Tips Manfaatkan Waktu Bersama Keluarga di Rumah Selama Pandemi Corona

JAKARTA-Menurut penelitian yang dipubikasikan Canadian Center of Science and Education, penerapan kesimbangan kehidupan pekerjaan menjadikan seseorang bahagia, sehat, dan mudah mencapai kesuksesan.

Perusahaan rintisan berbasis layanan home & living di Indonesia, Dekoruma, menciptakan gerakan bertajuk #BisaDiRumah untuk melakukan berbagai aktivitas yang produktif dan positif di tengah pandemi COVID-19. PR & Media Relations of Dekoruma, Adrian Renardi Saputra, mengatakan melalui gerakan tersebut, Dekoruma mengajak masyarakat untuk menemukan keseimbangan hidup.

"Kehidupan yang semula penuh dengan hingar bingar di luar rumah kini kenyataannya berubah karena seluruh kegiatan telah berpusat di rumah masing- masing. Mayoritas masyarakat tengah membiasakan diri melakukan aktivitas produktif di rumah," jelasnya.

Menurutnya, keadaan pandemi ini secara sadar menimbulkan kebiasaan baru bagi masyarakat untuk bekerja sekaligus beraktivitas bersama keluarga secara lebih seimbang.

"Dengan kesadaran banyak aktivitas yang bisa dilakukan di rumah untuk diri sendiri dan keluarga, masyarakat diharapkan dapat menemukan keseimbangan antara work-life dan personal-life," tuturnya.

Dia menyebutkan ada banyak aktivitas bermanfaat yang dapat dilakukan baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun rumah.

Kegiatan untuk diri sendiri
Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di rumah sambil menjaga jarak fisik adalah memanjakan diri sambil bersantai. Misalnya, menggunakan masker wajah sambil menonton film favorit atau duduk di taman sambil minum teh atau kopi hangat. Me-time sangat dianjurkan agar pikiran dan tubuh lebih rileks di tengah wabah virus corona. Dengan begitu, melakukan pekerjaan dari rumah akan jauh lebih menyenangkan.

Pengembangan diri
Tubuh dan otak perlu diberi asupan melalui kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan dan produktivitas di kala beraktivitas di rumah. Berolahraga, mengambil kelas daring, mendengarkan podcast inspiratif, dan membaca buku merupakan aktivitas yang bisa dilakukan. Dengan melakukannya secara rutin, tubuh dan otak tetap terbiasa beraktivitas meskipun hanya di rumah saja.

Waktu untuk keluarga
Ada banyak aktivitas yang #BisaDiRumah lakukan bersama keluarga, mulai dari menonton dan bermain bersama, bercocok tanam, memasak dan makan bersama, hingga sekadar berkumpul untuk berbicara satu sama lain.

Sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh, berjemur di bawah sinar matahari pagi bersama keluarga juga menjadi aktivitas yang baik dilakukan untuk mendapat asupan vitamin D secara alami. Aktivitas-aktivitas ini dapat mempererat tali kasih sayang dan kekompakkan antaranggota keluarga.

Untuk ruang rumah
Aktivitas memilah barang bisa dilakukan dengan memilih barang ke dalam tiga kategori, yaitu disimpan, disumbangkan, dan dijual. Aktivitas ini bertujuan untuk mengurangi dan mengefisienkan jumlah barang sehingga rumah terasa lebih lapang. Setelah itu, lanjutkan dengan aktivitas beres-beres agar isi rumah kembali tersusun dengan rapi.

Bersihkan rumah
Rumah tentunya akan terasa lebih nyaman bila dalam keadaan bersih. Proses membersihkan rumah bisa dilakukan secara bertahap mulai dari ruangan paling ujung. Langkah ini bertujuan agar tidak mengotori ruangan lain yang sudah dibersihkan sebelumnya. Lakukan aktivitas mulai dari menyapu, mengepel, hingga mengangkat debu bersama dengan anggota keluarga agar hasil bisa lebih cepat dan maksimal.

Dengan situasi saat ini, Anda bisa melakukan langkah ekstra seperti menyemprotkan disinfektan pada area yang sering disentuh, seperti gagang pintu, saklar lampu, dan remote control di rumah.

Mendekor rumah
Setelah rumah rapi dan bersih, kegiatan untuk menata atau mendekorasi ulang rumah adalah aktivitas yang tidak kalah menyenangkan, mulai dari menghias salah satu sudut ruangan agar lebih cantik, mencari furnitur baru yang nyaman dan ergonomis, hingga mengganti layout interior rumah. Hal tersebut dapat menunjang segala aktivitas karena aktif dan produktif bisa di rumah saja. Karantina mandiri di rumah bukan berarti harus terjebak dalam kebosanan dan kesepian.[mr/tempo]

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Tips Manfaatkan Waktu Bersama Keluarga di Rumah Selama Pandemi Corona
Tips Manfaatkan Waktu Bersama Keluarga di Rumah Selama Pandemi Corona
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6oKPno3_XSKU127ImJo-ZkvqO_l-IyHlQRug8r-a-9o-kk6YDdGwAe7meiKbMoCEmg-OPQhHUocTI6j26cY7eUZgIWajDC1z6ss_5H5UXSvzc3k7vvFvYO16wa9gGA7gqM43aRFO6mmw/s640/Screenshot_041020_064930_PM.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6oKPno3_XSKU127ImJo-ZkvqO_l-IyHlQRug8r-a-9o-kk6YDdGwAe7meiKbMoCEmg-OPQhHUocTI6j26cY7eUZgIWajDC1z6ss_5H5UXSvzc3k7vvFvYO16wa9gGA7gqM43aRFO6mmw/s72-c/Screenshot_041020_064930_PM.jpg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/04/tips-manfaatkan-waktu-bersama-keluarga.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/04/tips-manfaatkan-waktu-bersama-keluarga.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy