Amukan Puting Beliung Paksa Ratusan Warga di Demak Mengungsi


KONFRONTASI-Ketenangan warga di desa sentra pembuatan batu bata, Karangsono, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah terusik saat puting beliung tiba-tiba menerjang.

Warga yang sedang membongkar batu bata yang selesai dibakar, dipaksa lari tunggang langgang menerobos hujan badai untuk lari ke rumah tetangga untuk menyelamatkan diri dari amukan puting beliung tersebut.

Tidak ada barang yang bisa dibawa, hanya baju yang melekat di badan. Sementara, anak dan cucu hanya bisa diungsikan ke rumah tetangga atau keluarga yang ada di seberang jalan desa.

“Saya saat kejadian sedang di teras. Saya gendong cucu, saya lari lihat angin besar seperti ngamuk. Tidak lihat rumah, yang saya tahu saya harus selamatkan diri,” kata Suparti, nenek usia 55 tahun sembari melayani tetangga yang membantu membetulkan genteng rumahnya, Rabu (25/2/2021).

Saat lari ke rumah Sukardi, anaknya, warga Dusun Karangsono Krajan, Desa Karangsono, itu sempat terjatuh di lantai. Namun begitu nenek enam cucu ini mengaku bersyukur karena dirinya dan sang cucu bisa selamat karena rumah kayunya hancur berantakan.

“Atap genteng habis, Kulkas dan TV kehujanan. Bahkan kusen lengkap dengan jendela dan pintu terbang ngak tahu sekarang di mana. Saat Selasa (23/2) sore sekitar jam 15.00 angin seperti ngamuk memutar dan tidak hanya sekali, tapi datang pergi terus datang lagi,” katanya sambil terisak karena ingat ketakutan yang dialaminya.

Ketakutan yang sama dialami Sumardi. Kakek usia 65 tahun ini mengaku saat melihat pusaran puting beliung memutar mendekat ke rumahnya, dia lebih memilih lari masuk ke dalam rumah.

“Saat itu saya di teras.  Lihat angin menerbangkan batang pohon, asbes genteng dan kayu mendekat, saya lari ke dalam rumah dan pintu saya tutup saya tanah dengan badan saya. Suaranya keras dan karena kencangnya angin, pecahan genteng pun ada yang sampai menancap di dinding tembok rumah saya,” katanya.

186 Rumah Rusak

Sumardi mengaku memilih masuk ke dalam rumah lantaran rumahnya dari batu bata sehingga lebih kuat jika menahan angin kencang dibanding rumah kayu milik tetangganya. Namun begitu, untuk menghindari angin masuk dan mengangkat gentengnya pintu sengaja ditutup dan ditahan dengan badan.

Mustakim, Kepala Desa Karangsono, mengungkapkan angin puting beliung menyebabkan 186 rumah di desanya rusak. Mayoritas kerusakan bagian atap dan dinding.

“Yang rusak 186 rumah, 14 Linggan atau rumah pembakaran batu bata, tiga toko dan warung. Yang mengungsi 668 jiwa, 40 jiwa diantaranya mengungsi di balai desa dan sekolah TK,” urainya.

Warga desa, tidak ada yang luka serius dalam bencana yang berlangsung sekitar 10 menit tersebut. Namun, ada warga desa sebelah yang luka karena melintas di jalan kabupaten pada saat angin bertiup kencang.

“Ada satu keluarga terjebak di dalam rumah. Tapi selamat karena berlindung hanya Yanti mengalami luka lebam bagian kepala karena terbentur saat berlindung di dalam rumah yang roboh. Tapi, Santoso warga kecamatan tetangga mengalami luka robek di bagian kepala karena terkena galfalum yang diterbangkan angin dan saat ini sedang dirawat,” ucapnya.

Untuk penanganan pascabencana, saat ini tim gabungan BPBD, PMI, Pramuka, TNI, Polri dibantu relawan telah membuka dapur umum dan membantu warga memperbaiki kembali rumah yang rusak.(mt/lip6)

COMMENTS

Nama

EKBIS,557,ENGLISH,61,FEED,52,FOKUS,223,GLOBAL,1135,HIBURAN,372,IPTEK,460,NASIONAL,2082,OLAHRAGA,377,OPINI,136,RAGAM,1739,RELIGI,48,
ltr
item
Konfrontasi.com: Amukan Puting Beliung Paksa Ratusan Warga di Demak Mengungsi
Amukan Puting Beliung Paksa Ratusan Warga di Demak Mengungsi
https://lh3.googleusercontent.com/-Sj6iJYyMkN8/YDbripTK3yI/AAAAAAAAhjE/rS3jX2sfUfs7kKyQITSvcxCuAALZArPPwCLcBGAsYHQ/s1600/1614211975661821-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-Sj6iJYyMkN8/YDbripTK3yI/AAAAAAAAhjE/rS3jX2sfUfs7kKyQITSvcxCuAALZArPPwCLcBGAsYHQ/s72-c/1614211975661821-0.png
Konfrontasi.com
https://web.konfrontasi.com/2021/02/amukan-puting-beliung-paksa-ratusan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/02/amukan-puting-beliung-paksa-ratusan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy