Selandia Baru Wajibkan Karantina bagi Warga yang Baru Tiba dari Luar Negeri

WELLINGTON - Selandia Baru pada Jumat (10/4) akan mulai mewajibkan semua warga negaranya yang tiba dari luar negeri untuk menjalani karantina.

Langkah itu diambil sebagai peningkatan upaya untuk memperlambat penyebaran virus corona pada separuh pemberlakuan lockdown (karantina wilayah) empat minggu.

Lockdown di negara Pasifik berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu sudah diterapkan sejak akhir Mei.

Selain itu, status darurat nasional juga telah dinyatakan untuk menahan penularan penyakit pernapasan itu di dalam negeri.

"Tidak ada yang boleh pulang ke rumah, semuanya akan dibawa ke fasilitas yang sudah disiapkan," kata Perdana Menteri Jacinda Ardern.

Saat menggelar konferensi pers pada Kamis di Wellington, ia juga mengatakan bahwa semua warga negara asing yang masuk ke Selandia Baru disyaratkan menjalani karantina 14 hari di sebuah fasilitas yang disetujui pemerintah.

Jacinda mengadakan kabinet yang dipimpinnya akan memutuskan apakah akan memperpanjang masa pembatasan nasional tersebut pada 20 April, yakni dua hari sebelum karantina wilayah dijadwalkan berakhir.

Lockdown, kata pihak berwenang, telah mengurangi penularan virus corona di dalam negeri. Tingkat kenaikan kasus per hari terus turun secara stabil pekan ini.

Menurut catatan pada Kamis, pengidap COVID-19 di Selandia Baru bertambah sebanyak 29 orang. Angka itu merupakan yang terendah sejak 21 Maret dan menjadi tanda bahwa wabah kemungkinan berkurang sejak lockdown mulai diberlakukan 15 hari lalu. Dalam semalaman, 35 orang dinyatakan sembuh.

Selandia Baru, seperti negara tetangganya, Australia, memiliki jumlah kasus infeksi yang lebih kecil dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Laju penularan virus corona di dua negara itu telah menurun tajam dalam satu pekan terakhir ini.(mr/tar)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Selandia Baru Wajibkan Karantina bagi Warga yang Baru Tiba dari Luar Negeri
Selandia Baru Wajibkan Karantina bagi Warga yang Baru Tiba dari Luar Negeri
https://cdn.antaranews.com/cache/800x533/2020/03/23/newZ.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/selandia-baru-wajibkan-karantina-bagi.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/selandia-baru-wajibkan-karantina-bagi.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy