Sayang Istri, Suami di India Bangun Replika Taj Mahal

NEW DELHI - Seorang suami asal India yang begitu mencintai istrinya dan berpikiran historis membangun replika Taj Mahal sebagai bentuk dari rasa cinta dan sayangnya.

Taj Mahal adalah sebuah "Monumen Cinta" yang dibangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan sebagai tempat peristirahatan terakhir istri yang begitu dicintainya Mumtaz. Bangunan yang berwarna putih itu dibangun pada abad ke-17 di Agra, Uttar Pradesh, India.

Terinsipirasi dari kisah cinta abadi itu, Anand Prakash Chouksey membangun replika Taj Mahal. Sang istri bahkan membantu berkonsultasi pada proyek Taj Mahal versinya sendiri yang berukuran sepertiga dari ukuran aslinya.

"Satu-satunya permintaan istri saya adalah ruang meditasi. Dia seorang wanita spiritual," kata pengusaha berusia 52 tahun seperti dikutip dari Gulf News, Jumat (26/11/2021).

"Dia mengatakan kubah menciptakan lingkungan yang berbeda dan ada banyak energi positif," imbuhnya.

Taj Mahal yang asli - dijuluki "tetesan air mata waktu di pipi" oleh penulis Rabindranath Tagore - berada di Agra selatan Delhi, namun replika barunya berjarak 800 kilometer di Burhanpur.

Tapi kota India tengah itu tidak lain adalah tempat di mana Mumtaz meninggal saat melahirkan anaknya yang ke-14 pada Juni 1632, setelah menemani Shah Jahan untuk memadamkan pemberontakan lokal.

Jenazah Mumtaz bahkan awalnya dimakamkan di sana juga, dan menurut penduduk setempat, Shah Jahan pada awalnya ingin membangun Taj Mahal untuknya di tepi sungai Tapti.

"Struktur tanah saat itu tidak cocok untuk membangun Taj Mahal di sini, jadi diputuskan untuk dibangun di Agra," jelas Chouksey.

Kota ini masih menjadi rumah bagi sisa-sisa istana yang bobrok tempat para bangsawan tinggal, termasuk hammam atau tempat pemandian indah yang dulu dibangun oleh Shah Jahan untuk istrinya untuk bersantai sebelum dia meninggal.

Kisah cinta Chouksey dan istrinya tidak memiliki tragedi dan membangun rumah barunya membutuhkan waktu tiga tahun atau kurang dari selusin dari waktu yang dibutuhkan untuk membangun bangunan yang menjadi inspirasinya. Biaya pembangunannya mencapai Rp2,8 miliar.

"Kami menggunakan marmer dari Makrana untuk membangun rumah, yang sama dengan yang digunakan untuk membangun Taj Mahal," ujarnya.

Chouksey berencana untuk memasang bendera India di atas kubah utama dan menambahkan simbol dari agama paling populer di India ke empat menara yang mengelilingi rumah barunya.

"Kami ingin mengirim pesan perdamaian dan kerukunan beragama. Ada banyak kebencian di sekitar. Cinta menyelesaikan semua masalah dalam hidup dan Taj Mahal adalah simbolnya," ujarnya berfilosofi.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Sayang Istri, Suami di India Bangun Replika Taj Mahal
Sayang Istri, Suami di India Bangun Replika Taj Mahal
https://lh3.googleusercontent.com/-a4pRYRFJh8s/YaDv2PDn-qI/AAAAAAAAsCI/uhnE7DBDKUsax7kMcNaCag3WjilkPxocgCLcBGAsYHQ/s1600/1637937105378291-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-a4pRYRFJh8s/YaDv2PDn-qI/AAAAAAAAsCI/uhnE7DBDKUsax7kMcNaCag3WjilkPxocgCLcBGAsYHQ/s72-c/1637937105378291-0.png
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/sayang-istri-suami-di-india-bangun.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/sayang-istri-suami-di-india-bangun.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy