Trump Sebut WHO Abaikan Pesan dari Taiwan Terkait Penularan Corona Antar Manusia

Baca juga:


WASHINGTON-Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengkritik sikap WHO yang mengabaikan email dari Taiwan pada bulan Desember lalu. Trump mengklaim email tersebut menjadi petunjuk bahwa WHO dan China telah menyembunyikan bukti penularan virus corona dari manusia ke manusia.

Trump telah menangguhkan dana Amerika Serikat (AS) kepada organisasi kesehatan itu dan mengatakan mereka gagal mencegah pandemi Covid-19 dengan mengedarkan data China palsu tentang ruang lingkup krisis.

"Mengapa WHO Mengabaikan email dari pejabat kesehatan Taiwan pada akhir Desember yang memperingatkan mereka tentang kemungkinan virus corona dapat ditularkan di antara manusia?" isi tweet Trump pada Jumat (17/4).

“Mengapa WHO membuat beberapa klaim tentang virus corona yang tidak akurat atau menyesatkan pada Januari dan Februari, ketika Virus menyebar secara global? Mengapa WHO menunggu selama itu mengambil tindakan tegas?” tulis Trump lagi.

Hingga 14 Januari, WHO mengatakan tidak ada bukti penularan dari manusia ke manusia oleh virus corona.

Dalam emailnya, Taiwan mengatakan, "Sumber berita hari ini menunjukkan bahwa setidaknya tujuh kasus pneumonia atipikal dilaporkan di Wuhan, China. Otoritas kesehatan mereka menjawab kepada media bahwa kasus itu diyakini bukan SARS. Namun sampelnya masih dalam pemeriksaan, dan penderita telah diisolasi untuk perawatan."

Namun, WHO tidak setuju apakah email pada 31 Desember mereferensikan penularan dari manusia ke manusia. Email itu tidak dikonfirmasi oleh China dan WHO selama berminggu-minggu.

Email Taiwan itu dikirim pada hari yang sama ketika China memberi tahu WHO tentang penyakit misterius di Wuhan.

Diketahui, Taiwan telah diblokir dari keanggotaan WHO oleh China.

Akhirnya, WHO membalas dengan mengatakan, "Kami hanya mengetahui satu email yang tidak menyebutkan penularan dari manusia ke manusia."

AS mencatat data kasus Covid-19 terbesar di dunia, dengan lebih dari 670.000 kasus dan 33.000 kematian.

Dampak dari wabah ini membuat 22 juta orang Amerika telah kehilangan pekerjaan mereka, terutama setelah ditetapkan penutupan bisnis untuk mencegah penyebaran virus.

Koordinator Satgas Virus Corona Gedung Putih, Dr. Deborah Birx mengatakan pada konferensi pers baru-baru ini bahwa data China tentang jumlah infeksi membuat para ahli percaya bahwa virus itu kurang menular, yang mengarah pada keprihatinan yang kurang dini di kalangan pejabat kesehatan, melansir Fox News.

Taiwan, yang mengambil langkah-langkah pencegahan awal, termasuk produksi masal masker wajah, hanya memiliki 395 kasus, sesuai data Universitas Johns Hopkins.(mr/rm)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,384,FOKUS,172,GLOBAL,542,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,435,OLAHRAGA,312,OPINI,89,OTOMOTIF,54,POLHUKAM,598,RAGAM,533,SELEBRITA,219,
ltr
item
Konfrontasi: Trump Sebut WHO Abaikan Pesan dari Taiwan Terkait Penularan Corona Antar Manusia
Trump Sebut WHO Abaikan Pesan dari Taiwan Terkait Penularan Corona Antar Manusia
https://lh3.googleusercontent.com/-rlqJ8tmSnwI/Xppnb3ng3_I/AAAAAAAAQCY/8h1LxKooyLMFmlMIiAEgy0BZy-lM7I9_gCLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1587176984348.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-rlqJ8tmSnwI/Xppnb3ng3_I/AAAAAAAAQCY/8h1LxKooyLMFmlMIiAEgy0BZy-lM7I9_gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1587176984348.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/trump-sebut-who-abaikan-pesan-dari.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/trump-sebut-who-abaikan-pesan-dari.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy