Ramadhan Ditunda Gara-gara Corona, Ngaco Berat!

Baca juga:
BRUSSELS -- Seorang ulama Muslim di Prancis telah menolak klaim yang viral bahwa Ramadhan akan 'ditunda' di beberapa negara Eropa dan mendesak jamaah untuk tidak membagikan laporan yang menyarankan penundaan perayaan Ramadhan tersebut.

Rumor telah menyebar di komunitas Maroko di Belgia bahwa Ramadhan dapat 'dibatalkan' atau digeser karena datangnya wabah virus corona di Eropa. Komentar yang keluar dari Mohammed Chatar, seorang presenter terkenal, disalahkan atas misinformasi setelah ia mengatakan, pihak berwenang dapat memaksa mengambil langkah untuk melindungi sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Media lokal, mengatakan klaim Tuan Chatar tersebut menyebar seperti "api" melalui media sosial (medsos) dan layanan pesan di ponsel. Abdelmoniam Boussenna, seorang imam di sebuah masjid di Roubaix yang merupakan perbatasan Prancis-Belgia, menjawab dan bertanya: "Apa otoritas misterius ini yang memiliki kapasitas untuk membatalkan atau menunda pilar keempat Islam?"

Boussenna menjelaskan, tidak ada spesialis medis yang mengatakan, menunaikan puasa dapat menyebarkan virus corona lebih cepat. "Jika para dokter atau para ahli telah menjelaskan kepada kami bahwa puasa mendukung pengembangan virus, tentu saja kami akan memikul tanggung jawab kami karena pelestarian hidup yang didahulukan," katanya dikutip dari The National.

Ramadhan di Eropa diperkirakan akan dimulai akhir pekan ini, kemungkinan pada 24 April 2020. Eksekutif Muslim Belgia telah menetapkan serangkaian pedoman untuk memastikan jamaah tetap aman selama pandemi. Ini termasuk masjid yang tetap ditutup dan orang-orang diminta untuk tidak menunggu sampai akhir hari untuk membeli makanan.

"Mengundang orang yang dicintai, teman, dan tetangga ke rumah Anda, sayangnya dilarang karena kewajiban menjaga jarak," kata sang eksekutif.

“Pertemuan orang-orang yang terkadang terbentuk setelah makan (berbuka), tidak lagi diizinkan. Selain itu, mereka yang setia yang tetap terjaga selama sebagian malam harus berhati-hati untuk menjaga perdamaian di lingkungan mereka,” begitu pesan sang eksekutif.

Pekerja yang terlibat dalam garis depan untuk mengendalikan penyebaran virus corona juga dibebaskan dari kewajiban puasa, mengingat tekanan yang mereka alami selama bekerja.

“Mari kita mengabdikan diri untuk berdoa, membaca, dan belajar tentang agama kita yang indah. Mari kita tetap terbuka untuk berdialog dan saling membantu dengan orang-orang yang memiliki keyakinan agama dan filosofis lain, bahkan jika kita sayangnya tidak memiliki kesempatan untuk berbagi dengan mereka tentang makanan cepat saji kita tahun ini, "kata Eksekutif Muslim Belgia.(mr/rol)

COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,379,FOKUS,172,GLOBAL,532,HIBURAN,4,IPTEK,291,KHAZANAH,120,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,423,OLAHRAGA,312,OPINI,83,OTOMOTIF,53,POLHUKAM,539,RAGAM,515,SELEBRITA,217,
ltr
item
Konfrontasi: Ramadhan Ditunda Gara-gara Corona, Ngaco Berat!
Ramadhan Ditunda Gara-gara Corona, Ngaco Berat!
https://lh3.googleusercontent.com/-qE3XvTsbOAM/Xp5hw9czJVI/AAAAAAAAQiE/dYFmWTq09ToyNFHGWxtR9SSHobUgN1UfACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1587438006381.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-qE3XvTsbOAM/Xp5hw9czJVI/AAAAAAAAQiE/dYFmWTq09ToyNFHGWxtR9SSHobUgN1UfACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1587438006381.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/04/ramadhan-ditunda-gara-gara-corona-ngaco.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/ramadhan-ditunda-gara-gara-corona-ngaco.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy