Stasiun ISS Dipasangi Modul Prichal, Rusia-AS Bahas Teknis Penggunaan Bersama



KOROLYOV - NASA dan Roscosmos, Badan Penerbangan dan Antarika milik Amerika Serikat (AS) dan Rusia , mulai melakukan pembicaraan untuk penggunaan bersama Modul Prichal yang baru tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Modul Prichal sudah terpasang menghadap ke Bumi di pelabuhan dok Nauka yang merupakan laboratorium multiguna luar angkasa Rusia di ISS.

Modul Nodal Prichal dikenal sebagi Uzlovoy Module (UM), merupakan kompartemen seberat empat ton milik Rusia yang akan menjadi bagian dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Modul Prichal (dalam bahasa Rusia berarti Dermaga) adalah modul penghubung bertekanan yang berdesain seperti bentuk bola dengan enam buah port berlabuh.

Enam port terdiri dari satu port aktif untuk dapat berlabuh dengan stasiun luar angkasa, sedangkan lima port pasif dapat digunakan untuk berlabuh wahana antariksa lainnya. Bagian dalam module ini dibagi menjadi 2 zona: zona yang layak huni (tempat tinggal astronot) dan tempat peralatan dengan sistem terpasang.

Enam port docking ini akan memperluas volume layak huni stasiun ruang angkasa sebesar 14 meter kubik. Modul ini akan menggunakan salah satu pelabuhan dok untuk terhubung dengan laboratorium multiguna Nauka. 

Kepala Roscosmos Dmitry Rogozin mengatakan, Modul Prichal juga akan berfungsi sebagai prototipe untuk modul serupa pada Stasiun Layanan Orbital Rusia (ROSS) di masa depan. Modul ini akan menjadi 'sambungan' badan Antariksa Rusia.

"Ini adalah salah satu prototipe paling penting untuk membangun ROSS yang arsitekturnya akan berbeda dari ISS. NASA dan Roscosmos telah melakukan pembicaraan tentang harmonisasi standar teknis. Ini untuk memungkinkan siapa pun bisa berlabuh, tidak hanya Crew Dragon atau pesawat ruang angkasa Rusia, tetapi secara umum," kata Rogozin kepada TASS.

Modul Prichal seberat lima ton tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 26 November 2021. Modul Prichal diluncurkan dari Pangkalan Antariksa Baikonur pada 24 November 2021 dengan roket pendorong Soyuz-2.1b.

Menurut RussianSpaceWeb.com, Modul Prichal juga akan digunakan sebagai penguji arsitektur untuk permukiman yang berpotensi permanen di luar angkasa. 

Modul Perichal juga mengirimkan sekitar 700 kg berbagai kargo ke ISS, termasuk peralatan dan bahan habis pakai, pemurnian air, kontrol medis termasuk persediaan sanitasi dan higienis. Termasuk peralatan pemeliharaan dan perbaikan, serta jatah makanan standar untuk kru Ekspedisi Utama ke-66.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Stasiun ISS Dipasangi Modul Prichal, Rusia-AS Bahas Teknis Penggunaan Bersama
Stasiun ISS Dipasangi Modul Prichal, Rusia-AS Bahas Teknis Penggunaan Bersama
https://lh3.googleusercontent.com/-dSKqarTeOWs/YaRh1kKj0KI/AAAAAAAAsRw/Zstf5Cufwec4aGbkoXLht1neTzMhK_QiQCLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1638162853305.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-dSKqarTeOWs/YaRh1kKj0KI/AAAAAAAAsRw/Zstf5Cufwec4aGbkoXLht1neTzMhK_QiQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1638162853305.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/stasiun-iss-dipasangi-modul-prichal.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/stasiun-iss-dipasangi-modul-prichal.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy