Zakat dan Kemasalahatan Umat

Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh pemeluk agama Islam untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima, seperti Fakir, Miskin, Fisabilillah, Ibnu Sabil, Riqab, Gharim, Mualaf, Amil Zakat.

Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan di mana bangunan Islam tidak akan tegak tanpanya.

" Islam dibangun di atas lima landasan: Syahadat bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhamad utusan Alah, menegakan sholat, menunaikan zakat, puasa ramadhon dan haji."(QS: Bukhori, Muslim). 

Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib fardhu atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat dibagi atas dua jenis: pertama, Zakat Fitrah yaitu zakat yang dikeluarkan jelang Idul Fitri pada bulan Ramadhan. Kedua, Zakat Maal yaitu zakat yang dikeluarkan seseorang muslim yang mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambngan, hasil laut, emas, perak dan sebagainya.

Zakat dan Kemaslahatan Umat

Zakat merupakan ibadah yang punya dampak ekonomi dan sosial, ibadah yang punya fungsi strategis.Kewajiban zakat atas muslim adalah di antara kebaikan Islam yang menonjol dan perhatianya terhadap urusan para pemeluknya, hal itu karena begitu banyak manfaat zakat dan betapa besar kebutuhan orang-orang fakir kepada zakat. Zakat merupakan sarana untuk membantu dalam memenuhi hajat hidup para fakir miskin, kalau harta yang melimpah itu dimanfaatkan untuk mengentaskan kemiskinan tentu akan terjalin keharmonisan dan cinta kasih antara sikaya dan si miskin. Selain itu zakat juga akan memacu pertumbuhan ekonomi pelakukanya dan berkahnya akan melimpah, membayar zakat bearti memperluas peredaran harta benda atau uang, karena ketika harta dibelanjakan maka perputarannya akan meluas dan lebih banyak pihak yang mengambil manfaat.

Rasulullah SAW  telah mengingatkan dalam sebuah Hadits, agar kita menjadi pembela kaum miskin. Tidak boleh kefakiran dibiarkan merajalela di mana-mana karena kefakiran itu sesungguhnya hanya akan menyebabkan dekatnya orang dengan kekufuran. Membiarkan kaum miskin tanpa peduli untuk membantu hanya akan mengundang kemurkaan  Allah, keberkahan hidup akan dicabut dan berbagai bencana akan datang silih berganti, seperti diungkap dalam Hadits. Betapa besar perhatian ajaran Islam terhadap kaum miskin bisa dilihat dari berbagai aturan, terutama yang berkaitan dengan harta (al-maal), di antaranya  ialah kewajiban mengeluarkan zakat dari harta yang telah memenuhi batas nishab. Peruntukan zakat diutamakan untuk kesejahteraan fakir miskin yang merupakan mustahiq utama (QS. At-Taubah (9): 60).

Tidak diragukan bahwa zakat, termasuk infak dan sedekah adalah potensi umat Islam yang sangat besar sebagai salah satu solusi masalah kemiskinan di tengah umat. Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya Allah SWT telah mewajibkan atas hartawan Muslim suatu  kewajiban zakat yang dapat menanggulangi kemiskinan. Tidaklah mungkin terjadi seorang fakir menderita kelaparan atau kekurangan pakaian, kecuali oleh  sebab kebakhilan yang ada  pada hartawan Muslim.” (HR Imam Al-Asbahani) .
__________________*Oleh: Muhammad Arsyad, S.Th.I.,M.Ud, pegiat Republic (Rephilosophy Public Community I Chapter Aceh), dan juga dosen di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Zakat dan Kemasalahatan Umat
Zakat dan Kemasalahatan Umat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKDFydfReNwMtA29xqKCnhgSCgXq_cGlKGZTCxgMSHNpMEL4p0RIf-ML6pQ0ZMJKJSOmllXZnjc9QxmoD2paa6QMTmGXPUYvbuX8nY7m2Ys1pLGWdKWVTBOEXFtkWXDhQUKfPH0SkNjoo/s640/images+-+2020-04-07T063031.135.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKDFydfReNwMtA29xqKCnhgSCgXq_cGlKGZTCxgMSHNpMEL4p0RIf-ML6pQ0ZMJKJSOmllXZnjc9QxmoD2paa6QMTmGXPUYvbuX8nY7m2Ys1pLGWdKWVTBOEXFtkWXDhQUKfPH0SkNjoo/s72-c/images+-+2020-04-07T063031.135.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/zakat-dan-kemasalahatan-umat.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/zakat-dan-kemasalahatan-umat.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy