujar Maas.

Jerman bukan hanya satu-satunya negara yang menyatakan dukungan kepada WHO. Uni Eropa telah mengungkapkan penyesalan atas keputusan yang diambil Trump. "Sangat menyesali keputusan AS untuk menunda pendanaan ke WHO. Tidak ada alasan membenarkan langkah ini pada saat upaya mereka dibutuhkan lebih dari sebelumnya," ujar Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan saat ini bukan waktunya untuk mengurangi sumber daya bagi WHO. "Sekarang adalah waktu untuk persatuan dan komunitas internasional untuk bekerja bersama dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan," katanya dalam sebuah pernyataan.

AS adalah pendonor terbesar bagi WHO dibandingkan dengan negara lain. Washington menyumbang lebih dari 400 juta dolar AS tahun 2019 atau sekitar 15 persen dari anggaran yang ada.(mr/rol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,397,FOKUS,172,GLOBAL,597,HIBURAN,4,IPTEK,300,KHAZANAH,122,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,469,OLAHRAGA,314,OPINI,98,OTOMOTIF,56,POLHUKAM,871,RAGAM,643,SELEBRITA,226,
ltr
item
Konfrontasi: Trump Cabut Bantuan untuk WHO, Ini Respon Jerman
Trump Cabut Bantuan untuk WHO, Ini Respon Jerman
https://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/menteri-luar-negeri-jerman-heiko-maas-berbicara-dalam-konferensi-_200217100126-741.jpg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/trump-cabut-bantuan-untuk-who-ini.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/trump-cabut-bantuan-untuk-who-ini.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy