Rusia Upgrade Sistem Rudal Pantsir-S1M untuk Tangkal Serangan Drone


MOSKOW - Rusia telah meningkatkan sistem rudal Pantsir-S1M untuk mendeteksi dan menghancurkan semua jenis drone musuh bahkan sebelum mereka meluncurkan proyektil. Hal itu diungkapkan pemimpin redaksi majalah Arsenal of the Fatherland Viktor Murakhovsky.

"Drone memiliki penampang radar yang rendah dan jangkauan deteksinya seringkali lebih pendek daripada jangkauan operasional persenjataan mereka. Jangkauan operasional Pantsir telah diperpanjang dan drone diidentifikasi dengan cukup jelas di dalam area pertempuran," kata pakar militer tersebut seperti dikutip dari TASS, Rabu (1/12/2021).

Namun, kata Murakhovsky, beberapa drone sangat kecil dan dilengkapi dengan motor listrik sehingga mereka sebenarnya tidak dapat dideteksi oleh tanda inframerah atau radar.

"Penggunaan perangkat optoelektronik dalam sistem pertahanan udara baru harus didasarkan tidak hanya pada termal tetapi juga kontras optik, misalnya," jelasnya.

Namun, ia menegaskan, sistem pertahanan udara baru saja tidak boleh dipandang sebagai obat mujarab.

"Langkah kontra-drone menyiratkan menciptakan pertahanan udara berlapis-lapis yang terintegrasi dengan sistem peperangan elektronik," tegas Murakhovsky.

"Perlu juga diingat bahwa bahkan drone yang cukup besar masih merupakan barang yang sangat murah dibandingkan dengan pesawat terbang dan, tentu saja, fokusnya harus pada pemotongan biaya rudal permukaan-ke-udara yang digunakan terhadap kendaraan udara murah seperti itu. Pekerjaan ini telah dilakukan dan menghasilkan pembuatan rudal ukuran kecil yang murah untuk sistem pertahanan udara Rusia lainnya bernama Tor," tambah pakar militer itu.

Direktur Industri Gugus Persenjataan di perusahaan teknologi negara Rostec Bekkhan Ozdoyev mengatakan kepada TASS pada 30 November bahwa sistem rudal/senjata permukaan-ke-udara Pantsir-S1M yang ditingkatkan mampu melawan semua jenis kendaraan udara tak berawak (UAV), termasuk serangan drone.

Wakil CEO Perusahaan Senjata Presisi Tinggi (bagian dari Rostec) Sergey Mikhailov mengatakan kepada TASS di pameran senjata internasional EDEX 2021 di Mesir pada 30 November lalu bahwa Pantsir yang ditingkatkan memiliki potensi untuk menjadi basis pertahanan udara taktis.

"Pantsir-S1M dapat digunakan sebagai dasar untuk membangun jaringan pertahanan udara modular yang efektif yang mampu melindungi setiap unit militer dari drone ukuran kecil dan serang, senjata presisi dan, tentu saja, penerbangan militer – pesawat dan helikopter. Sistem sepenuhnya mematuhi prinsip-prinsip A2/AD (anti-akses/penolakan area) saat ini (sistem pertahanan udara yang digunakan untuk mencegah musuh menembus area vital)," Mikhailov menekankan

Pantsir-S1M telah menerima rudal permukaan-ke-udara hipersonik baru yang telah meningkatkan jangkauan serangnya dari 20 km menjadi 30 km, ketinggian operasionalnya dari 15 km menjadi 18 km dan area keterlibatannya tiga kali lipat.

Bersamaan dengan rudal baru, sistem ini juga dapat menembakkan rudal peluncur Pantsir-S1. Upgrade Pantsir-S1M juga telah meningkatkan kemampuan siluman, ketahanan jamming, dan kecepatan tembakan.

Eksportir senjata negara Rusia, Rosoboronexport, menandatangani kontrak pertama pengiriman sistem rudal/senjata antipesawat Pantsir-S1M di pameran senjata internasional Angkatan Darat 2021 pada 25 Agustus.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Rusia Upgrade Sistem Rudal Pantsir-S1M untuk Tangkal Serangan Drone
Rusia Upgrade Sistem Rudal Pantsir-S1M untuk Tangkal Serangan Drone
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8dCqHeXKLHlvAfceiIuIpgGl5FZ__wTuraz8wp7ApKzBUor_GFSGGHtbeY9ZbRD3v8NOvdHCCTRfzMOlCqxLbuIBPy0EfoEh4sFV4nzpSunJYu2MBLnkhuLx8jHZPdgI1Hkzv2WhnR5A/s1600/1638368008313918-0.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8dCqHeXKLHlvAfceiIuIpgGl5FZ__wTuraz8wp7ApKzBUor_GFSGGHtbeY9ZbRD3v8NOvdHCCTRfzMOlCqxLbuIBPy0EfoEh4sFV4nzpSunJYu2MBLnkhuLx8jHZPdgI1Hkzv2WhnR5A/s72-c/1638368008313918-0.png
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/12/rusia-upgrade-sistem-rudal-pantsir-s1m.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/12/rusia-upgrade-sistem-rudal-pantsir-s1m.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy