PAN Anggap Pemuatan Soal 'Anies Diejek Mega' Dalam Ujian Sekolah Kurang Bijak

Baca juga:


KONFRONTASI- Soal ujian sekolah di DKI Jakarta memuat pertanyaan 'Anies Diejek Mega'. Menurut Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, menyertakan nama tokoh politik di soal ujian adalah tindakan yang kurang bijak.

Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman Rahman Rakinda awalnya menilai secara objektif soal tersebut. Dia kemudian menjelaskan penggunaan tokoh dalam kalimat.

"Secara objektif pertanyaan soal sedang menguji kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa mengenai unsur-unsur dalam (intrinsik). Dalam satu cerita kita mengenal 6 unsur cerita; tema, tokoh, watak, alur, sering dan amanat atau pesan moral dalam cerita. Dari cerita tersebut siswa diharapkan mampu memahami watak tokoh yang menjadi pesan moral," kata Oman kepada wartawan, Sabtu (12/12/2020).

"Ya itu mungkin pelajaran agama, ini kita mencoba menganalisanya dari sisi bahasa Indonesia," katanya.

Pada soal tersebut berbunyi 'Anies selalu diejek Mega karena memakai sepatu yang sangat kusam. Walaupun demikian Anies tidak pernah marah. Perilaku Anies merupakan contoh...'

Oman menilai penyebutan nama itu memang menuntun kepada tokoh politik. Pada saat itulah Oman menilai soal ujian ini kurang bijak ketika menggunakan nama tokoh politik.

"Nah, dalam penyebutan tokoh ini yang akan menuntun orang yang membaca berasosiasi terhadap tokoh politik yang kebetulan ada kesamaan dengan nama Gubernur DKI Jakarta saat ini dan nama Ibu Megawati Sukarno Putri Ketua Umum PDIP," kata dia.

"Jadi tidak ada yang salah dengan soal tersebut, hanya dalam konteks asosiasi politik jadi kurang bijak," katanya.

Selain itu, Oman juga mendukung Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang menegur pihak pembuat soal. Dia kembali menegaskan bahwa penyebutan nama tokoh pada soal ujian adalah tindakan kurang bijak.

"Yang dilakukan Disdik sudah bagus, karena dalam konteks realitas saat ini menjadi kurang bijak," katanya.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebelumnya membenarkan bahwa soal ujian 'Anies Diejek Mega' ada di DKI Jakarta. Disdik DKI pun telah menegur pihak yang membuat soal.

"Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau kepada guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu dan telah mengarahkan Guru yang membuat soal ujian sekolah tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana melalui rilis di situs PPID DKI Jakarta, Sabtu (12/12).(dtk)



COMMENTS

Loading...

Share

Loading...
Nama

BUMN,26,EKBIS,397,FOKUS,172,GLOBAL,714,HIBURAN,4,IPTEK,300,KHAZANAH,122,KRIMINAL,137,LIFESTYLE,65,NASIONAL,469,OLAHRAGA,314,OPINI,98,OTOMOTIF,56,POLHUKAM,969,RAGAM,793,SELEBRITA,226,
ltr
item
Konfrontasi: PAN Anggap Pemuatan Soal 'Anies Diejek Mega' Dalam Ujian Sekolah Kurang Bijak
PAN Anggap Pemuatan Soal 'Anies Diejek Mega' Dalam Ujian Sekolah Kurang Bijak
https://1.bp.blogspot.com/-T8q9s5f_e1w/X9SwXsxBCrI/AAAAAAABv7c/IAbZUZb6sKw_mr74V0UaWcMAJ36C4QuLwCLcBGAsYHQ/w640-h360/oman-rahman-rakinda-3_169.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-T8q9s5f_e1w/X9SwXsxBCrI/AAAAAAABv7c/IAbZUZb6sKw_mr74V0UaWcMAJ36C4QuLwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/oman-rahman-rakinda-3_169.jpeg
Konfrontasi
https://web.konfrontasi.com/2020/12/pan-anggap-pemuatan-soal-anies-diejek.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2020/12/pan-anggap-pemuatan-soal-anies-diejek.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy