Putra dan Cucu Raja Salman Empat Tahun Ditahan di Tempat Ini Tanpa Tuduhan



RIYADH - Arab Saudi akhirnya mengungkapkan keberadaan Pangeran Abdulaziz bin Salman dan putranya Pangeran Ghazalan yang ditahan hampir empat tahun tanpa tuduhan. Kedua pangeran itu adalah putra keempat dan cucu Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Mereka ditangkap pada 2018 di tengah pembersihan yang meluas atas perintah Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Pihak berwenang di Arab Saudi mengonfirmasi bahwa kedua pangeran itu ditahan di kediaman pribadi di Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh.

Pada awal-awal penahanan, mereka masih diberi akses komunikasi.

Namun, menurut kelompok hak asasi manusia (HAM), kedua pangeran itu tidak lagi diberi akses komunikasi sejak November 2020.

Kelompok HAM Democracy for the Arab World Now (DAWN) yang berbasis di Washington DC mengatakan pihak berwenang Saudi telah menyatakan bahwa Pangeran Abdulaziz bin Salman bin Mohammad al-Saud dan putranya yang berusia 39 tahun, Pangeran Salman bin Abdulaziz yang juga dikenal sebagai Ghazalan ditahan di kediaman pribadi di Riyadh.

DAWN adalah kelompok HAM yang didirikan Jamal Khashoggi, jurnalis pembangkang Arab Saudi yang dibunuh dan dimutilasi di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, beberapa tahun lalu.

Kedua pengeran Arab Saudi itu pertama kali ditahan pada Januari 2018, di tengah pembersihan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dimulai pada 2017 oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman.
Dalam pembersihan itu, Pangeran Mohammed berusaha menangkap para kritikus dan mereka yang dianggap sebagai pesaingnya di Arab Saudi, termasuk banyak saudara sepupunya.

"Pengakuan Arab Saudi yang terlambat bahwa mereka sebenarnya menahan kedua pangeran ini, meskipun tanpa tuduhan, dan mengizinkan mereka untuk melakukan kunjungan keluarga pertama mereka setelah hampir setahun menghilang, adalah secercah harapan yang disambut baik, tetapi tidak ada pengganti untuk tuntutan keadilan: bebaskan segera mereka," kata direktur eksekutif DAWN, Sarah Leah Whitson, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Middle East Eye (MEE), Minggu (29/11/2021).

MEE mengungkapkan pada puncak pembersihan 2017-2018 bahwa beberapa dari mereka yang ditahan dipukuli dan disiksa dengan sangat parah selama penangkapan atau interogasi berikutnya sehingga mereka memerlukan perawatan di rumah sakit.

DAWN melaporkan bahwa Ghazalan dipukuli selama penangkapannya sampai dia jatuh pingsan, sebelum dipindahkan ke hotel Ritz-Carlton Riyadh, yang secara luas dijuluki pada saat itu sebagai penjara bintang lima bagi para korban tindakan keras Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Sebagian besar tahanan telah dibebaskan setelah "penyelesaian" keuangan yang tidak jelas dengan pemerintah.

Pangeran Mohammed bin Salman membenarkan pembersihan 2017 sebagai langkah anti-korupsi untuk membersihkan Arab Saudi dari korupsi endemik. Pembersihan memungkinkan dia untuk mengkonsolidasikan kekuasaan, mengambil miliaran aset dan menanggapi keluhan publik tentang korupsi pemerintah yang meluas dan penyalahgunaan kekuasaan.

Tetapi tindakan keras itu juga mengguncang investor swasta di saat kerajaan berusaha untuk memikat modal untuk membantu mendiversifikasi ekonominya.

Pangeran Abdulaziz lahir pada tahun 1960. Dia adalah putra keempat Raja Salman bin Abdulaziz. Ibunya adalah Sultana binti Turki Al Sudairi, yang meninggal pada usia 71 tahun pada Juli 2011.

Pangeran Abdulaziz bin Salman adalah saudara kandung Fahd bin Salman, Ahmed bin Salman, Sultan bin Salman, Faisal bin Salman dan Hassa binti Salman.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Putra dan Cucu Raja Salman Empat Tahun Ditahan di Tempat Ini Tanpa Tuduhan
Putra dan Cucu Raja Salman Empat Tahun Ditahan di Tempat Ini Tanpa Tuduhan
https://lh3.googleusercontent.com/-FKQrhGxHZcU/YaRl88GP_VI/AAAAAAAAsSY/qaBKlbXSo-w-wnHU3mW5VEduodfgjSxOQCLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1638163894767.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-FKQrhGxHZcU/YaRl88GP_VI/AAAAAAAAsSY/qaBKlbXSo-w-wnHU3mW5VEduodfgjSxOQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1638163894767.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/putra-dan-cucu-raja-salman-empat-tahun.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/putra-dan-cucu-raja-salman-empat-tahun.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy