SLB Bina Anggita Gelar Ujian Daring dengan Whatsapp



BANTUL-Kebijakan sekolah untuk melakukan kegiatan belajar mengajar atau KBM secara online masih terus diperpanjang hingga akhir April mendatang. Alternatif penentuan kelulusan dan kenaikan siswa juga sudah diputuskan.

Dalam rangka mengikuti kebijakan sekolah daring oleh pemerintah, SLB Bina Anggita, Kanoman, Tegalpasar, Modalan, Banguntapan, Bantul menggelar ujian sekolah untuk siswa kelas 6, kelas 9, dan kelas 12 secara online.

Kepala sekolah SLB Bina Anggita Jumarsih mengatakan, ujian sekolah secara online dilaksanakan dengan cara, guru mengirimkan soal ujian melalui pesan elektronik pada aplikasi WhatsApp.

"Ini ujian akhir sekolah, bagi siswa yang mau lulus dari jenjang sekarang ini, misalnya jenjang SD, SMP, dan SMA," kata Jumarsih dilansir SuaraJogja.id, Senin (20/4/2020).

Ia mengatakan, ada rumusan tersendiri untuk menentukan kelulusan, yakni dari ujian sekolah dan penilaian harian yang juga akan diperhitungkan oleh guru.

Sementara bagi siswa lainnya yang tidak mengikuti ujian, mereka tetap melaksanakan pembelajaran secara online. Tidak jauh berbeda, pembelajaran secara online juga dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp.

Jumarsih mengatakan, ada beberapa siswa yang diberikan materi pembelajaran maupun tugas dari Lembar Kerja Siswa (LKS). Ia menyebutkan, beberapa siswanya ada yang tidak memiliki akses smartphone.

Maka dari itu, guru berinisiatif mencetak materi dan tugas siswa dari LKS untuk kemudian dikirimkan ke rumah siswa. Beberapa siswa ada juga yang mengambil tugas ke sekolah.

"Tidak semua orang tua punya akses android, ada juga yang tinggal sama kakeknya," kata Jumarsih.

Ia menyebutkan, hanya ada sebagian kecil siswa yang mengalami kendala tersebut. Mayoritas siswa lainnya sudah dapat mengikuti kebijakan sekolah online. Materi yang diberikan berupa pembiasaan, keterampilan, dan materi akademik maupun non-akademik.

Memasuki minggu kelima sekolah daring, Jumarsih menyebutkan, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti. Kendala terjadi ketika siswa autis mengalami bosan yang biasanya menyebabkan tantrum.

Terkait merebaknya wabah corona, Jumarsih menyebutkan bahwa tidak semua siswa dapat diberi pengertian mengenai kondisi yang terjadi saat ini. Mereka hanya diberikan pengetahuan-pengetahuan ringan mengenai alasan pembelajaran dari rumah.

Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), pembelajaran secara daring dinilai kurang efektif. Jumarsih menyebutkan, mereka membutuhkan permbelajaran tatap muka. Namun, kondisi saat ini memaksa pembelajaran dilakukan secara daring.

Jumarsih berharap agar seluruh siswa dan guru diberikan kesehatan selama menjalani sekolah online ini. Ia juga berharap agar wabah ini lekas berakhir, sehingga anak-anak dapat kembali belajar di sekolah.(mr/suara)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: SLB Bina Anggita Gelar Ujian Daring dengan Whatsapp
SLB Bina Anggita Gelar Ujian Daring dengan Whatsapp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTeLXHu-5r89-GLCBRZzIXKdWif9IC1DmN0PaFStVyCFVX8GDCAJUzmDlsNroyFQGLIL3BDoD0s978No2AJoMCSU7UUEhdHHJA4qXCa5_PyXc5FLMs31ff7TqqUqpViz7pa9KqFjmr4qs/s1600/IMG_ORG_1587366385482.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTeLXHu-5r89-GLCBRZzIXKdWif9IC1DmN0PaFStVyCFVX8GDCAJUzmDlsNroyFQGLIL3BDoD0s978No2AJoMCSU7UUEhdHHJA4qXCa5_PyXc5FLMs31ff7TqqUqpViz7pa9KqFjmr4qs/s72-c/IMG_ORG_1587366385482.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/slb-bina-anggita-gelar-ujian-daring.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/slb-bina-anggita-gelar-ujian-daring.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy