6 Penyebab Maag yang Perlu Diwaspadai



KONFRONTASI-Penyebab maag bisa beragam. Maag sendiri adalah istilah umum untuk menggambarkan gangguan pada lambung, yang dalam dunia medis disebut dyspepsia. Gangguan maag adalah salah satu masalah yang cukup umum terjadi pada orang Indonesia.

Gejala sakit maag bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas atau sekitar ulu hati yang sifatnya berulang serta kronik. Memang, kondisi ini tidak mengancam nyawa, terutama jika belum parah. Namun dapat berlangsung terus-menerus dan akan memengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Sebenarnya penyebab maag juga semakin besar risiko karena ada beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain, karena faktor gaya hidup yang tidak sehat, faktor kondisi medis atau kesehatan, hingga faktor efek samping dari penggunaan obat tertentu.

Untuk membahas lebih jauh mengenai penyebab maag tersebut, berikut kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Kebiasaan berbaring setelah makan
Penyebab maag yang pertama terkait dengan faktor gaya hidup tidak sehat yaitu seringnya langsung berbaring setelah makan. Pasalnya, makanan membutuhkan waktu dan proses agar dapat sampai ke dalam sistem pencernaan.

Maka, berikan jeda waktu sekitar 2-3 jam setelah makan, jika memang ingin tidur. Apabila dipaksakan langsung berbaring setelah makan, maka bisa memicu asam lambung naik. Dikarenakan asam lambung yang naik inilah jadi penyebab maag.

2. Makan banyak dan cepat
Sadar atau tidak, kebiasaan makan dalam porsi yang terlalu banyak dan dengan terburu-buru, menjadi salah satu penyebab meningkatknya asam lambung hingga akhirnya menjadi penyebab maag. Itulah mengapa, sahakan untuk makan dengan porsi secukupnya atau sedikit, namun dengan frekuensi yang lebih sering dalam sehari. Perhatikan juga agar tidak makan dengan terlalu cepat apalagi terburu-buru.

3. Konsumsi alkohol berlebihan dan merokok
Kebiasaan konsumsi minuman beralkohol berlebihan ternyata juga menimbulkan iritasi sekaligus mengikis lapisan lambung sedikit demi sedikit. Akibatnya, sistem pencernaan jadi lebih rentan terhadap efek samping dari peningkatan produksi asam lambung.

Kondisi ini sering kali berakibat pada gangguan pencernaan berupa gastritis atau radang lambung, hingga nantinya jadi penyebab maag. Selain minuman beralkohol, konsumsi minuman dengan kandungan soda dan kafein juga bisa jadi penyebab maag.

Di sisi lain, penyebab maag juga bisa karena kebiasaan merokok. Merokok akan memperlambat waktu pengosongan perut yang bisa memicu kenaikan asam lambung sebagai penyebab maag.

4. Konsumsi makanan pedas, berlemak, dan berminyak
Makanan pedas dapat memicu serta memperparah kondisi kulit yang sedang bermasalah. (Foto: pixabay.com)
Makanan pedas, gorengan, serta makanan berlemak bisa meningkatkan produksi asam pada lambung. Selain itu, makanan berlemak akan membuat seseorang rentan mengalami gangguan pencernaan sebagai penyebab maag.

Asupan lemak yang berlebihan juga akan membuat proses pencernaan makanan jadi lebih lambat. Dampaknya, waktu pengosongan pada lambung juga akan jadi lebih lama dari waktu normalnya.

5. Efek samping obat
Ada jenis obat dapat menjadi penyebab maag. Seperti, obat pereda nyeri atau non-steroid anti-inflamasi yang meliputi aspirin, ibuprofen serta naproxen. Jenis obat tersebut berisiko menipisikan dinding pada lapisan lambung, sehingga membuat lambung mudah mengalami iritasi.

Kemudian, jenis obat-obatan lainnya seperti, estrogen dan kontrasepsi oral, obat steroid, obat penyakit tiroid, serta obat yang memiliki kandungan nitrat di dalamnya, atau jenis antibiotik tertentu, juga bisa menjadi penyebab maag.

6. Penyebab maag karena kondisi medis
Selain penyebab maag di atas, kondisi medis tertentu juga bisa jadi penyebab maag, antara lain:

- Radang lambung atau gastritis

Kondisi ini karena ada peradangan pada lapisan kulit di dalam lambung.

- Refluks asam lambung (GERD)

Refluks asam lambung atau GERD merupakan kondisi ketika asam lambung, yang seharusnya ada di dalam sistem pencernaan, justru naik ke atas. Hal ini berakibat pada timbulnya iritasi, nyeri hingga sensasi terbakar (heartburn) pada ulu hati, dada, serta kerongkongan.

- Radang pankres

Terjadi ketika pankreas mengalami peradangan sehingga menimbulkan infeksi, kerusakan jaringan, hingga perdarahan pada kelenjar.

- Tukak lambung

Saat adanya luka atau lubang kecil pada dinding perut.

- Kanker perut atau kanker lambung

Kanker perut bisa terjadi saat muncul pertumbuhan tumor atau sel kanker ganas pada area dinding lambung.

Gejala Sakit Maag dan Cara Mencegah Sakit Maag
Ada beberapa gejala maag yang paling umum terjadi, seperti:

- Perut kembung

- Sering bersendawa

- Cepat kenyang saat makan

- Rasa panas seperti terbakar di dada

- Rasa tidak nyaman atau nyeri di perut bagian atas (sekitar ulu hati)

Bahkan, pada beberapa kasus juga mengalami rasa mual, muntah, kehilangan nafsu makan hingga penurunan berat badan.

Lalu bagaimana cara mencegah sakit maag?

- Berhenti merokok

- Kurangi berat badan

- Menghindari stres

- Konsumsi obat maag

- Mengubah pola makan

Dengan memahami apa saja penyebab maag, gejala serta cara mengatasinya, setidaknya akan meningkatkan kualitas hidup dan menjauhkan dari kondisi tubuh yang tidak sehat.[MR/LIP6]

COMMENTS

Nama

EKBIS,557,ENGLISH,61,FEED,52,FOKUS,223,GLOBAL,1135,HIBURAN,372,IPTEK,460,NASIONAL,2082,OLAHRAGA,377,OPINI,136,RAGAM,1739,RELIGI,48,
ltr
item
Konfrontasi.com: 6 Penyebab Maag yang Perlu Diwaspadai
6 Penyebab Maag yang Perlu Diwaspadai
https://1.bp.blogspot.com/-SkrfQO55yCY/X91rGhLpa4I/AAAAAAAAbJs/r3ZPGFzOpn8JYM1yPmN1irW4w3KZxQsiACLcBGAsYHQ/w640-h312/Screenshot_121920_095309_AM.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SkrfQO55yCY/X91rGhLpa4I/AAAAAAAAbJs/r3ZPGFzOpn8JYM1yPmN1irW4w3KZxQsiACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h312/Screenshot_121920_095309_AM.jpg
Konfrontasi.com
https://web.konfrontasi.com/2020/12/6-penyebab-maag-yang-perlu-diwaspadai.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/12/6-penyebab-maag-yang-perlu-diwaspadai.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy