Mengapa Pembuluh Darah Berwarna Biru? Simak Penjelasannya!

Baca juga:

JAKARTA - Ada beberapa alasan mengapa pembuluh darah berwarna biru, padahal darah memiliki warna merah. Untuk memahami warna apa yang muncul pada pembuluh darah, Anda harus memikirkan apa yang terjadi pada panjang gelombang cahaya yang berbeda saat menyentuh kulit, seberapa jauh dapat melalui kulit, dan apa yang terjadi saat mencapai pembuluh darah.

Cahaya yang menerpa kulit manusia di siang hari pada dasarnya adalah putih, yang merupakan campuran dari semua panjang gelombang yang terlihat. Namun, untuk menjelaskan mengapa pembuluh darah terlihat biru, tergantung pada ujung spektrum merah dan biru.

Cahaya merah memiliki panjang gelombang yang panjang, berarti kecil kemungkinannya untuk dibelokkan oleh material dan dapat dengan mudah dilewati. Cahaya merah bisa menerpa cukup baik melalui kulit dan jaringan tubuh, mencapai 5-10 milimeter di bawah kulit, di mana banyak pembuluh darah berada.

Saat sampai ke pembuluh darah, cahaya merah diserap oleh hemoglobin (protein yang membuat darah kita merah). Jika Anda menyinari cahaya merah di lengan, Anda akan melihat sebagian cahaya merah terpantul kembali, dan garis gelap di mana pembuluh darah berada, karena cahaya merah terserap oleh hemoglobin.

Cahaya biru memiliki panjang gelombang pendek (sekira 475 nanometer), jauh lebih mudah dipencar atau dibelokkan daripada cahaya merah. Kemudahannya untuk terpencar itu membuatnya tidak mudah menembus jauh ke dalam kulit, sehingga ketika menyentuh kulit sebagian besar cahaya tersebut dibelokkan.

Jika Anda menyinari cahaya biru pada kulit, Anda akan melihat kulit berwarna biru dan pembuluh darah sulit ditemukan. Jika cahaya biru dan merah menyinari kulit Anda sekaligus, maka akan terdapat campuran merah, biru, dan warna lainnya yang dipantulkan kembali di lokasi yang tidak ada pembuluh darah.

Di lokasi yang ada pembuluh darah, Anda akan melihat kecenderungan warna merah yang lemah, dan lebih banyak biru dibandingkan kulit di sekitarnya. Artinya, pembuluh darah Anda akan tampak biru dibandingkan bagian kulit lain.

Menariknya, efek tersebut tergantung pada seberapa dalam dan seberapa tebal pembuluh darah manusia. Pembuluh darah yang sempit dan dekat dengan permukaan tidak akan tampak biru. Pembuluh darah biru seringkali terlihat pada orang yang berkulit pucat. Hal tersebut kemungkinan pula merupakan asal mula ungkapan "darah biru" untuk para bangsawan.(mr/okz)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,397,FOKUS,172,GLOBAL,589,HIBURAN,4,IPTEK,300,KHAZANAH,122,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,469,OLAHRAGA,314,OPINI,98,OTOMOTIF,56,POLHUKAM,822,RAGAM,625,SELEBRITA,226,
ltr
item
Konfrontasi: Mengapa Pembuluh Darah Berwarna Biru? Simak Penjelasannya!
Mengapa Pembuluh Darah Berwarna Biru? Simak Penjelasannya!
https://lh3.googleusercontent.com/-VBB-aQKRb-4/Xo-cTLF6fFI/AAAAAAAAOzQ/Z6KPQH5LXQsguu3enRU9Ec7tm5EKRB_OQCLcBGAsYHQ/s1600/1586469960885735-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-VBB-aQKRb-4/Xo-cTLF6fFI/AAAAAAAAOzQ/Z6KPQH5LXQsguu3enRU9Ec7tm5EKRB_OQCLcBGAsYHQ/s72-c/1586469960885735-0.png
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/mengapa-pembuluh-darah-berwarna-biru.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/mengapa-pembuluh-darah-berwarna-biru.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy