Kim Jong-un Larang Warga Korut Tertawa Selama 11 Hari, Kenapa?


PYONGYANG-Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un baru saja mengeluarkan perintah untuk warga Korea Utara (Korut). Perintah tersebut wajib ditaati seluruh rakyar Korut selama 11 hari kedepan, untuk mendukung peringatan satu dekade ayah Kim Jong Un.

Pada Jumat (17/12), Korea Utara akan memeringati satu dekade kematian ayah dari Pemimpin Korut, Kim Jong-il. Dalam peringatan tersebut, Kim Jong Un meminta kepada rakyatnya untuk tidak melakukan beberapa hal yang dilarang oleh pemimpinnya.

Larangan yang diberikan kepada warga korut diantaranya, tidak boleh melakukan kegiatan yang menimbulkan kegembiraan, rekreasi hingga tertawa. Larangan tersebut berlaku selama 11 hari kedepan sejak waktu kematian sang ayah.

Kim Jong Il dan Kim Jong Un. Foto: BBC
Kim Jong Il dan Kim Jong Un. Foto: BBC
Larangan tersebut diketahui dari seorang warga Korut yang dilansir Radio Free Asia dimana seluruh rakyat tidak boleh melakukan berbagai kegiatan yang bersifat bahagia.

Secara langsung Kim Jong Un meminta seluruh rakyat Korut untuk bersedih dalam mengenang satu dekade kematian ayahnya Kim Jong-i.

"Selama masa berkabung, kami tidak boleh minum alkohol, tertawa, atau melakukan aktivitas bersenang-senang," ujar seorang warga Korut di Kota Sinuiju, kepada Radio Free Asia, awal pekan ini.

Untuk menerapkan peraturan yang telah dibuat tersebut, pemerintah Korut melalui aparaturnya akan melakukan pengawasan terhadap pergerakan warga selama masa berkabung dengan ketat.

Pemerintah Korut bahkan tak segan melakukan tindakan represif jika mengetahui ada rakyat yang melanggar aturan tersebut.

"Di masa lalu, banyak orang tertangkap minum-minum atau mabuk di masa berkabung akhirnya ditangkap dan dianggap sebagai pelaku kejahatan ideologi. Mereka dibawa dan tak pernah terlihat lagi," tutur warga itu.

Ia kemudian bercerita, "Bahkan jika anggota keluarga kalian meninggal di masa berkabung, kalian tidak boleh menangis terlalu keras dan jasadnya hanya bisa dibawa setelah masa berkabung berakhir. Warga tidak bisa merayakan ulang tahun jika jatuh di masa berkabung."

Guna membangun suasana berkabung, kepolisian sudah dikerahkan sejak awal Bulan Januari. Kepolisian diperintahkan untuk langsung menindak warga yang bergelagat bakal melanggar aturan.

"Dari hari pertama Desember, mereka sudah harus menindak warga yang merusak suasana duka. Itu tugas khusus mereka selama sebulan. Saya dengar, aparat penegak hukum tak bisa tidur sama sekali," tuturnya.

Untuk menjaga suasana duka, warga juga dilarang berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pemerintah pun memerintahkan perusahaan-perusahaan milik negara untuk mengurus orang-orang kelaparan selama masa berkabung itu.

"Kesejahteraan dan keamanan harus tetap terjamin, sehingga perusahaan bertanggung jawab mengumpulkan makanan dan memberikannya ke rakyat dan karyawan yang tidak bisa bekerja karena kekurangan makanan," katanya.

Para warga Korut pun mengeluhkan aturan ini karena sangat merusak waktu mereka untuk mengumpulkan uang, mencari makan di tengah krisis.

"Saya hanya berharap masa berkabung untuk Kim Jong-il hanya sepekan, seperti masa berduka untuk Kim Il-sung. Warga mengeluh karena dipaksa berduka atas kematian mereka hingga seperti orang mati," ucap salah satu warga lainnya.(hops)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Kim Jong-un Larang Warga Korut Tertawa Selama 11 Hari, Kenapa?
Kim Jong-un Larang Warga Korut Tertawa Selama 11 Hari, Kenapa?
https://lh3.googleusercontent.com/-i94G-omKEQc/Ybp6Lbc0loI/AAAAAAAAuDw/Sk-v8xf9VeMl1QQeobwXnKVUFY3vVy-cQCNcBGAsYHQ/s1600/1639610922258119-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-i94G-omKEQc/Ybp6Lbc0loI/AAAAAAAAuDw/Sk-v8xf9VeMl1QQeobwXnKVUFY3vVy-cQCNcBGAsYHQ/s72-c/1639610922258119-0.png
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/12/kim-jong-un-larang-warga-korut-tertawa.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/12/kim-jong-un-larang-warga-korut-tertawa.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy