RR: Pengelolaan sumber daya alam yang ugal-ugalan Ciptakan Ketidakadilan dan Bencana Lingkungan Hidup



KONFRONTASI-Isu perubahan iklim menjadi topik yang mendapat perhatian lebih bagi kaum milenial, generasi di bawah 26 tahun, di Eropa di Amerika.

Oleh karenanya, Greta Tintin Eleonora Ernman Thunberg, menjadi salah satu tokoh muda yang sangat berpengaruh karena memperjuangankan ‘climate change’.  

Demikian disampaikan Tokoh Senior Rizal Ramli di Jakarta, ditulis Rabu (16/11/2021). Dalam hal ini,Rizal Ramli (RR)  memberi ‘tagline’ baru soal  itu. Seharusnya bukan ‘climate change‘, tapi ‘climate justice‘.

“Greta itu kan masih kecil banget, tapi sangat berpengaruh, sangat dihormati, karena memang dia berjuang agar ada perlindungan terhadap ‘climate‘, agar ini diperbaiki kualitasnya,” kata dia.

Perubahan Iklim | Foto: Istimewa

“Karena akibat pengelola sumber daya alam yang abal-abal, termasuk hutan dan lain-lain itu menciptakan ‘sosial injustice‘, bencana lingkungan hidup, suhu lebih panas di beberapa provinsi, di Kalimantan banjir itu luar biasa, di Bromo itu tidak pernah banjir tapi terjadi banjir,” sambungnya.

Jadi akibat pengelolaan sumber daya alam yang ugal-ugalan menciptakan ‘sosial injustice’, bencana lingkungan,  rakyat kebanjiran, lanjutnya, rakyat kehilangan sumber pendapatan dan lain-lain.

Rizal Ramli bersama Almarhum Gus Dur | Foto: Istimewa

“Termasuk yang bekerja di tambang batubara, pekerjanya mungkin tidak ada perlindungan,” lanjut dia.

Dengan paradigma ‘climate justice‘, diharapkan isu ini bukan hanya melihat dari segi teknis saja.

“Bukan hanya segi angka begini, suhu naik berapa, ‘global warming‘ atau apa, tapi kita kaitkan dengan ‘social justice‘. Bahwa pengelolaan ‘climate‘ yang ugal-ugalan hanya menguntungkan industri, dan itu akan punya dampak sosial yang besar kepada generasi muda kita,” papar eks Tim Panel Ekonomi PBB

Bisa dalam bentuk kualitas udara yang jelek di kota-kota besar. Kalau itu terjadi, maka anak-anak muda dari kecil bisa sakit macam-macam, sakit paru-paru dan lainnya.

“Jadi jor-joran dalam industri dan kebijakan lingkungan yang tidak bersahabat itu menimbulkan ‘social injustice‘, menimbulkan masalah kesehatan dan lain lain. Karenanya, mari bersama-sama perjuangkan keadilan pengelolaan sumber daya alam,” Rizal menjelaskan.

“Caranya yaitu satu, keadilan. Bagaimana sumber daya alam itu betul untuk rakyat Indonesia sesuai dengan UUD 1945. Kedua, pengelolaan sumber data alam harus hati-hati supaya lingkungan hidup lebih baik dan tidak menimbulkan masalah sosial atau ‘social justice’,” tandas eks Menko Maritim ini.

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: RR: Pengelolaan sumber daya alam yang ugal-ugalan Ciptakan Ketidakadilan dan Bencana Lingkungan Hidup
RR: Pengelolaan sumber daya alam yang ugal-ugalan Ciptakan Ketidakadilan dan Bencana Lingkungan Hidup
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgNettlzPa5Mn0l4NqHI2ZZkHnWIOhQOhatmyo4009e3fq0EtIveXmgOzlbGC38OQRQNZPDffBNd8Ha4oBp0u_2ruXukntutmiNRGVNbr_PDge5PbC5UeKjxG1_57Vwjk7siaerOz1jq7pOH9z2SmjQz4vL5Py2E1OAq_TFVDMJZyPHI-oLfwYRwV-q3w=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgNettlzPa5Mn0l4NqHI2ZZkHnWIOhQOhatmyo4009e3fq0EtIveXmgOzlbGC38OQRQNZPDffBNd8Ha4oBp0u_2ruXukntutmiNRGVNbr_PDge5PbC5UeKjxG1_57Vwjk7siaerOz1jq7pOH9z2SmjQz4vL5Py2E1OAq_TFVDMJZyPHI-oLfwYRwV-q3w=s72-c
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/rr-pengelolaan-sumber-daya-alam-yang.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/rr-pengelolaan-sumber-daya-alam-yang.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy