Praktik Poliandri Masih Terjadi di 5 Negara Ini, Satu Wanita Bisa Punya 5 Suami


JAKARTA-Laki-laki memiliki istri lebih satu bukan hal tabu di berbagai negara karena didukung tradisi budaya dan agama. Namun, seorang wanita dengan banyak suami atau poliandri tetap menjadi tabu di hampir setiap negara.

Poliandri adalah bentuk poligami di mana seorang wanita mengambil dua atau lebih suami pada waktu yang sama.

Di kalangan orang-orang Tibet yang tinggal di Nepal, China dan India, ada praktik poliandri persaudaraan di mana dua atau lebih lelaki bersaudara menikah dengan istri yang sama. Istri tersebut memiliki "akses seksual" yang sama kepada para suami.

Mengutip data The Guardian, berikut lima negara dengan suku yang mempraktikkan poliandri:

1. Nigeria

Poliandi tidak umum umum di Nigeria. Namun, ada suku di sana yang mengizinkan praktik tersebut. Di antaranya adalah suku Irigwe di Nigeria Utara.

Di lingkungan suku Irigwe, wanita secara tradisional memperoleh banyak pasangan yang disebut "co-husbands". Orang-orang Irigwe di Nigeria mempraktikkan seorang wanita yang memiliki "co-husbands" sampai dewan mereka memutuskan untuk melarangnya pada tahun 1968.

Sampai tahun itu, wanita pindah dari rumah ke rumah, mengambil banyak pasangan, dan status ayah dari anak-anak ditugaskan kepada suami yang rumahnya ditinggali wanita itu.

2. India

Ada lebih dari satu suku yang mempraktikkan poliandri di India. Praktik ini lazim di beberapa bagian India Utara oleh Paharis di wilayah Jaunsarbawar sementara di Kinnaur, Himachal, sebagian kecil orang membenarkan dan mempraktikkan poliandri.

Sebagai keturunan Pandawa Pachi (lima bersaudara yang menjadi suami dari seorang wanita bernama Drupadi putri Raja Panchala), mereka percaya bahwa mereka harus meneruskan tradisi tersebut.

Selain mereka, suku Toda dari Nilgris, Najanad Vellala dari Travancore dan beberapa sistem kasta Nair di India Selatan juga mempraktikkan poliandri.

Sebuah survei terhadap 753 keluarga Tibet oleh Universitas Tibet pada tahun 1988 menemukan bahwa 13% mempraktikkan poliandri.

3. Kenya

Pada Agustus 2013, publik Kenya menyaksikan poliandri ketika dua pria memutuskan untuk menjadi suami dari seorang wanita yang mereka cintai.

Perlu diketahui bahwa undang-undang Kenya tidak secara eksplisit melarang Poliandri dan tindakan hukum tidak dapat diambil terhadap orang yang mempraktikkannya.

Namun, ada juga kasus poliandri yang dilaporkan di antara orang Massai di Kenya.

4. China

Praktik poliandri persaudaraan umum di antara orang-orang Tibet di Nepal bagian China dan India. Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa seorang anak dapat memiliki lebih dari satu ayah dan biasanya ketika dua atau lebih saudara laki-laki menikahi seorang wanita, mereka semua memiliki akses seksual yang sama kepadanya.

Praktik ini dianjurkan jika keluarga miskin dan tidak dapat membagi harta mereka di antara anak-anak dari ayah yang terpisah. Jadi mereka menjaga tanah pertanian kecil dan properti mereka tetap besar dengan menikah dengan wanita yang sama.

5. Amerika Selatan (Khususnya Brasil)

Poliandri juga ada di antara suku-suku di Amerika Selatan, khususnya di Brasil, ketika suku Bororo mempraktikkan poliandri sementara hingga 70 persen budaya Amazon mungkin percaya pada prinsip beberapa ayah. Tupi-Kawahib, suku asli di Brasil, juga mempraktikkan poliandri persaudaraan.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Praktik Poliandri Masih Terjadi di 5 Negara Ini, Satu Wanita Bisa Punya 5 Suami
Praktik Poliandri Masih Terjadi di 5 Negara Ini, Satu Wanita Bisa Punya 5 Suami
https://lh3.googleusercontent.com/-FemHFTppTek/YaXqG40gyZI/AAAAAAAAOrc/vzVVb92ikj4GBvsqrm8hoClSkKaBx5kJQCLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1638263260173.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-FemHFTppTek/YaXqG40gyZI/AAAAAAAAOrc/vzVVb92ikj4GBvsqrm8hoClSkKaBx5kJQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1638263260173.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/praktik-poliandri-masih-terjadi-di-5.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/praktik-poliandri-masih-terjadi-di-5.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy