Din Syamsuddin: Pemerintah Wajib Penuhi Semua Kebutuhan Masyarakat Selama Pandemi

JAKARTA-Pergerakan Indonesia Maju (PIM) mengatakan, selama pandemi Corona atau Covid-19, pemerintah harus bisa penuhi semua kebutuhan masyarakat. Seperti menjamin keamanan, pelayanan kesehatan, penyediaan kebutuhan pokok terutama bahan makanan, penyediaan informasi yang terbuka dan pelayanan pendidikan melalui fasilitas akses internet memadai untuk masyarakat.

"Dalam melawan virus corona pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama. Pemerintah harus memenuhi semua yang dibutuhkan masyarakat. Seperti, pelayanan pendidikan melalui fasilitas akses internet memadai untuk seluruh anak didik. Bukan dengan memberi materi kursus bernilai triliunan rupiah bagi kelompok prakerja. Tidak hanya itu, keamanan, kesehatan dan penyediaan kebutuhan itu juga harus dipikirkan pemerintah," kata Ketua Umum Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (DN-PIM) Din Syamsuddin dalam video conference, Ahad (19/4).

Kata dia, pemerintah wajib memberikan perlindungan yang nyata kepada masyarakat. Anggaran negara harus lebih diprioritaskan untuk mengatasi pandemi Corona bukan untuk lainnya. Anggaran tersebut harus dipisahkan dengan anggaran perekonomian yang memang sudah menjadi program pemerintah selama ini.

"Anggaran untuk penanggulangan pandemi corona tidak boleh lebih kecil dari anggaran yang diberikan untuk stimulus ekonomi yang lebih menguntungkan kelompok pengusaha," katanya.

Selain itu, dia menambahkan rumah sakit dan tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat perlu diberi perhatian yang khusus agar mereka sebagai pejuang di garda terdepan dapat menjalankan tugas dengan baik dan selamat.

Untuk itu, Din menyarankan, pemerintah pusat dan daerah harus memelihara hubungan yang harmonis dan sinergis terkait kebijakan yang sudah ditetapkan. Sehingga, tidak menimbulkan kebingungan di dalam masyarakat akibat kebijakan yang sering berubah dan tumpang tindih.

Pemerintah perlu menata kembali koordinasi dan sinergi yang kuat di antara kementerian dan lembaga negara lainnya agar tercipta kebijakan yang seirama antara pusat dan daerah.

Sementara itu, pemerintah pusat dan daerah perlu berusaha untuk membangun rasa kepercayaan diri kepada masyarakat agar mereka tidak panik, takut dan merasa tidak ada kepastian untuk hari-hari mendatang. Tidak hanya itu, pemerintah perlu menata ulang sistem perekonomian nasional yang menjamin pemulihan kehidupan ekonomi nasional secara berkelanjutan dan mandiri sebagai upaya strategis.

"Caranya melalui perlindungan dan pengembangan ekonomi mandiri terutama mengakselerasi pembangunan ekonomi kerakyatan sesuai amanat konstitusi dan mengurangi semaksimal mungkin ketergantungan pada impor," kata dia.

Din berharap, pandemi corona ini segera pulih agar Indonesia kembali normal seperti biasa. "Saya mengajak kepada seluruh keluarga besar bangsa untuk senantiasa berdoa menurut agamanya masing- masing agar Allah Yang Maha Kuasa melindungi dan menyelamatkan Bangsa Indonesia dari malapetaka dan marabahaya," kata dia.[mr/rol]

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Din Syamsuddin: Pemerintah Wajib Penuhi Semua Kebutuhan Masyarakat Selama Pandemi
Din Syamsuddin: Pemerintah Wajib Penuhi Semua Kebutuhan Masyarakat Selama Pandemi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKCDKf7AneCFEoKEmM60J4wSA3WSfTJ2MoGIAIx9TAAmY0p-MVc9tnuk9FF5WMANzdiw-7Q7EwTzrexuJIrzgcqV_UhNDOItux1VjAug2Rphg93NCdaBoRcRoEZlGR10NMc-g8dFnnffc/s640/Screenshot_042020_092547_AM.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKCDKf7AneCFEoKEmM60J4wSA3WSfTJ2MoGIAIx9TAAmY0p-MVc9tnuk9FF5WMANzdiw-7Q7EwTzrexuJIrzgcqV_UhNDOItux1VjAug2Rphg93NCdaBoRcRoEZlGR10NMc-g8dFnnffc/s72-c/Screenshot_042020_092547_AM.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/din-syamsuddin-pemerintah-wajib-penuhi.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/din-syamsuddin-pemerintah-wajib-penuhi.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy