Tangani Pasien Corona, 500 Staf Medis di China Malah Ikut Terinfeksi



BEIJING - Beberapa sumber medis telah mengkonfirmasi setidaknya ada 500 staf rumah sakit di Kota Wuhan telah terinfeksi virus Corona baru yang mematikan pada pertengahan Januari.

Kondisi ini membuat rumah sakit kekurangan staf dan menyebabkan keprihatinan yang mendalam di antara petugas perawat kesehatan.

Sementara pemerintah telah melaporkan kasus-kasus individual dari petugas kesehatan yang terinfeksi, laporan itu belum memberikan gambaran lengkap, dan sumber-sumber mengatakan dokter dan perawat telah diberitahu untuk tidak membuat gambaran total ke publik.

Alasan perintah ini tidak dijelaskan, tetapi pihak berwenang telah berusaha untuk meningkatkan moral di antara staf medis garis depan, terutama setelah kematian Li Wenliang, yang meninggal oleh penyakit ini berminggu-minggu setelah ditegur oleh polisi karena memperingatkan rekan-rekannya tentang virus baru.

Sebuah slide yang beredar online, mengungkapkan skala infeksi di antara petugas medis di Wuhan. Dikatakan bahwa pada pertengahan Januari ada sekitar 500 kasus yang dikonfirmasi di antara staf rumah sakit dengan 600 orang lagi diduga.

Sebuah sumber dari sebuah rumah sakit besar di Wuhan dengan pengetahuan tentang situasi mengkonfirmasi bahwa slide itu asli. Angka-angka yang ditunjukkan pada slide juga sejalan dengan angka yang diberikan oleh dua dokter lain dari rumah sakit besar di Wuhan.

Mereka yang terinfeksi termasuk setidaknya 100 staf dari Rumah Sakit Wuhan Xiehe dan Rumah Sakit Renmin Universitas Wuhan, dengan masing-masing 50 kasus lagi dari Rumah Sakit Nomor 1 Wuhan dan Rumah Sakit Zhongnan.

Sebuah makalah penelitian yang diterbitkan oleh para dokter dari Rumah Sakit Zhongnan dalam The Journal of American Medical Association, Jumat lalu mengatakan, setidaknya 40 pekerja medis telah terinfeksi. (Baca: Ganas, Virus Corona Infeksi 40 Staf di Satu Rumah Sakit)

Selain menghambat kapasitas rumah sakit untuk menampung wabah dan merawat pasien, spesialis medis mengatakan tingkat infeksi di antara staf garis depan adalah indikator penting tentang seberapa mudah penyakit, yang telah menewaskan lebih dari 1.000 orang, dapat ditularkan dan risiko dari tertular virus di rumah sakit.

Seorang dokter dari sebuah rumah sakit besar di Wuhan, yang meminta identitasnya dirahasiakan, mengatakan bahwa perkembangan itu telah menyentuh semangat. Ia menambahkan bahwa banyak pekerja medis “hancur” ketika mereka melihat pemindaian CAT rekan-rekan yang telah terinfeksi.

"Itulah sebabnya kami telah meminta sumbangan lebih banyak dari pasokan medis, terutama pakaian jas hujan," kata seorang dokter, menggambarkan bagaimana area karantina yang disisihkan untuk pekerja medis yang sakit sekarang penuh.

"Kami telah melihat terlalu banyak rekan yang jatuh sakit karena perlindungan yang tidak memadai," imbuhnya seperti dikutip dari South China Morning Post, Selasa (11/2/2020).

Para dokter dan ahli medis mengatakan bahwa kekurangan alat pelindung, jam kerja yang terlalu lama dan juga kurangnya kesadaran tentang betapa menularnya virus merupakan faktor utama dalam sejumlah besar infeksi.

Yu Changping, seorang spesialis pernafasan dengan Rumah Sakit Renmin Universitas Wuhan, menderita demam pada 14 Januari dan kemudian dipastikan telah tertular virus itu. Ia mengatakan tidak yakin kapan terinfeksi karena merawat banyak pasien setiap hari dan kemungkinan terinfeksi tinggi.

“Virus ini terlalu menular. Kami tidak memiliki cukup pemahaman tentang virus,” ujarnya.

Yu kemudian dirawat di rumah sakit pada 17 Januari dengan kolega lain dari departemen yang sama dan masih dirawat.

Setidaknya tige pekerja kesejatan Wuhan dilaporkan telah meninggal, termasuk Li yang kasusnya memicu badai kemarahan nasional tentang upaya awal untuk menutupi wabah.

Wakil direktur departemen Li sendiri, Mei Zhongming, juga dilaporkan telah terinfeksi.

Juga tidak diketahui apakah ada pasien yang terinfeksi oleh petugas kesehatan yang sakit.

Menurut postingan Li sendiri di jaringan media sosial Weibo, dia tertular penyakit tersebut pada 8 Januari dari seorang pasien, tetapi baru mulai menunjukkan gejala dua hari kemudian. (Baca: Dokter China Whistle Blower Virus Corona Ikut Tertular)

Ian Lipkin, profesor epidemiologi John Snow di Mailman School of Public Health di Columbia University, mengatakan risiko yang dihadapi oleh petugas kesehatan sangat tinggi bahkan dengan alat pelindung.

“Alasan untuk ini adalah bahwa dokter dan petugas perawatan kesehatan memiliki hubungan yang sangat intim dengan pasien mereka, dan bahkan dengan alat pelindung diri, kadang-kadang kita menggunakannya terlambat, kadang-kadang kita terpapar secara tidak sengaja, dan upaya yang kita lakukan untuk mendukung mereka dengan cairan dan hal itu menempatkan kami pada risiko yang sangat tinggi,” katanya dalam sebuah pengarahan pada hari Minggu setelah mengunjungi China atas undangan pemerintah.

“Selain itu, orang-orang yang bekerja di pengaturan rumah sakit mungkin tertekan kekebalannya karena terus terang mereka kelelahan ... viral load yang mereka terima mungkin lebih besar,” imbuhnya.

Seorang dokter kedua dari rumah sakit besar mengatakan pekerja perawatan kesehatan juga harus menghadapi kekurangan tenaga kerja karena banyak yang jatuh sakit.

“Hanya perkiraan yang sangat kasar, 100 perawat dan dokter dapat merawat 100 tempat tidur biasa dan 16 tempat tidur ICU. Jika mereka sakit, mereka tidak hanya menempati 100 tempat tidur, tetapi staf yang mengurus 100 tempat tidur juga hilang. Itu berarti rumah sakit kehilangan kapasitas 200 tempat tidur,” urainya.

"Itulah sebabnya pihak berwenang harus terus mengirim petugas medis ke Wuhan, bukan hanya karena tidak ada tempat tidur yang cukup, tetapi karena kurangnya dokter dan perawat kesehatan untuk merawat tempat tidur yang sakit," imbuhnya.

Pihak berwenang China telah mengerahkan sekitar 10.000 staf medis tambahan untuk merawat pasien di Wuhan, pusat penyebaran, dan lebih banyak peralatan pelindung telah dikirim ke rumah sakit besar di kota itu.

Tetapi dokter garis depan memperingatkan bahwa petugas kesehatan di kota-kota lain, terutama mereka yang kurang perhatian dan persediaan, menghadapi risiko infeksi yang lebih tinggi.

"Infeksi di antara petugas perawatan kesehatan sekarang kurang serius dibandingkan pada bulan Januari," kata salah satu dokter Wuhan.

"Kekhawatiran terbesar adalah alat pelindung, tetapi selama ada alat, tidak mungkin kita akan terinfeksi," sambungnya.

Tetapi dokter itu memperingatkan bahwa situasinya mungkin lebih buruk di kota-kota lain di provinsi Hubei dan mengatakan dia telah mendengar bahwa banyak petugas kesehatan di kota tetangga Ezhou telah terinfeksi.

Cluster rumah sakit juga telah dilaporkan di berbagai negara bagian. Di provinsi pulau Hainan, komisi kesehatan setempat mengatakan seorang dokter dan perawat telah terinfeksi setelah terpapar dengan seorang pasien selama enam menit meskipun mereka mengenakan masker.

Di rumah sakit Fuxing di Beijing, enam staf medis, lima pasien dan empat pengasuh dilaporkan terinfeksi oleh seorang pasien. Sebuah sumber mengatakan presiden rumah sakit Li Dongxia telah dipecat sebagai akibatnya.

Zhang Ke, seorang dokter di rumah sakit Youan Beijing, yang mempunyai spesialisasi dalam penyakit menular, mengatakan infeksi silang antara pasien dan dokter merupakan masalah serius, terutama karena banyak bangsal rumah sakit tidak dirancang untuk menangani penyakit menular.

“Bahkan di rumah sakit yang ditunjuk, menerima dan merawat pasien cukup kacau di Wuhan. Pasien demam dilarikan ke rumah sakit dan mereka rumah sakit menjadi inkubator untuk virus karena desain mereka kurang ilmiah daripada rumah sakit penyakit menular," ujarnya.

“Selama wabah Sars pada tahun 2003, 18 persen staf medis (China) daratan dan 22 persen staf medis Hong Kong terinfeksi. Saya memperkirakan kita akan melihat 10-20 persen dari staf medis terinfeksi,” tukasnya.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Tangani Pasien Corona, 500 Staf Medis di China Malah Ikut Terinfeksi
Tangani Pasien Corona, 500 Staf Medis di China Malah Ikut Terinfeksi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEippYLFPbPrGC-8WBcOr7R6S4ZW8qMwTquUtinEwuN_lcnVbx5yStzABEpb8JSW6MHI8BAUibTDJ4VTTY8jl-y_dWsa8beg3ZjhBGBn9ONAz1mO3PQcClAtJY_cJ47L682CdoVdV8SSsvU/s1600/IMG_ORG_1581471207653.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEippYLFPbPrGC-8WBcOr7R6S4ZW8qMwTquUtinEwuN_lcnVbx5yStzABEpb8JSW6MHI8BAUibTDJ4VTTY8jl-y_dWsa8beg3ZjhBGBn9ONAz1mO3PQcClAtJY_cJ47L682CdoVdV8SSsvU/s72-c/IMG_ORG_1581471207653.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/02/tangani-pasien-corona-500-staf-medis-di.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/02/tangani-pasien-corona-500-staf-medis-di.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy