Surati Kongres AS, Taliban Minta Aset Afghanistan Dicairkan

WASHINGTON - Taliban meminta anggota Kongres Amerika Serikat (AS) untuk mencairkan aset Afghanistan yang dibekukan setelah pengambilalihan negara itu. Taliban memperingatkan gejolak ekonomi di dalam negeri dapat menyebabkan masalah di luar negeri.

Dalam sebuah surat terbuka, Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi mengatakan tantangan terbesar yang dihadapi Afghanistan adalah ketidakamanan keuangan, dan akar dari kekhawatiran ini mengarah kembali ke pembekuan aset rakyat Afghanistan oleh pemerintah AS.

Washington telah menyita hampir USD9,5 miliar aset milik bank sentral Afghanistan, dan ekonomi negara itu yang bergantung pada bantuan telah runtuh secara efektif dengan pegawai negeri tidak digaji selama berbulan-bulan dan keuangan tidak mampu membayar impor.

Negara-negara yang peduli telah menjanjikan bantuan ratusan juta dolar, tetapi enggan memberikan dana kecuali jika Taliban menyetujui pemerintah yang lebih inklusif dan untuk menjamin hak-hak perempuan dan minoritas.

"Saya menyampaikan pujian kami kepada Anda dan ingin berbagi beberapa pemikiran tentang hubungan bilateral kami," tulis Muttaqi, mencatat bahwa 2021 adalah seratus tahun Washington mengakui kedaulatan Afghanistan.

"Seperti negara-negara dunia lain, hubungan bilateral kita juga mengalami pasang surut," imbuhnya seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (17/11/2021).

Muttaqi mengatakan Afghanistan menikmati pemerintahan yang stabil untuk pertama kalinya dalam lebih dari 40 tahun, periode yang dimulai dengan invasi oleh Uni Soviet pada 1979 dan berakhir dengan penarikan pasukan AS terakhir pada 31 Agustus.

Dari tahun 1996 hingga 2001, Taliban memerintah Afghanistan dengan tangan besi, secara brutal melanggar hak asasi manusia atas nama hukum Islam, memicu kekhawatiran akan terjadinya kembali pelanggaran yang sama oleh kelompok tersebut.

Taliban sejak kembali berkuasa berusaha keras untuk meyakinkan masyarakat internasional bahwa mereka berniat untuk melakukan hal-hal yang berbeda kali ini meskipun tidak ada menteri perempuan dalam kabinet yang diumumkan, dan anak perempuan masih dilarang kembali ke sekolah menengah.

"Langkah-langkah praktis telah diambil menuju pemerintahan yang baik, keamanan dan transparansi," tulis Muttaqi.

"Tidak ada ancaman yang diajukan ke kawasan atau dunia dari Afghanistan dan jalan telah dibuka untuk kerja sama yang positif," imbuhnya.

Muttaqi mengatakan warga Afghanistan memahami keprihatinan masyarakat internasional, tetapi perlu bagi semua pihak untuk mengambil langkah positif untuk membangun kepercayaan.

Dia memperingatkan, bagaimanapun, bahwa situasi ekonomi dapat memicu eksodus massal.

"Jika situasi saat ini berlaku, pemerintah dan rakyat Afghanistan akan menghadapi masalah dan akan menjadi penyebab migrasi massal di kawasan dan dunia yang akibatnya akan menciptakan masalah kemanusiaan dan ekonomi lebih lanjut," katanya.

Muttaqi mengatakan Amerika Serikat berisiko semakin merusak reputasinya di negara itu dan ini akan menjadi kenangan terburuk yang mendarah daging di Afghanistan di tangan Amerika.

"Kami berharap anggota Kongres Amerika akan berpikir matang dalam hal ini," tambahnya.

"Saya meminta agar pintu untuk hubungan di masa depan dibuka, aset Bank Sentral Afghanistan dicairkan dan sanksi terhadap bank kami dicabut," pungkasnya.(mr/snd)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Surati Kongres AS, Taliban Minta Aset Afghanistan Dicairkan
Surati Kongres AS, Taliban Minta Aset Afghanistan Dicairkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnVbHuWj4TmHcOtZE6KLXE2-mL6gfK17ZpSRvOAvUTF23Q6xDpUeYyKGIsA48jGhrdZOF9rv3i7adXYbhGkjWca-pTgPHiTQ61wjUI14S5OhKuHI7-bFMkDc9m5Nio8md1i5ZKqoV5BxM/s1600/1637184001992291-0.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnVbHuWj4TmHcOtZE6KLXE2-mL6gfK17ZpSRvOAvUTF23Q6xDpUeYyKGIsA48jGhrdZOF9rv3i7adXYbhGkjWca-pTgPHiTQ61wjUI14S5OhKuHI7-bFMkDc9m5Nio8md1i5ZKqoV5BxM/s72-c/1637184001992291-0.png
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/surati-kongres-as-taliban-minta-aset.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/surati-kongres-as-taliban-minta-aset.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy