Protes Karantina Wilayah, Warga Lebanon Turun ke Jalan

Baca juga:
BEIRUT -- Puluhan demonstran pada Selasa (21/4) berkonvoi dari dalam mobil dan memenuhi jalanan di Beirut. Konvoi dilakukan sebagai sikap protes terhadap pemerintah atas kesulitan dan jerat kemiskinan yang dihadapi masyarakat akibat pandemi COVID-19.

Aksi itu digelar di saat anggota parlemen untuk pertama kalinya bertemu guna memutuskan kebijakan karantina wilayah demi menekan penyebaran penyakit. Warga berhamburan ke jalanan di wilayah lain di Lebanon.

Para demonstran mengibarkan bendera dan mengucapkan "revolusi", dari dalam mobil. Demonstrasi dari dalam mobil merupakan upaya warga menjaga jarak di tengah wabah penyakit.

Para demonstran berkendara dari ibu kota di Beirut menuju gedung teater untuk menemui para anggota dewan. Pertemuan anggota dewan pindah dari gedung parlemen ke gedung teater demi memastikan masing-masing pihak dapat menjaga jarak.

"Orang-orang kehilangan pekerjaan, gaji dipotong. Kami turun ke jalan karena tidak ada yang berubah sejak kami pergi, pemerintah memberi kami dua pilihan, antara kami mati kelaparan atau mati karena penyakit, setidaknya biarkan kami mati dengan menunjukkan sikap," kata Ali Haidar, seorang demonstran yang mengenakan masker kepada reuters, saat ditemui di Beirut.

Pandemi dinilai memperparah situasi di Lebanon yang telah terpuruk akibat krisis keuangan beberapa bulan sebelumnya. Warga setempat harus menghadapi jatuhnya nilai simpanan, melemahnya nilai tukar mata uang, kenaikan harga kebutuhan, serta pemecatan kerja.

Sebelum wabah, Bank Dunia sempat memprediksi 40 persen warga Lebanon akan hidup di garis kemiskinan pada akhir 2020. Proyeksi itu dinilai usang oleh menteri ekonomi Lebanon.

Masalah ekonomi di negara itu berakar pada korupsi dan pemborosan anggaran negara bertahun-tahun yang terungkap pada tahun lalu setelah rakyat mengetahui sedikitnya arus modal yang masuk. Di samping itu, krisis juga diperparah dengan aksi massa yang memprotes elite penguasa yang telah mendominasi Lebanon sejak perang saudara 1975-1990.

"Kami semua mewaspadai penyebaran virus dengan tetap berada dalam mobil, keadaan tidak kunjung membaik, kami harus bersuara, khususnya (mewakili) orang-orang di rumah yang tidak dapat bekerja dan menyediakan makanan untuk keluarganya," kata Nur Bassam, 30, seorang demonstran, saat ditemui di Beirut.

Sejak pertengahan Maret, warga Lebanon hanya dapat meninggalkan rumah untuk membeli makanan atau obat-obatan. Aturan itu diberlakukan pemerintah demi menekan penyebaran COVID-19 yang telah menginfeksi 677 orang dan menewaskan 21 orang di Lebanon.

Otoritas di Lebanon juga memberlakukan jam malam mulai pukul 20:00 sampai 05:00 waktu setempat. Pasukan keamanan dikerahkan untuk membantu pemerintah menegakkan aturan tersebut.

Di Tripoli, salah satu kota termiskin Lebanon, pengunjuk rasa berkumpul setiap malam pada beberapa hari terakhir menyuarakan sikap frustasi dan masalah kelaparan. Banyak pihak mengatakan mereka tidak dapat diam di rumah tanpa ada pekerjaan atau dukungan karena krisis ekonomi membuat mereka sulit bertahan.[mr/rol]

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,381,FOKUS,172,GLOBAL,538,HIBURAN,4,IPTEK,292,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,430,OLAHRAGA,312,OPINI,85,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,574,RAGAM,524,SELEBRITA,218,
ltr
item
Konfrontasi: Protes Karantina Wilayah, Warga Lebanon Turun ke Jalan
Protes Karantina Wilayah, Warga Lebanon Turun ke Jalan
https://2.bp.blogspot.com/-qqL4v-DaHeI/XqDFnKnzmdI/AAAAAAAAQ1U/KhwMsoDlq6Y427JMpLr3_aZCFo3kmOmEQCK4BGAYYCw/s640/Screenshot_042320_053046_AM.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-qqL4v-DaHeI/XqDFnKnzmdI/AAAAAAAAQ1U/KhwMsoDlq6Y427JMpLr3_aZCFo3kmOmEQCK4BGAYYCw/s72-c/Screenshot_042320_053046_AM.jpg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/protes-karantina-wilayah-warga-lebanon.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/protes-karantina-wilayah-warga-lebanon.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy