Firli Dorong Preshold Nol Persen, PDIP Jabar Nilai Bisa Bikin Repot KPU


KONFRONTASI-Harapan Ketua KPK, Firli Bahuri, bahwa ambang batas pencalonan atau threshold menjadi nol persen dinilai PDI Perjuangan Jawa Barat akan memicu orang untuk berbondong-bondong mencalonkan diri sebagai kepala daerah atau legislator.

Wakil Sekretaris Internal DPD PDIP Jabar, Yunandar Rukhiadi Eka Perwira menjelaskan, berdasarkan data yang dipresentasikan Firli Bahuri ke DPRD Jabar beberapa waktu lalu, justru tidak banyak kepala daerah yang melakukan tindak pidana korupsi.

"Malah (korupsi) paling banyak dilakukan di lingkungan ASN, DPRD, dan pihak swasta. Karena itulah yang paling banyak jumlahnya sesungguhnya. Tiga besarnya itu," ungkap Yunandar dilansir RMOLJabar, Rabu (15/12).

Menurutnya, alasan yang dipaparkan Firli bahwa bahwa penyebab korupsi kepala daerah adalah biaya tinggi dari kontestasi kurang tepat. Sebab, lingkungan yang tidak memakai sistem threshold atau ambang batas tetap ada korupsi.

"Tidak tepat kalau alasannya itu. Mungkin ada alasan lain yang lebih tepat. Artinya masalah batas ambang ini harus dilihat dasar awalnya," tuturnya.

Ditambahkan Yunandar, karakter bangsa ini jika batas ambang menjadi nol persen atau diturunkan maka semua orang mencalonkan diri walaupun tidak mempunyai partai politik (parpol).

Dirinya mengaku telah bertemu dengan orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi sebagai kepala daerah tapi setelah disurvei popularitasnya kecil sekali.

"Karakternya seperti coba-coba. Jangankan elektabilitas, popularitas saja kecil. Itu ternyata banyak di kita, yang merasa sangat percaya diri bahwa dia itu cocok dan dikenal oleh masyarakat untuk menjadi kepala daerah," jelasnya.

"Budaya itu dulu yang harus dibenahi menurut saya," sambungnya.

Lebih jauh lagi, imbuh Yunandar, jika batas ambang menjadi nol persen atau diturunkan juga akan merepotkan KPU dan masyarakat karena banyaknya calon. Sehingga, cara tersebut tidak efisien bagi demokrasi.

Padahal, di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat terus melakukan efisiensi, walaupun tidak melalui sistem tetapi dengan kultur. Sehingga, Pilpres Amerika Serikat sangat realistis dengan Capres paling banyak hanya tiga kontestan walaupun terdapat ambang batas presidensial.

"Sebenarnya di Amerika partai politiknya tidak hanya Partai Republik dan Demokrat. Ada juga beberapa partai seperti Partai Independen, Hijau, dan Komunis," ucapnya.

"Tapi mereka mereka sangat realistis. Kalau memang tidak populer dan didukung partai besar ya enggak usah nyalon. Sikap seperti itu tidak ada di Indonesia. Semua orang merasa layak menjadi kepala daerah maupun presiden," demikian Yunandar. (Mr/rm)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Firli Dorong Preshold Nol Persen, PDIP Jabar Nilai Bisa Bikin Repot KPU
Firli Dorong Preshold Nol Persen, PDIP Jabar Nilai Bisa Bikin Repot KPU
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkdaR0Tg1fmmjVukrALbebrmO9vxtmgHd8oSY7ZdF8vdzldEXkzdJ-_m9PPcT3nGk0fiO3x8sT1AlcZiwhPR8QT_4nrBNN1JppF_RoYIYwwzTMxraTp04z-sPivuapoPez8qdYuKP9y0c/s1600/1639565740079178-0.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkdaR0Tg1fmmjVukrALbebrmO9vxtmgHd8oSY7ZdF8vdzldEXkzdJ-_m9PPcT3nGk0fiO3x8sT1AlcZiwhPR8QT_4nrBNN1JppF_RoYIYwwzTMxraTp04z-sPivuapoPez8qdYuKP9y0c/s72-c/1639565740079178-0.png
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/12/firli-dorong-preshold-nol-persen-pdip.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/12/firli-dorong-preshold-nol-persen-pdip.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy