Apple dan Google Berkolaborasi Kembangkan Sistem Pelacakan Virus Corona

Baca juga:


JAKARTA- Apple dan Google bekerjasama untuk membuat sistem pelacakan virus corona (COVID-19). Sistem tersebut memungkinkan pengguna untuk berbagi data melalui transmisi Bluetooth Low Energy (BLE) dan aplikasi yang disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dilansir dari laman The Verge, Minggu (12/4/2020) applikasi resmi dari otoritas kesehatan masyarakat akan mendapatkan akses ke data ini. Nantinya, sistem akan mengingatkan pengguna lain ketika kontak dekat dengan orang terinfeksi.Pengguna yang mengunduh aplikasi diharapkan dapat melaporkan secara mandiri ketika mereka telah didiagnosis positif COVID-19.

Apple dan Google akan memperkenalkan sepasang iOS dan Android API pada pertengahan Mei dan memastikan aplikasi otoritas kesehatan ini dapat mengimplementasikannya. Dalam beberapa bulan ke depan, kedua perusahaan akan membangun fungsi penelusuran ke dalam sistem operasi yang mendasarinya, kemudian membiarkan pengguna memutuskan apakah akan berbagi informasi dengan rentang aplikasi yang lebih luas.

Pelacakan kontak adalah salah satu solusi paling menjanjikan untuk mengetahui penyebaran COVID-19. Namun privasi pengguna menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan. Awal pekan ini, Uni Kebebasan Sipil Amerika mengungkapkan kekhawatiran tentang melacak pengguna dengan data ponsel, dengan alasan bahwa sistem apa pun perlu dibatasi ruang lingkupnya dan menghindari kompromi privasi pengguna.

Namun, sistem berdasarkan bluetooth diklaim lebih aman dibandingkan misalnya pengguna harus mengaktifkan GPS. Pada dasarnya sistem akan mengambil sinyal telepon terdekat pada interval 5 menit dan menyimpan koneksi di antara mereka dalam database.

Jika satu orang dinyatakan positif terkena virus corona baru, mereka dapat memberi tahu aplikasi mereka telah terinfeksi, dan itu dapat memberi tahu orang lain yang ponselnya lewat dalam jarak dekat pada hari-hari sebelumnya.

Sistem ini juga mengambil sejumlah langkah untuk mencegah orang agar tidak diidentifikasi, bahkan setelah mereka membagikan data mereka. Sementara aplikasi memeriksa secara teratur melalui Bluetooth, informasi yang dikirimkannya adalah anonim untuk menjaga privasi.(mr/okz)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,535,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,428,OLAHRAGA,312,OPINI,85,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,555,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Apple dan Google Berkolaborasi Kembangkan Sistem Pelacakan Virus Corona
Apple dan Google Berkolaborasi Kembangkan Sistem Pelacakan Virus Corona
https://lh3.googleusercontent.com/-tXuFnb3DIn8/XpNcYahl2_I/AAAAAAAAPW0/Gw1hABipXwwuPmrZqg4NDLZkI31bynYVACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1586715699251.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-tXuFnb3DIn8/XpNcYahl2_I/AAAAAAAAPW0/Gw1hABipXwwuPmrZqg4NDLZkI31bynYVACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1586715699251.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/apple-dan-google-berkolaborasi.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/apple-dan-google-berkolaborasi.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy