Bersiap Hadapi Corona, Warga Chicago Berlomba Buat Peralatan Medis

Baca juga:
 


  CHICAGO -- Dimitri Syrkin-Nikolau sadar, pandemi virus corona sebentar lagi akan menghantam Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Sebagai pemilik kedai pizza, dampak dari penyebaran virus ini telah terasa, meski tidak sedahsyat kota New York.

Sejak 16 Maret, gubernur negara bagian telah memerintahkan semua bar dan restoran berhenti melayani pelanggan, termasuk Dimo's Pizza milik Syrkin-Nikolau. "Kita tidak bisa lagi melayani potongan kami. Ada 70 persen dari pendapatan kami," katanya.

Meski terkena dampak atas peraturan pembatasan tersebut, Syrkin-Nikolau merasa keputusan pemerintah memang perlu. Setelah kedainya tutup, aktivitas pemanggang dan membuat pizza pun terhenti, tetapi itu tidak menghentikan Syrkin-Nikolau berbuat sesuatu di tengah pandemi.

Ketika perawat dan dokter melaporkan kekurangan alat-alat pelindung diri (APD) penting seperti masker, pakaian, dan sarung tangan, dan masker N95, Syrkin-Nikolau tidak bisa tinggal diam. Dia ingin membantu mencegah kekurangan pasokan di Chicago.

"Sepertinya tidak mungkin toko pizza akan dapat menghasilkan APD, tetapi semakin saya berbicara dengan orang-orang, sepertinya dibuat-buat tetapi tidak," ujar Syrkin-Nikolau, dikutip dari BBC, Sabtu (11/4).

Setelah berkonsultasi dengan beberapa teman insinyur dan membeli lembaran akrilik besar, Syrkin-Nikolau dan stafnya mulai membuat pelindung wajah untuk petugas kesehatan. Oven pizza industri memanaskan akrilik hingga cukup lunak untuk menekuk ke bentuk yang tepat, dan kemudian melekat pada strip busa dan tali.

"Ini benar-benar proses yang sangat cepat. Entah itu slinging slice atau slinging acrylic, itu prinsip yang sama," ujar Syrkin-Nikolau.

Di seluruh penjuru kota, penduduk Chicago berlomba untuk memanfaatkan jeda waktu antara gelombang di New York dan gelombang yang akan terjadi di Chicago. Gubernur JB Pritzker mengumumkan peningkatan dalam kematian Covid-19 hingga 82 orang. Pada 9 April, ada 6.619 kasus dan 196 kematian di Chicago.

Sementara tidak ada rumah sakit besar di daerah Chicago melaporkan kekurangan pasokan, ada kekhawatiran pada rumah sakit kecil. Rumah sakit kecil yang melayani warga Chicago berpenghasilan rendah, seperti Rumah Sakit Loretto di Sisi Barat, mengatakan stok masker dan pakaian pelindung sangat rendah.

Kekhawatiran itu telah menginspirasi warga Chicago seperti Jacqueline Morano untuk melakukan segala yang mungkin untuk mengumpulkan, membuat, atau membeli APD. Dia bersama warga lain melakukan kampanye Masks for Chicago.

"Ada potensi hal-hal menjadi menakutkan. Kami adalah kota metropolis. Teks-teks yang saya dapatkan dari teman-teman saya di rumah sakit Kota New York adalah hal-hal yang tidak ingin Anda baca seumur hidup Anda," kata Morano.

Kampanye Morano telah mengumpulkan uang untuk membeli kebutuhan peralatan medis, termasuk satu juta masker N95 menggunakan salah satu kontak manufaktur pendirinya di Shenzhen, Cina. Mereka memperkirakan jumlah itu cukup untuk menutup lima rumah sakit Chicago selama dua minggu.

Gerakan Masks for Chicago telah menerima 44.150 masker dan telah memesan lebih dari 75.000  masker tambahan. Mereka berkejaran dengan kota-kota lain, bahkan negara-negara saat mencoba mengamankan pesanan.

Upaya memenuhi kebutuhan perangkat medis penting dalam merawat pasien virus corona pun sudah dipertimbangkan Haven Allen. CEO dan salah satu pendiri MHub, sebuah perusahaan manufaktur nirlaba ini menggunakan peralatan, bahan, dan insinyur yang menganggur untuk membantu rumah sakit di daerah Chicago memenuhi kebutuhan pasokan .

Proyek pertama Allen adalah membuat ventilator murah yang mudah dibuat dari bahan yang bisa dibeli orang. "Kami ingin menurunkan titik harga menjadi sekitar 350 dolar AS per unit," katanya.

Allen mengatakan, prototipe untuk ventilator akan siap pekan ini. Dia ingin menggratis dan tersedia bagi siapa saja yang ingin mereplikasinya. (mr/rol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,538,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,430,OLAHRAGA,312,OPINI,85,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,574,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Bersiap Hadapi Corona, Warga Chicago Berlomba Buat Peralatan Medis
Bersiap Hadapi Corona, Warga Chicago Berlomba Buat Peralatan Medis
https://lh3.googleusercontent.com/-OnnO5dU5Cig/XpIVCK4tqRI/AAAAAAAAPMM/ZZWi136IJ_wjbqfXSJflnmPHmmLl4yvNgCLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1586631906713.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-OnnO5dU5Cig/XpIVCK4tqRI/AAAAAAAAPMM/ZZWi136IJ_wjbqfXSJflnmPHmmLl4yvNgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1586631906713.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/bersiap-hadapi-corona-warga-chicago.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/bersiap-hadapi-corona-warga-chicago.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy