Ketika Jenis Font Ungkap Skandal Korupsi Putri Eks PM Pakistan Nawaz Sharif



ISLAMABAD-Penggulingan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif pada 2017 nyatanya bukan hanya peristiwa penting di negara Asia.

Tetapi, ini berita besar bagi para penggemar tipografi.

Dilansir Globe and Mail, bagian penting dari kasus korupsi yang menyebabkan pencopotan Sharif dari kekuasaan, dipicu jenis huruf yang digunakan dalam dokumen keuangan.

Skandal yang dinamakan Fontgate itu, memang terungkap berkat font.

Di Twitter, skandal ini malah sempat disebut "Sans Sharif".

Semuanya diawali pada dokumen yang dibuat keluarga Sharif dalam upaya menjauhkan perdana menteri dari pertanyaan tentang siapa yang memiliki empat properti kelas atas London.

Dokumen itu disebut ditulis pada Februari 2006.

Tetapi penyelidik yang ditunjuk pengadilan menyimpulkan bahwa dokumen itu dipalsukan.

Mereka mencatat bahwa dokumen menggunakan font Calibri, jenis huruf berlisensi Microsoft yang belum tersedia secara komersial pada tahun itu.

Skandal pun terungkap.

"Dokumen tersebut palsu, dibuat-buat, dan tidak layak diandalkan," kata Mahkamah Agung Pakistan dalam putusannya.

Pengadilan merangkum pengajuan pengacara untuk partai oposisi Imran Khan, yang telah mengajukan petisi untuk pemecatan Sharif.

Kasus ini dimulai tahun lalu dengan pengungkapan Panama Papers, kumpulan dokumen bocor dari Mossack Fonseca, sebuah firma hukum yang menyediakan layanan keuangan lepas pantai.

Dokumen yang bocor mengungkapkan hubungan antara keluarga Sharif dan empat properti di Avenfield House, sebuah bangunan mewah di Park Lane, di jantung distrik Mayfair yang sangat kaya di London.

Properti tersebut dipegang oleh dua perusahaan lepas pantai yang berbasis di Panama.

Mahkamah Agung mendengar bahwa email dan dokumen menunjukkan bahwa pemegang saham tunggal dari kedua perusahaan itu adalah putri Sharif, Maryam.

Dia menghasilkan surat tertanggal 2 Februari 2006, yang menyatakan bahwa dia hanyalah wali dari aset tersebut, atas nama saudara laki-lakinya, Hussain.

Namun, tim investigasi yang dibentuk oleh pengadilan memerintahkan analisis forensik atas surat tersebut.

Mereka menemukan bahwa akta perwalian dibuat dalam font Calibri.

Calibri, yang dirilis oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows-nya, mulai muncul dalam versi "beta" pra-rilis pada tahun 2004 yang sedang diuji oleh para profesional.

Namun, itu tidak tersedia secara komersial sampai 31 Januari 2007, kata tim investigasi dalam laporannya.

Kasus pun terungkap berkat hal ini.(mr/kcm)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Ketika Jenis Font Ungkap Skandal Korupsi Putri Eks PM Pakistan Nawaz Sharif
Ketika Jenis Font Ungkap Skandal Korupsi Putri Eks PM Pakistan Nawaz Sharif
https://lh3.googleusercontent.com/-fx7lB1U3Q30/YaXXCBXfxdI/AAAAAAAAOqE/5hQ9r7xTDTQs78Fot2DeGQ9jtdtiAZjxACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1638258413471.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-fx7lB1U3Q30/YaXXCBXfxdI/AAAAAAAAOqE/5hQ9r7xTDTQs78Fot2DeGQ9jtdtiAZjxACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1638258413471.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/ketika-jenis-font-ungkap-skandal.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/ketika-jenis-font-ungkap-skandal.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy