Infeksi Covid-19 Trump Diduga Sudah Cukup Parah


AMERIKA - Sejumlah dokter mengatakan fakta bahwa Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump telah mulai menggunakan deksametason. Ini adalah bukti terkuat kalau kasusnya mungkin sudah masuk kategori parah. Deksametason adalah steroid generik yang banyak digunakan untuk mengurangi peradangan.

Asosiasi Penyakit Menular Amerika mengatakan, deksametason bermanfaat pada orang dengan Covid-19 kritis atau parah yang membutuhkan oksigen ekstra. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa obat tersebut tidak membantu dan bahkan mungkin berbahaya pada orang dengan kasus penyakit yang lebih ringan.

Tim medis pada hari Minggu mengatakan, Trump memulai terapi steroid setelah mengalami tingkat oksigen yang rendah, tetapi kondisinya membaik dan dia sudah diizinkan untuk keluar dari rumah sakit. (Baca juga: Nasihat Mahfud MD soal Donald Trump Dinilai Bagus untuk Pejabat RI)

"Apa yang saya dengar dalam uraian konferensi pers menunjukkan bahwa Trump memiliki penyakit yang lebih parah daripada gambaran yang secara umum optimis," kata Daniel McQuillen, spesialis penyakit menular di Lahey Hospital & Medical Center di Burlington, Massachusetts, seperti dilansir Channel News Asia pada Senin (5/10/2020).

Amesh Adalja, spesialis penyakit menular di Universitas Johns Hopkins mengatakan, meski kondisi Trump saat ini sudah terlihat membaik, namun masa-masa kritis masih belum lewat. Menurutnya, ada kemungkinan kondisi Trump bisa tiba-tiba memburuk.

"Kami memberikan deksametason kepada pasien yang membutuhkan oksigen tambahan. Jika Trump tidak lagi membutuhkan oksigen tambahan dan dapat kembali ke aktivitas normalnya, dokternya dapat mengeluarkannya dari rumah sakit. Pertanyaan terbesarnya adalah apakah ada risiko kemunduran, atau apakah dia menuju arah yang baik," ungkapnya.

Covid-19 sering dicirikan memiliki dua fase, infeksi virus itu sendiri dan dalam beberapa kasus reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan organ. "Orang-orang seperti putter sampai seminggu, kemudian semuanya menurun dengan sangat cepat. Itu selalu sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi," ungkap Cohen.

Dokter mengatakan, pasien CovidD-19 yang memiliki respons yang baik terhadap pengobatan dapat meninggalkan rumah sakit relatif lebih cepat, tetapi mereka tetap perlu diawasi secara ketat.

"Beberapa orang dengan Covid-19 mengembangkan gejala yang memburuk, sesak napas dan komplikasi lain sekitar seminggu setelah mereka pertama kali mengalami gejala," kata Rajesh Gandhi, seorang dokter penyakit menular di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston. (Baca juga: Kondisi Trump Membaik, Mata Uang Garuda Bakal Mengepak)

David Battinelli, kepala petugas medis di New York's Northwell Health mengatakan, sepenuhnya masuk akal bahwa Trump telah dizinkan keluar dari rumah sakit. Tetapi, dia memperingatkan bahwa pemulihan penuh akan memakan waktu.

"Sangat tidak mungkin baginya untuk keluar dan sekitar, dan mengikuti kampanye dalam waktu kurang dari 14 hari," katanya. (*)


COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Infeksi Covid-19 Trump Diduga Sudah Cukup Parah
Infeksi Covid-19 Trump Diduga Sudah Cukup Parah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2DA2ICoB1oM57WBfyXMKtj7Wc7GF8KUaEFU4nyl3fa9J7EuAJHB72HARwcG7kAcHb2711xULUIUzF905urWGpyeDSA6jrp5VVxmrsoPPlxNdbEsXQ-3IQ8vXI5WPvp4bSya4zK5IXO2E/w640-h426/dokter-duga-infeksi-covid19-trump-sudah-cukup-parah-vlu.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2DA2ICoB1oM57WBfyXMKtj7Wc7GF8KUaEFU4nyl3fa9J7EuAJHB72HARwcG7kAcHb2711xULUIUzF905urWGpyeDSA6jrp5VVxmrsoPPlxNdbEsXQ-3IQ8vXI5WPvp4bSya4zK5IXO2E/s72-w640-c-h426/dokter-duga-infeksi-covid19-trump-sudah-cukup-parah-vlu.JPG
WEB
https://web.konfrontasi.com/2020/10/infeksi-covid-19-trump-diduga-sudah.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/10/infeksi-covid-19-trump-diduga-sudah.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy