Rusia Bakal Pamerkan Kendaraan Penyapu Ranjau Terbaru Bernama Listva



MOSKOW - Saat parade Victory Day awal Mei mendatang, Rusia dilaporkan akan memamerkan kendaraan panyapu ranjau terbaru mereka. Dinamai Listva, kendaraan ini dikembangkan secara khusus untuk pasukan rudal strategis negara itu.

Sebelum diuji di Suriah, seperti dilansir Russia Beyond The Headline, kendaraan lapis baja terbaru ini akan melindungi sistem rudal Rusia dari ancaman ranjau.

"Militer membutuhkan penyapu ranjau untuk melindungi sistem rudal yang mahal ketika beroperasi di wilayah yang asing. Karena itu, para insinyur Rusia menciptakan mobil lapis baja yang mampu 'melihat' segala macam benda logam hingga seratus meter di depan," kata Dmitry Safonov, mantan analis militer untuk surat kabar Izvestia.

Listva, yang bisa melaju hingga 15 kilometer perjam tersebut, dapat menonaktifkan berbagai alat peledak, dan dalam beberapa kasus, bahkan meledakkan ranjau musuh dari jarak jauh.

"Jadi, gelombang elektromagnetik ditembakkan ke komponen elektronik alat peledak hingga terbakar. Akibatnya, ranjau meledak dari jarak jauh atau rusak karena semua sirkuitnya terpanggang," ucap Safonov.

Listva adalah kendaraan lapis baja ringan dengan sasis pengangkut personel lapis baja (APC). Kendaraan ini dilapisi pelindung yang mampu menahan serangan langsung senapan AK dan melindungi dari serpihan granat.

Kendaraan ini memiliki tiga kompartemen tempur. Bagian pertama menampung komandan dan pengemudi, bagian kedua untuk operator radio, yang mencari ranjau dan memindai daerah sekitarnya dan bagian ketiga untuk regu penyapu ranjau, jika sewaktu-waktu mereka perlu mematikan ranjau secara manual.

Sebagai kendaraan militer, kenyamanan sama sekali bukan sesuatu yang diperhitungkan. Sebagian besar interior Listva dipenuhi peralatan elektronik dengan bagian terbesar dipasang pada atap kendaraan dan di bagian depan di luar rangka lapis baja.

Hal ini termasuk 16 sensor yang dipasang di luar untuk menemukan objek pada jarak 100 meter dan mengirimkan informasi secara real-time ke operator di panel kontrol.

"Kendaraan ini sudah sudah siap bertugas dengan Pasukan Rudal Strategis Rusia. Nantinya, Listva akan dikirim ke Suriah dan harus membuktikan keefektifannya dengan menemukan dan membersihkan ranjau di wilayah yang berhasil direbut kembali dari kelompok militan," tukasnya.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Rusia Bakal Pamerkan Kendaraan Penyapu Ranjau Terbaru Bernama Listva
Rusia Bakal Pamerkan Kendaraan Penyapu Ranjau Terbaru Bernama Listva
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVZsJlMIrLFdRL_3jeg-m6qOTpXqXB2xpaWk_l1ewWnFIstvyvxo3lkmk37LTeinECYBU3lSY_gwL11ZnCcuGVMlvpr0rFVTHniMTxc3DgGVz_iy5dWE_rs2AhlsVP_4xwo9VVehXhaEE/s1600/IMG_ORG_1586082139629.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVZsJlMIrLFdRL_3jeg-m6qOTpXqXB2xpaWk_l1ewWnFIstvyvxo3lkmk37LTeinECYBU3lSY_gwL11ZnCcuGVMlvpr0rFVTHniMTxc3DgGVz_iy5dWE_rs2AhlsVP_4xwo9VVehXhaEE/s72-c/IMG_ORG_1586082139629.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/rusia-bakal-pamerkan-kendaraan-penyapu.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/rusia-bakal-pamerkan-kendaraan-penyapu.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy