UMKM Harus Catat Keuangan Secara Profesional Jika Ingin Naik Kelas



JAKARTA-Permodalan menjadi aspek penting bagi setiap pelaku usaha untuk meningkatkan skala bisnisnya. Terutama para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sayang, para pelaku UMKM kerap terganjal mendapatkan pendanaan lantaran dianggap belum memiliki akses ke perbankan.

Nah, agar akses ke perbankan lebih terbuka, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti mengatakan, akuntabilitas pencatatan keuangan bisa memudahkan pelaku UMKM untuk mendapatkan pendanaan dari perbankan. Dirinya pun mendorong pelaku UMKM memanfaatkan layanan digital dalam aktivitas pencatatan keuangan.

"Saran dari Bank Indonesia bahwa penyedia platform aplikasi atau pembukuan untuk UMKM harus memilih mitra kolaboratif yang kuat untuk peningkatan layanan. Ada banyak aplikasi seperti BukuKas, tidak hanya itu, silakan memilih agar UMKM di Indonesia terus berkembang seiring perkembangan era digital," kata Destry, Rabu (10/11).

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mencatat sebanyak 23 juta pelaku UMKM di Indonesia tidak mendapat akses pendanaan dari perbankan. Adapun jumlah pelaku UMKM yang telah mendapat pendanaan dari bank baru mencapai 41 juta pelaku usaha.

Pencatatan keuangan ini penting agar UMKM dapat mengetahui kinerja usaha harian dan dapat mengambil keputusan yang terbaik demi kemajuan usahanya. Di Indonesia telah banyak aplikasi pencatatan keuangan yang menyasar UMKM, salah satunya adalah BukuKas.

BukuKas merupakan aplikasi pencatatan keuangan usaha secara gratis yang telah dipercaya dan digunakan oleh lebih dari 6 juta pelaku UMKM yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Melalui keterangan tertulis, Jurubicara BukuKas, Tri Sukma Anreianno mengatakan, keunggulan BukuKas memiliki sistem pencatatan yang mudah dan sederhana, akurat, serta menyesuaikan dengan alur kerja pelaku usaha dengan mengadopsi teknologi terkini. Sehingga UMKM dapat mudah beradaptasi dalam menggunakan teknologi ini.

"BukuKas memiliki visi untuk menjadi platform pencatatan keuangan digital pilihan para UMKM di Indonesia, membantu jutaan pelaku UMKM mendigitalisasi operasi finansial dan bisnis mereka menjadi lebih sukses dan tumbuh," tambah VP Head of Growth UMKM BukuKas, Tri Sukma Anreianno -

BukuKas sendiri telah memperoleh pendanaan seri B pada 2021. Pendanaan tersebut dioptimalkan untuk memperluas jangkauan layanan yang ditawarkan pada pelaku usaha UMKM serta membangun solusi keuangan yang lengkap untuk usaha kecil sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Dikutip dari laman BukuKas, salah satu pengguna Anton yang merupakan pedagang pasar di Jakarta telah melakukan pembukuan bisnisnya dengan menggunakan aplikasi ini.

"Awalnya saya melakukan pembukuan keuangan secara manual, tetapi saya agak malas buat nulis manual. Sejak pakai BukuKas semua jadi terasa lebih mudah. Semuanya bisa dikerjakan dengan cepat di HP semudah membalas WhatsApp," terang dia.

Yayan penjual pulsa  di Pemalang, Jawa Tengah, juga menggunakan aplikasi tersebut untuk membukukan laporan bisnisnya. Aplikasi BukuKas, menurutnya, memiliki fitur untuk memantau utang piutang.

"BukuKas sangat memudahkan saya dalam mencatat siapa saja yang membeli pulsa di warung konter saya. Tinggal login di HP. Catatan enggak ada yang hilang jadi penjualan pulsa saya termonitor sekarang 100 persen," kata Yayan. (mr/rm)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: UMKM Harus Catat Keuangan Secara Profesional Jika Ingin Naik Kelas
UMKM Harus Catat Keuangan Secara Profesional Jika Ingin Naik Kelas
https://lh3.googleusercontent.com/-RKbw5ULsT84/YY7NqwWMcrI/AAAAAAAANfw/DkUcBp0wsCoEmkQzZX477WfzMAR_C7Y5ACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_ORG_1636748699439.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-RKbw5ULsT84/YY7NqwWMcrI/AAAAAAAANfw/DkUcBp0wsCoEmkQzZX477WfzMAR_C7Y5ACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_ORG_1636748699439.jpeg
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/11/umkm-harus-catat-keuangan-secara.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/11/umkm-harus-catat-keuangan-secara.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy