Fahira Idris: Jangan Hanya Bicara Pancasila Tiap Hari Tapi Lupa Mengamalkannya


JAKARTA
- Pancasila menjadi perbincangan hangat atau diskursus di masyarakat belakangan ini. Bahkan, rasanya sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Di satu sisi, diskursus soal Pancasila ini sebenarnya positif karena secara konsepsi, selain sebagai living ideology, sila-sila Pancasila juga dapat diartikan sebagai living value, common denominator (pengakuan secara umum), dan pengalaman sejarah bangsa sehingga penting untuk dibicarakan.

Namun di sisi lain, perbincangan soal Pancasila juga melahirkan berbagai ekses jika diskursus diarahkan kepada siapa atau kelompok mana yang paling Pancasilais dibanding kelompok lain.

Dikatakan anggota DPD RI, Fahira Idris, sejak merdeka hingga saat ini rakyat Indonesia dalam kesehariannya secara sadar maupun tidak sadar sejatinya sudah mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Rakyat tidak lagi bicara Pancasila dalam konsep wacana, tetapi sudah dalam tindakan sehari-hari. Bagi Fahira, kader Pancasila seseorang atau suatu kelompok atau golongan dapat dilihat dari tindakannya sehari-hari.

"Saat dalam keseharian kita menjalankan perintah agama, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, selalu mengedepankan persatuan dibanding perbedaan, menjalankan hak dan kewajiban politik dan berperan serta dalam demokrasi, serta sigap membantu sesama dan saling tolong menolong, maka secara sadar atau tidak sadar kita sudah mengimplementasikan Pancasila," ujar Fahira Idris di sela-sela Sosialisasi Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, di Jakarta Utara, Selasa (8/9).

"Namun, jika tiap hari kita bicara Pancasila tetapi lupa mengamalkannya dalam kehidupannya sehari-hari, maka kadar Pancasila patut dipertanyakan," tambah Fahira Idris

Menurut Fahira, sumber dari Pancasila adalah nilai yang hidup dalam masyarakat Indonesia yang kemudian digali oleh para pendiri bangsa untuk dijadikan dasar negara.

Oleh karena itu, sejak dulu, saat ini, dan di masa mendatang Pancasila harus dipandang dan dipahami sebagai simpul pemersatu sehingga tidak boleh menjadi dominasi golongan atau kelompok tertentu.

Pancasila adalah ikatan emosional bagi rakyat Indonesia sebagai sebuah bangsa. Karena menjadi ikatan emosional inilah Pancasila sudah ada ada di hati, pikiran, dan tindakan seluruh rakyat.

Dinamika dan diskursus soal Pancasila, lanjut Fahira, pasti terjadi. Untuk itulah negara harus sigap menyediakan sebuah kondisi atau ekosistem untuk menyemai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat dan menjadikannya sebagai sebuah ikatan emosional antarmasyarakat.

"Hadirkan sebanyak mungkin ruang-ruang diskusi yang konstruktif mengenai Pancasila yang direlasikan dengan kehidupan sehari-hari," pungkas Senator Jakarta ini. (Rmol)


COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Fahira Idris: Jangan Hanya Bicara Pancasila Tiap Hari Tapi Lupa Mengamalkannya
Fahira Idris: Jangan Hanya Bicara Pancasila Tiap Hari Tapi Lupa Mengamalkannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbSPBYETU_qkUPsDexaDQG8Hw96e6XJhSTVvABw3ohxN48sco_YMmhdlzsBcvQYGWfvCoIUVu3-wGsf8y_cU_nB5mSphzfOJrgRQTElvklmCHVaAbgGJtqQM8xjfMLQjRsQsAbRvZ6OY0/s640/228264_02285909092020_fahira_idris-kursi_kuning_net.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbSPBYETU_qkUPsDexaDQG8Hw96e6XJhSTVvABw3ohxN48sco_YMmhdlzsBcvQYGWfvCoIUVu3-wGsf8y_cU_nB5mSphzfOJrgRQTElvklmCHVaAbgGJtqQM8xjfMLQjRsQsAbRvZ6OY0/s72-c/228264_02285909092020_fahira_idris-kursi_kuning_net.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/09/fahira-idris-jangan-hanya-bicara.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/09/fahira-idris-jangan-hanya-bicara.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy