5 Keutamaan Dzikir Menurut Ibnu Al Qayyim

KONFRONTASI-Dzikir merupakan salah satu ibadah yang utama. Dzikir bermakna mengingat Allah SWT dalam segala hal dan kondisi.

Banyak keutamaan dzikir. Dalam Alquran, Allah berfirman, "Karena itu, ingatlah kalian kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepada kalian dan bersyukurlah kalian kepada-Ku serta janganlah (sekali-kali) kalian mengingkari (nikmat)-Ku." (QS al-Baqarah [2]: 152).

Dia berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya." (QS al-Ahzab [33]: 41).

Allah juga berfirman, "Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan (cara) tidak mengeraskan suara pada waktu pagi dan petang. Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai." (QS al-A'raf [7]: 205). Dia berfirman, "Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar." (QS al-Ahzab) [33]: 35).

Empat ayat tersebut sebenarnya sudah mencakup perintah berdzikir sebanyak-banyaknya, adab/ etika berdzikir sebaik-baiknya, dan fadilah berdzikir setinggi-tingginya. Tetapi, rupanya masih dipandang belum cukup jelas oleh sebagian orang. Buktinya masih saja ada yang bertanya, "Mengapa setiap orang beriman diperintahkan untuk (senantiasa) mengingat Allah?"

Ibnu Al Qayyim dalam salah satu buku karyanya menulis, fadilah dzikir itu ada 80 macam. Semuanya penting kita ketahui. Namun, agar tidak bertele-tele, kita ambil saja lima fadilah di ataranya. Apa saja?

Pertama, dzikir dapat menghilangkan kesusahan, kesedihan, dan kegundahan dari hati. Dzikir dapat menghadirkan kesenangan, kegembiraan, kekuatan, dan kehidupan ke dalam hati. Ibnu Al Qayyim berkata, "Dzikir bagi hati seperti air bagi ikan. Anda dapat bayangkan, bagaimana kondisi ikan itu bila tanpa air".

Kedua, dzikir dapat mendekatkan diri kepada Allah dan selalu merasa diawasi oleh-Nya. Dzikir dapat mendorong hati orang beriman untuk selalu kembali kepada-Nya dalam segala situasi dan kondisi.

Ketiga, dzikir dapat menjadi penyebab bagi Allah untuk selalu mengingat setiap hamba-Nya yang berdzikir kepada-Nya (QS al-Baqarah [2] : 152). Rasulullah SAW meriwayatkan firman Allah berikut, "Barang siapa mengingat-Ku dalam dirinya, (niscaya) Aku akan mengingat dia dalam diri-Ku. Dan, barang siapa mengingat-Ku dalam suatu kumpulan, (niscaya) Aku akan mengingat dia dalam suatu kumpulan yang lebih baik dari kumpulannya".

Keempat, dzikir itu ibarat makanan bergizi bagi hati dan ruh. Anda dapat bayangkan, badan dapat saja "merana" bila tanpa makanan bergizi. Demikian pula hati dan ruh.

Ibnu Al Qayyim berkata, "Suatu ketika saya mendatangi Syekh Islam Ibnu Taimiyah saat beliau sedang shalat Subuh. Setelah selesai shalat, beliau lanjutkan dengan dzikir hingga menjelang tengah hari. Lalu, beliau menoleh ke arahku, 'Inilah makan siangku. Kalau aku tidak makan siang, (tentu) energiku akan habis". Kelima, dzikir itu dapat menghadirkan ampunan dari kesalahan dan dosa.[mr/rol]

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: 5 Keutamaan Dzikir Menurut Ibnu Al Qayyim
5 Keutamaan Dzikir Menurut Ibnu Al Qayyim
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhP07yYK21WFH7Ip5JkTb3GlKZQD7sQxSNYT8guoqGJPGflyxOIBwF8kGVzyCpmXTSc7t65RCUjw56utYZr84ddQbqMHaNqm1xLXhP70PJ7C4vDd7jW_x4YkEtVfbTjjvxFnNQHbbal-iQ/s640/Screenshot_042220_052934_AM.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhP07yYK21WFH7Ip5JkTb3GlKZQD7sQxSNYT8guoqGJPGflyxOIBwF8kGVzyCpmXTSc7t65RCUjw56utYZr84ddQbqMHaNqm1xLXhP70PJ7C4vDd7jW_x4YkEtVfbTjjvxFnNQHbbal-iQ/s72-c/Screenshot_042220_052934_AM.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/5-keutamaan-dzikir-menurut-ibnu-al.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/5-keutamaan-dzikir-menurut-ibnu-al.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy