Mengulik Makna Politik



KONFRONTASI-Menurut KBBI, politik adalah pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan). Politik juga didefinisikan sebagai segala urusan dan tindakan (kebijakan, siasat, dan sebagainya) mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain.

Politik juga dapat memiliki definisi yang lebih sempit yang berarti segala sesuatu yang terkait dengan orang-orang yang berusaha untuk memerintah atau bertugas di pemerintahan. Menurut kamus Merriam-Webster, apa itu politik adalah kegiatan yang berhubungan dengan mempengaruhi tindakan dan kebijakan pemerintah atau mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan dalam pemerintahan.

Ilmu politik merupakan ilmu yang mengkaji konsep penentuan tujuan politik, bagaimana mencapai tujuan tersebut dan segala konsekuensinya. Ilmu politik mempelajari pemerintahan dalam segala bentuk dan aspeknya, baik teoritis maupun praktis.

Aristoteles

Menurut teori klasik Aristoteles, politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.

Adrian Leftwich

Menurut Adrian Leftwich apa itu politik terdiri dari semua kegiatan kerjasama, negosiasi dan konflik di dalam dan di antara masyarakat, di mana orang-orang mengatur penggunaan, produksi atau distribusi sumber daya manusia, alam, dan sumber daya lainnya dalam rangka produksi dan reproduksi kehidupan biologis dan sosial mereka.

Bernard Crick

Politik adalah bentuk khas dari aturan dimana orang-orang bertindak bersama melalui prosedur yang dilembagakan untuk menyelesaikan perbedaan, untuk mendamaikan beragam kepentingan dan nilai-nilai dan untuk membuat kebijakan publik dalam mengejar tujuan bersama.

Harold Lasswell

Menurut Harold Lasswell, politik adalah "siapa mendapat apa, kapan, dan bagaimana". Lasswell memandang ilmu politik sebagai studi tentang perubahan pola distribusi nilai dalam masyarakat, dan karena distribusi bergantung pada kekuasaan, titik fokus analisisnya adalah dinamika kekuasaan.

Andrey Heywood

Menurut Andrey Heywood, politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan, dan mengamandemen peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerja sama.

Gabriel A. Almond

Politik adalah kegiatan yang berbuhungan dengan kendali pembuatan keputusan publik dalam masyarakat tertentu di wilayah tertentu, di mana kendali ini disokong lewat instrumen yang sifatnya otoritatif dan koersif.

Miriam Budiardjo

Menurut Miriam Budiardjo, politik adalah bermacammacam kegiatan dalam suatu sistem politik (negara) yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.

Ramlan Surbakti

Politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Sistem politik

Melansir Britannica, sistem politik adalah seperangkat lembaga hukum formal yang merupakan "pemerintah" atau "negara." Sistem politik mencakup bentuk-bentuk perilaku politik yang aktual maupun yang telah ditentukan, tidak hanya organisasi hukum negara tetapi juga realitas bagaimana negara berfungsi.

Lebih luas lagi, sistem politik dipandang sebagai seperangkat "proses interaksi" atau sebagai subsistem dari sistem sosial yang berinteraksi dengan subsistem nonpolitik lainnya, seperti sistem ekonomi. Dalam ilmu politik, sistem politik mendefinisikan proses untuk membuat keputusan resmi pemerintah. Biasanya dibandingkan dengan sistem hukum, sistem ekonomi, sistem budaya, dan sistem sosial lainnya.(mr/lip6)

COMMENTS

Nama

EKBIS,627,ENGLISH,76,FEED,52,FOKUS,267,GLOBAL,1236,HIBURAN,402,INTERNASIONAL,1,IPTEK,523,NASIONAL,2321,OLAHRAGA,394,OPINI,153,PROMOTE,1,RAGAM,1990,RELIGI,55,
ltr
item
WEB: Mengulik Makna Politik
Mengulik Makna Politik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQYTdrvuDlV0ZLUVI4ENM9HNUkIZ6IxCTDDfdtbfw5Ha_KSd1lB8SsRPPEHbLkMdcGSFFWETEKEXhyxIqL4LoXxPn34O35jZmoykVIsGolEusqnCNwFaj5LmkJzQUYV3TtAb8YULnq1b8/s1600/IMG_ORG_1638889711942.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQYTdrvuDlV0ZLUVI4ENM9HNUkIZ6IxCTDDfdtbfw5Ha_KSd1lB8SsRPPEHbLkMdcGSFFWETEKEXhyxIqL4LoXxPn34O35jZmoykVIsGolEusqnCNwFaj5LmkJzQUYV3TtAb8YULnq1b8/s72-c/IMG_ORG_1638889711942.png
WEB
https://web.konfrontasi.com/2021/12/mengulik-makna-politik.html
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/
https://web.konfrontasi.com/2021/12/mengulik-makna-politik.html
true
3749342254488479250
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By HOME PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy