Ini Respon 9 Parpol Senayan Soal Tagar #Anies4PresidenRI2024

Baca juga:
 JAKARTA -  Tagar Anies4PresidenRI2024 digaungkan FPI. Partai-partai di Senayan bersuara. Apa kata mereka?

FPI mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang disebut sedang salat Magrib, saat diklarifikasi kasus kerumunan massa Habib Rizieq Syihab. FPI menuliskan hashtag Anies4PresidenRI2024 dalam unggahannya.

"#Anies4PresidenRI2024. Gasssss..... Guncang Istana!" tulis akun DPP FPI, @DPPFPI_ID, seperti dilihat detikcom, Rabu (18/11).

Wakil Sekretaris Umum sekaligus kuasa hukum FPI, Aziz Yanuar, menyebut tweet tersebut bukanlah dukungan resmi untuk Anies maju pada Pilpres 2024.

"Kalau misalnya dukungan itu, hashtag itu kan belum resmi, tapi kalau keinginan, boleh dong. Ada orang diperlakukan tidak adil, sikapnya baik, ya kita dukung jadi presiden, sah-sah saja. Itu bagian dari dinamika media sosial namanya," ucap Aziz saat dimintai konfirmasi.

Aziz kemudian menyampaikan kriteria presiden yang bisa didukung FPI. Siapa pun, bukan hanya Anies yang punya peluang didukung oleh FPI.

"Siapa pun itu ya, tapi sosok yang santun, sabar, udah begitu didukung oleh umat, karena mengayomi warganya. Siapa pun itu, mau Anies (atau siapa pun)," ujarnya.

Partai-partai yang duduk di DPR menanggapi tagar Anies4PresidenRI2024 ini. Mulai dari PDIP hingga PKS menanggapi. Berikut ini rangkumannya:

1. PDIP

Politikus PDIP Hendrawan Supratikno merespons unggahan FPI yang menyertakan tagar Anies4PresidenRI2024. Hendrawan menyarankan FPI mendirikan partai politik untuk mengakomodasi aspirasi mereka.

"Itu yang berkali-kali saya sampaikan, supaya FPI mendirikan parpol agar partisipasi politiknya lebih mudah diakomodasi dalam sistem demokrasi kita," kata Hendrawan.

2. Gerindra

Legislator dari Partai Gerindra Andre Rosiade menilai Anies Baswedan saat ini masih berfokus menjalankan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta. Andre yakin Anies akan menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga 2022 bersama wakilnya, Ahmad Riza Patria.

"Bicara hashtag Anies presiden, ya sekali lagi itu hak FPI. Silakan saja, monggo, itu bagian dari demokrasi," ujar Andre yang juga anggota Dewan Pembina Gerindra itu.

3. Golkar

Golkar menanggapi santai soal hashtag Anies4PresidenRI2024 yang digaungkan Front Pembela Islam. Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut pilpres masih lama.

"Saya kira itu sah-sah saja, walaupun pilpres masih lama. Tapi kalau ada orang yang mau mencalonkan atau declare itu kan tidak ada yang melarang, tidak ada pelanggaran hukum di sana, kan banyak Giring juga mendaftarkan diri sebagai presiden kan," ujar Doli.

4. NasDem

NasDem menilai sah-sah saja FPI mempopulerkan Anies4PresidenRI2024. Waketum NasDem Ahmad Ali tak menampik Anies punya kans menjadi capres. Namun, sebut dia, tetap harus ada partai yang mengusungnya.

Sekadar informasi, Anies merupakan salah satu pendiri ormas NasDem. Lantas apakah NasDem berencana mengusung Anies?

"Kalau NasDem sendiri, kemarin Ketum menyampaikan kalau kami akan melaksanakan konvensi. Lalu NasDem juga tidak cukup untuk melakukan sendiri, tapi juga akan berkoalisi dengan parpol lain. Kita belum mendiskusikan itu, karena kita sudah memutuskan untuk melakukan konvensi," papar Ali.

5. PKB

Waketum PKB Faisol Riza mengatakan FPI tengah menopang popularitas Anies. Meski begitu, Faisol mengapresiasi jika FPI punya hasrat mengusung Anies sebagai capres di periode pemerintahan mendatang. Dia lantas menyarankan FPI bertransformasi jadi partai politik.

"FPI memanfaatkan Anies, menopang popularitas Anies," kata Faisol.

6. PKS

PKS menyoroti tagar Anies4Presiden2024 yang diunggah FPI di media sosialnya. Elite PKS Mardani Ali Sera menilai tagar Anies4Presiden2024 bisa jadi sebagai bentuk simpati FPI terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan karena dipanggil polisi di kasus kerumunan acara Habib Rizieq Syihab.

"Figur yang dipersepsi dizalimi biasanya dapat simpati. Bisa jadi Mas Anies dapat simpati setelah pemanggilan kemarin," kata Mardani.

7. Partai Demokrat

Waketum Partai Demokrat Marwan Cik Asan menilai FPI bebas mengusulkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ataupun Habib Rizieq Syihab untuk menjadi Presiden RI. Menurut Marwan, saat ini Anies sebagai Gubernur DKI memiliki prioritas utama untuk menunaikan tanggung jawabnya. Terlebih, pandemi COVID-19 masih berlangsung di Jakarta.

"Saya pikir itu haknya FPI, mau mendorong Anies, HRS, atau siapa pun. Kan negara kita melindungi kebebasan menyampaikan pendapat sesuai konstitusi dasar," ujar Marwan.

"Itu tergantung Pak Aniesnya, tapi sebagai gubernur yang masih menjabat tentu prioritas utamanya adalah menunaikan tanggung saat ini. Apalagi situasi pandemi COVID-19 yang buat perhatian ekstra dari gubernur," imbuhnya.

8. PAN

PAN meminta Gubernur Anies DKI Jakarta tidak 'gede rasa' atau GR akan hal itu. Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay meminta Anies tetap fokus sebagai Gubernur DKI untuk melayani masyarakat. Sebab, masyarakat menanti janji kampanye Anies saat mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Saya berharap Pak Anies baswedan jangan GR juga ketika ada hashtag seperti itu," kata Saleh.

9. PPP

PPP menilai sebaiknya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak diganggu karena Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih lama.

"Pilpres masih lama, sebaiknya Anies tidak diganggu-ganggu untuk urusan pilpres," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek).

Awiek menilai Anies masih harus menuntaskan tanggung jawabnya untuk memimpin DKI Jakarta. Menurutnya, jika Anies lolos dalam mengemban tugasnya, baru bisa didorong untuk maju kontestasi Pilpres 2024.(dtk)



COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,397,FOKUS,172,GLOBAL,589,HIBURAN,4,IPTEK,300,KHAZANAH,122,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,469,OLAHRAGA,314,OPINI,98,OTOMOTIF,56,POLHUKAM,831,RAGAM,628,SELEBRITA,226,
ltr
item
Konfrontasi: Ini Respon 9 Parpol Senayan Soal Tagar #Anies4PresidenRI2024
Ini Respon 9 Parpol Senayan Soal Tagar #Anies4PresidenRI2024
https://lh3.googleusercontent.com/-47cA3aUbgYY/X7cW3Q7zUVI/AAAAAAAAX44/wSVVRRDecq45hD6VAuQqKcd45iCtlpU-wCLcBGAsYHQ/s1600/1605834458134390-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-47cA3aUbgYY/X7cW3Q7zUVI/AAAAAAAAX44/wSVVRRDecq45hD6VAuQqKcd45iCtlpU-wCLcBGAsYHQ/s72-c/1605834458134390-0.png
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/11/ini-respon-9-parpol-senayan-soal-tagar.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/11/ini-respon-9-parpol-senayan-soal-tagar.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy