Larangan Berlebihan dalam Beribadah

KONFRONTASI-Suatu ketika, Nabi Muhammad SAW masuk ke dalam masjid. Tiba-tiba, beliau mendapati ada seutas tali yang menjulur antara dua tiang.

Beliau kemudian bertanya, "Tali apa ini?"

Seorang sahabat menjawab, "Itu tali milik Zainab. Jika ia merasa lelah berdiri dalam shalat, maka digunakannya tali itu untuk berpegangan."

Lepaskan tali itu," perintah Nabi SAW, "hendaknya kalian shalat dalam keadaan baik, dan jika lelah, maka sebaiknya tidur."

Dari kisah itu, Rasulullah SAW memberi peringatan dan teguran kepada siapapun Muslim yang berlebih-lebihan dalam melaksanakan perintah agama. Dalam perkara shalat pun, Nabi SAW memberikan panduan. Hendaknya seseorang shalat dengan kadar kemampuannya.

Jabir bin Samurah, seorang sahabat Nabi SAW, pernah memberikan kesaksian ihwal shalatnya Nabi SAW. Kata dia, "Aku telah shalat bersama Rasulullah SAW. Shalat beliau itu sedang, dan khutbahnya juga sedang."

Sedang yang dimaksudkannya ialah, bacaan beliau tidak terlalu panjang, tetapi juga tidak kelewat pendek. Sedang berarti pertengahan antara kedua titik ekstrem tersebut.

Maka, jangan berlebihan dalam beragama sampai-sampai bertindak di luar kewajaran. Pernah suatu ketika, tiga orang lelaki datang bertamu ke rumah Rasulullah SAW. Waktu itu, Nabi SAW belum datang.

Maka, ketiganya menanyakan tentang ibadah keseharian Nabi SAW kepada seorang istri beliau. Sesudah mereka mendapatkan jawaban, ada perasaan yang masih tersimpan. Bukankah Rasulullah telah diampuni dosa-dosanya oleh Allah, baik yang lalu maupun yang akan datang?

"Kalau begitu," kata si orang pertama, "aku akan shalat malam sepanjang malam."

"Aku akan puasa selamanya," ujar orang kedua menimpali.

"Adapun aku," ujar orang ketiga, "aku akan menjauhkan diri dari perempuan dan tak akan menikah.''

Setelah Rasulullah SAW datang, beliau bertanya, "Kaliankah yang telah berkata begini begitu? Demi Allah, saya lebih takut kepada Allah dan lebih bertakwa ketimbang kalian. Saya berpuasa, tetapi juga berbuka. Saya shalat malam, tetapi saya juga tidur, dan saya menikah. Maka, siapa yang membenci sunnahku, ia bukan dari umatku."(mr/rol)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Larangan Berlebihan dalam Beribadah
Larangan Berlebihan dalam Beribadah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicNlWjvWPp9BqwkfR6U85klOhHUs_LIGTXJKP4dmqf-RG19Pjx2EFGnqW_ZkOHjIItwAsKahgL_5XLUHzfCLr0y3ejhUiGV6tivnfd1cGqfx2cGfnCtrHIEGyTDCIaqGbaKfQbILP3Ll8/s1600/IMG_ORG_1587257182542.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicNlWjvWPp9BqwkfR6U85klOhHUs_LIGTXJKP4dmqf-RG19Pjx2EFGnqW_ZkOHjIItwAsKahgL_5XLUHzfCLr0y3ejhUiGV6tivnfd1cGqfx2cGfnCtrHIEGyTDCIaqGbaKfQbILP3Ll8/s72-c/IMG_ORG_1587257182542.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/larangan-berlebihan-dalam-beribadah.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/larangan-berlebihan-dalam-beribadah.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy