Telkomsel Uji Coba Jaringan 5G dengan Video Call

Baca juga:
BATAM-Telkomsel akhirnya menjadi operator pertama yang berhasil menguji coba video call pertama kali dengan menggunakan teknologi telekomunikasi generasi ke-5 atau 5G. Sebelumnya operator ini juga telah menghadirkan pengalaman 5G saat Asian Games 2018.

Telkomsel mengatakan, 5G dipercaya dapat mendorong dan menjadi faktor penting untuk ekosistem Industri 4.0. Pemanfaatannya akan meningkatkan produktivitas serta efisiensi operasional segmen industri, sekaligus memperkuat daya saing bangsa.

"5G dapat mendorong Indonesia agar menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia pada 2030. Maka dari itu, teknologi ini diharapkan mampu berkontribusi dalam kemajuan perekonomian Indonesia di masa yang akan datang," ujar Acting CEO Telkomsel Heri Supriadi di Batam, Kamis 28 November 2019.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail mengatakan apresiasinya kepada Telkomsel yang telah menguji coba 5G untuk kedua kalinya. Dia berharap Indonesia bisa bersiap diri menjadi tuan rumah dalam implementasi 5G sehingga teknologi ini dapat memberikan manfaat yang maksimal, tidak hanya untuk perusahaan tapi juga untuk masyarakat dan perekonomian nasional.

"Kunci agar kita mendapatkan manfaat sebesar-besarnya adalah dengan mengedepankan inovasi sehingga investasi untuk infrastruktur teknologi baru mendatangkan multiplier effect. Kami dari Kominfo siap bekerja sama dengan Telkomsel untuk membantu agar teknologi terbaru ini menghadirkan manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan bangsa dan negara," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pos dan Penyelenggaraan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ahmad M Ramli mengatakan ekonomi digital harus tumbuh, dan salah satu unsur pentingnya adalah konektivitas seperti halnya yang dapat diberikan dari teknologi 5G, dan peran untuk menyediakan konektivitas tersebut ada di tangan Telkomsel.

Mengenai kesiapan teknologi 5G, Ramli menyebutkan hal tersebut harus diukur dari  kesiapan ekosistem dan kebutuhan masyarakat.

“Kita harus menyadari betul bahwa pembangunan infrastruktur telekomunikasi mempunyai efek yang sangat besar, maka harus didukung pula oleh pemerintah setempat sehingga sebuah kota bisa menjadi Smart City yang unggul dan saling terintegrasi untuk perkembangan ekonomi digital yang akan mendorong peningkatan perekonomian nasional," kata Ramli.

Dalam menghadirkan uji coba 5G untuk para pelaku industri, Telkomsel berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kominfo, sehingga uji coba dilakukan sesuai dengan standar 5G NR (New Radio) yang ditetapkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP), organisasi yang menyusun protokol untuk jaringan mobile.

Pada penyelenggaraan uji coba 5G di Batam ini, Telkomsel berkolaborasi dengan Ericsson. Sejumlah use-case tersebut terdiri dari Smart Air Patrol, Smart Surveillance, Immersive Collaboration, Future City Planning, 5G Call, Immersive Entertainment, Seamless Gaming, dan Industry 4.0 Enabler.

Selain itu, Telkomsel juga berhasil melakukan panggilan telepon seluler menggunakan fitur video call berbasis aplikasi pertama di Indonesia dengan menggunakan jaringan 5G, yang didukung oleh perangkat smartphone 5G dari Oppo.[mr/viva]

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,538,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,429,OLAHRAGA,312,OPINI,85,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,563,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Telkomsel Uji Coba Jaringan 5G dengan Video Call
Telkomsel Uji Coba Jaringan 5G dengan Video Call
https://4.bp.blogspot.com/-M6WeiDXJIuk/XeBC9PohtWI/AAAAAAAALoQ/s96_cMjra8UOE48xfrJoUlBp9Zo9sQB0wCK4BGAYYCw/s640/Screenshot_112919_045808_AM.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-M6WeiDXJIuk/XeBC9PohtWI/AAAAAAAALoQ/s96_cMjra8UOE48xfrJoUlBp9Zo9sQB0wCK4BGAYYCw/s72-c/Screenshot_112919_045808_AM.jpg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2019/11/telkomsel-uji-coba-jaringan-5g-dengan.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2019/11/telkomsel-uji-coba-jaringan-5g-dengan.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy