Kiat Jaga Kesehatan Mental Anak Selama Pandemik

Baca juga:
JAKARTA -- Semenjak dunia dinyatakan darurat pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk tetap di rumah dan menjaga jarak fisik demi mengurangi penyebaran virus. Kegiatan bersekolah dan perkantoran mulai dilakukan dari rumah, secara online.

Sebagai seorang dewasa yang sadar betul akan peran dan tanggung jawabnya di masyarakat, tentu mengerti kepentingan pembatasan fisik yang diberlakukan saat ini. Namun, apakah hal yang sama dimengerti oleh anak anak? Apakah mereka mengerti alasan dibalik tidak diperbolehkannya bertemu kakek-nenek atau teman teman mereka?

Konselor Sekolah Sinarmas World Academy, Danny Tania dan Laurensia Lindi, mengatakan bahwa pembatasan fisik ini dapat berdampak kepada mental dan emosi anak. Lalu bagaimana peran orang tua terkait hal ini?

Berikut beberapa tips dari Danny dan Lauren.

Beri pengertian Covid-19 dengan jujur
Mulailah dengan bertanya dan mencari tahu seberapa jauh anak merasakan perubahan dalam kesehariannya. Mulai jelaskan tentang mengapa perubahan yang dilakukan itu penting dan apa yang mungkin terjadi apabila perubahan yang dirasakan tidak dilakukan.

Namun Danny meminta agar orang tua menggunakan gaya bahasa yang positif dan tidak condong menakut-nakuti. Dalam memberi pengertian, pastikan fakta yang digunakan merupakan fakta dari sumber yang terpercaya, dan penting untuk mengolah fakta tersebut menggunakan kalimat sederhana yang gampang dicerna oleh si kecil.

Pembawaan diri yang positif dan semangat
Anak sangat tanggap dalam membaca emosi orang tua dan lingkungan sekitarnya. Karenanya menurut Lauren, tunjukkan kepada si kecil bahwa virus tidak merubah emosi dan perilaku orang tua.

Orang tua harus tetap menjaga energi positif saat beraktivitas sehari-hari, karena energi tersebut yang akan ditangkap oleh anak. Orang tua dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengajarkan kepentingan dan tanggung jawab individu dalam sebuah komunitas; bagaimana peran masing-masing dari kita dapat secara langsung berdampak pada virus ini.

Perkaya diri dengan ilmu parenting
Salah satu pesan penting dari UNICEF untuk orang tua disaat pandemi ini adalah untuk memperluas ilmu parenting. Hal ini menjadi sorotan UNICEF karena orang tua mengambil peran guru untuk si kecil, dan tanpa pengetahuan yang cukup, maka hal tersebut akan berdampak pada perkembangan dan emosi anak.

Perbanyak kegiatan bersama
Salah satu hal yang perlu diingat adalah dengan terjadinya pembatasan fisik ini, interaksi sosial anak menjadi sangat minim dan terbatas. Interaksi utama anak bersama orang-tuanya menjadi krusial.

Jadi, gunakanlah kesempatan ini untuk melakukan kegiatan positif bersama, seperti eksperimen sains, gerakan tarian dan nyanyian, memulai prakarya seni atau bahkan bisa mencoba hal hal baru seperti masak bersama dan belajar bercocok tanam.(mr/rol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,538,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,430,OLAHRAGA,312,OPINI,85,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,574,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Kiat Jaga Kesehatan Mental Anak Selama Pandemik
Kiat Jaga Kesehatan Mental Anak Selama Pandemik
https://lh3.googleusercontent.com/-CSicLTLoBDw/XpkUeWYbjGI/AAAAAAAAP8Q/sMCreMiPzZcb10qzUJGegQVJ-zfkrVBHACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1587090520292.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-CSicLTLoBDw/XpkUeWYbjGI/AAAAAAAAP8Q/sMCreMiPzZcb10qzUJGegQVJ-zfkrVBHACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1587090520292.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/kiat-jaga-kesehatan-mental-anak-selama.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/kiat-jaga-kesehatan-mental-anak-selama.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy